Mengenal Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya

Rabu 09 Februari 2022, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia. 

Selain itu, jenis kulit wajah dapat juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu dan faktor lingkungan contohnya sinar matahari.

Kebiasaan tertentu seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan perubahan jenis kulit.

photoIlustrasi Membersihkan Wajah - (Pexels.com)</span

Mengutip dari alodokter.com, inilah lima jenis kulit wajah yang harus kamu tahu dan bagaimana cara merawatnya.

Baca Juga :

1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit wajah yang satu ini cenderung memiliki kandungan minyak dan air yang seimbang, sehingga akan terlihat tidak terlalu kering tapi tidak terlalu berminyak juga.

Jenis kulit ini seperti ini biasanya jarang terkena masalah kulit, tidak terlalu sensitif, terlihat bercahaya dan pori-pori hampir tidak terlihat. 

Perawatan untuk jenis kulit ini cukup mudah kamu hanya perlu menggunakan perawatan wajah biasa atau yang dianjurkan secara khusus untuk kulit normal.

Contohnya menggunakan sabun pembersih wajah dengan bahan kimia lembut serta hindari menggosok wajah terlalu kasar.

Setelah itu, kamu dapat membilas wajah menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

2. Kulit Wajah Kering

Jenis kulit wajah ini umumnya terjadi karena rendahnya tingkat kelembaban pada lapisan kulit luar. 

Hal tersebut mengakibatkan kulit menjadi kering dan mudah pecah-pecah serta mengalami keretakan pada permukaan kulitnya.

Orang yang memiliki jenis kulit ini biasanya memiliki pori-pori kulit hampir tidak terlihat, permukaan kulit luar terlihat kasar serta kusam dan kulit wajah tidak elastis.

Jenis kulit wajah kering juga dapat lebih mudah memerah, gatal, bersisik serta meradang.

Kulit kering dapat diakibatkan oleh faktor genetik, usis, perubahan hormon, cuaca dingin, mandi air panas, terkena sinar matahari dan efek samping dari obat-obatan atau bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Untuk merawat jenis kulit wajah kering, kamu perlu menggunakan gunakan pembersih wajah dengan bahan yang mampu melembabkan kulit, seperti emolien serta hindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi.

Setelah wajah selesai dibersihkan, kamu dapat menggunakan pelembab agar kulit tidak mudah kering. 

Selain itu, hindari terlalu lama mandi serta mencuci muka menggunakan air hangat.

3. Kulit Wajah Berminyak

photoIlustrasi Wajah Berminyak - (iStock)</span

Kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap yang diakibatkan dari produksi minyak (sebum) yang berlebihan.

Sebum diproduksi secara alami oleh kelenjar minyak dibawah permukaan kulit.

Walaupun sebum memiliki fungsi untuk melindungi serta melembabkan kulit, namun kelebihan sebum pun tidak baik dan akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat serta membuat kulit rentan mengalami jerawat.

Tingginya produksi sebum bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon dan stress.

Orang yang memiliki jenis kulit ini cenderung memiliki  pori-pori besar, terlihat berkilau  tapi kusam dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam membandel

Ada banyak cara untuk merawat kulit wajah berminyak, salah satunya adalah dengan mencuci muka secara rutin dua kali dalam sehari menggunakan sabun cuci muka yang mengandung gliserin.

Setelah selesai dibersihkan, kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit lain, seperti astringent atau toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat dan asam glikolat.

Baca Juga :

Selain itu, pilih produk kosmetik yang memliki kandungan air dan berlabel noncomedogenic yang tidak dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Kamu juga dapat menggunakan kertas minyak dan masker wajah khusus kulit berminyak untuk menghilangkan minyak berlebih yang menempel pada wajah. 

Ada beberapa bahan alami juga yang bisa kamu gunakan sebagai masker wajah, diantaranya madu, lidah buaya, tomat dan minyak jojoba.

Selain cara di atas, pemilik jenis kulit wajah berminyak sebaiknya menghindari makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan cepat saji dan makanan yang memiliki kadar gula tinggi.

photoIlustrasi Perawatan Wahah - (Pexels.com)</span

4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit ini biasanya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam yang disebabkan oleh faktor tertentu seperti lingkungan, makanan dan penggunaan produk kosmetik.

Kulit wajah sensitif akan sangat mudah mengelupas, gatal kering, kemerahan dan breakout ketika terjadi kontak dengan hal yang dapat memicu munculnya gejala kulit sensitif.

Perawatan kulit wajah ini dapat dilakukan dengan mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. 

Jangan lupa gunakan sabun wajah yang memiliki bahan lembut dan bilaslah dengan air hangat. Usahakan jangan menggosok wajah terlalu kencang saat mencucinya.

Pemilik kulit wajah sensitif disarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah yang memiliki kandungan alkohol, asam, dan pewangi karena bahan-bahan itu akan sangat mudah menyebabkan iritasi wajah.

Kamu dapat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol dan gandum.

5. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit kombinasi merupakan campuran antara kulit berminyak juga kulit kering. Orang yang memiliki jenis kulit wajah ini akan memiliki kulit berminyak pada zona T, yaitu area dagu, hidung dan dahi tapi memiliki bagian kering pada area pipi

Kulit wajah kombinasi ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon pada masa pubertas.

Untuk merawat kulit wajah kombinasi yaitu dengan menggunakan produk pembersih dan pelembab yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah ini.

Bersihkan wajah dua kali dalam sehari secara rutin dan hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat serta benzoil peroksida. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Jika cara diatas kurang efektif, kamu dapat mencoba menggunakan produk pembersih untuk kulit wajah kering di area pipi dan produk khusus kulit berminyak untuk zona T.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).