Sidak Pasar Tradisional, Zulkifli Hasan Kaget saat Tahu Mahalnya Harga Bahan Pokok

Jumat 17 Juni 2022, 11:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari pertama bertugas sebagai Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan langsung melakukan sidak ke salah satu pasar tradisional di Jakarta untuk melihat kondisi dan mengecek harga-harga kebutuhan bahan pokok, serta mendengarkan keluh kesah pedagang dan pembeli secara langsung.

photoZulkifli Hasan Lakukan Sidak ke Pasar Tradisional - (Facebook Zulkifli Hasan)</span

Kegiatan tersebut diunggal oleh facebook resmi Zulkifli Hasan pada 16 Juni 2022. 

Baca Juga :

"Buat saya, sebelum rapat-rapat, saat ini justru ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang, masyarakat pembeli, harga-harga bahan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat," ujar Zulkifli dalam narasi yang ditulisnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan harus menjadi yang paling depan untuk mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. 

“Atur regulasinya supaya adil. Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, saling memberikan maslahat satu sama lain. Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia,”

Dalam narasi tersebut, Zulkifli juga mengatakan bahwa kita perlu membicarakan tentang prinsip keadilan perdagangan, bukan hanya sekedar memikirkan ekonomi, untung dan rugi, serta angka-angka. 

Menurut Zulkifli, prinsip keadilan tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara maju masih menghadapi persoalan ekonomi.

“Tak kurang banyak ahli ekonomi di negara-negara maju, ahli perdagangan, namun tetap menghadapi masalah ekonomi, termasuk inflasi yang tinggi. Indonesia ini harus mengedepankan prinsip keadilan, orientasinya untuk kesejahteraan rakyat, pemerataan,” pungkasnya.

“Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang bahagia. Pembeli bahagia. Adil. Saling memberikan kebaikan satu sama lain." Tutup Zulkifli.

Mengaku Kaget

photoZulkifli Hasan Lakukan Sidak ke Pasar Tradisional - (Facebook Zulkifli Hasan)</span

Zulkifli Hasan mengaku kaget mendengar keluhan pembeli dan penjual terkait mahalnya harga saat melakukan kunjungan ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur. 

"Saya terus terang shock juga karena pembelinya ngeluh, yang jual juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat," ujar Zulkifli di Pasar Cibubur, Kamis, 16 Juni 2022.

Pria kelahiran Lampung 31 Agustus 1962 ini dikenal juga sebagai politikus yang punya banyak pengalaman selama karir politiknya, bahkan pernah menyita perhatian dalam kasus suap alih fungsi lahan di Provinsi Riau.

Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Zulkifli menjabat sebagai Menteri Kehutanan sejak 22 Oktober 2009 sampai dengan 1 Oktober 2014. 

Sebelum dilantik menjadi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024 dan merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Respon Masyarakat Indonesia

Netizen Indonesia yang terkenal berisik di jagat maya pun tak luput memberikan perhatian atas diangkatnya Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan setelah Presiden Joko Widodo melakukan Reshuffle Kabinet RI kembali pada tahun 2022 ini.

Atas postingan yang diunggah di laman facebook Zulkifli Hasan, hingga hari ini (17/6/2022), tim sukabuupdate.com melakukan penelusuran dan melihat berbagai respon dari masyarakat Indonesia.

“Alhamdulillah semoga benar-benar bekerja untuk Rakyat Indonesia, bukan sekedar mencari pengharum. Selamat bertugas Pak Zulkifli Hasan semoga makin sejahtera Rakyat Indonesia.” tulis akun Wandi Kurniawan.

"Assalamualaikum pak, tolong pak harga-harganya dikondisikan dengan ekonomi sekarang, ibu-ibu yang ngerasain langsung pak, dampak ya ke hal-hal lain...tolong banget ya pak bikin kebijakan ekonomi yg rakyat bisa menikmatinya jgn yg berkuasa yg menikmati rezim ya, keputusan bpk mempengaruhi amal jariyah bpk kelak." tulis Ika Wulandari.

"Bang Zulhas, maaf ni bang.Ngapain lagi Abang ke pasar,bukankah baru2 ini Abang dr pasar Angso duo Jambi disambut oleh sdr ku Ansori Hasan. Paling tidak Abang sdh dapat info ttg pedagang dan petani. Segerakanlah solusinya bang, istirahatlah bermain2 ke pasar." tulis Wan Hendri

"Tolong pak benahi niaga pupuk yang bikin petani kolaps harga pupuk meroket 100 persen jangan cuman cari popularitas dgn sidak sidak ke pasar begituan udah kayak tengkulak aja." Tulis pemilik akun Dwi Priyanto.

Baca Juga :

  KONTRIBUTOR: DANANG HAMID

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)