Tak Cukup Pakai Produk Kecantikan, 10 Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami

Minggu 31 Maret 2024, 15:15 WIB
Tak Cukup Pakai Produk Kecantikan, 10 Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami (Sumber : fixabay/ziegirls)

Tak Cukup Pakai Produk Kecantikan, 10 Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami (Sumber : fixabay/ziegirls)

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit cerah dan bersinar merupakan impian bagi banyak orang, dan seringkali terjadi upaya untuk mencapai hal tersebut dengan berbagai produk perawatan.

Namun, tidak semua produk yang dijual di pasaran cocok untuk semua jenis kulit, dan beberapa dari mereka bahkan mengandung bahan kimia yang dapat berisiko bagi kesehatan kulit jangka panjang.

Untungnya, ada beragam cara alami yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit tanpa perlu mengandalkan produk-produk kimia yang mahal.

Dari perubahan pola makan hingga perawatan kulit dengan bahan-bahan alami, artikel ini akan mengulas beberapa tips sederhana namun efektif untuk mencapai kulit yang cerah dan bersinar secara alami.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami

1. Hindari paparan sinar matahari berlebihan

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini serta flek hitam. Gunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan dan hindari terlalu banyak terpapar sinar matahari, terutama pada jam-jam terik.

2. Konsumsi makanan sehat

Makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran segar dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Selain itu, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

3. Rutin melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Anda dapat menggunakan scrub alami seperti gula atau oatmeal untuk eksfoliasi, dan lakukan secara teratur sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

4. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin C, niacinamide, atau ekstrak licorice yang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami tanpa iritasi. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

5. Jaga kebersihan kulit

Bersihkan wajah secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam. Gunakan pembersih yang lembut dan hindari menggosok kulit terlalu keras agar tidak merusak lapisan pelindung alami kulit.

6. Istirahat yang cukup

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam karena kurang tidur dapat membuat kulit tampak kusam dan lelah. Tidur yang cukup membantu proses regenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki kerusakan yang terjadi selama aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 9 Bahan Masker Wajah Alami yang Aman Digunakan, Ada Untuk Kulit Sensitif!

7.Minum banyak air

Konsumsi air yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mempercepat proses detoksifikasi tubuh. Air juga membantu membersihkan racun dari dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan.

8. Hindari merokok dan minuman beralkohol

Kedua kebiasaan ini dapat merusak kulit dan membuatnya tampak kusam serta tua lebih cepat. Merokok mengurangi aliran darah ke kulit dan mengurangi kadar oksigen yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat, sementara alkohol dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan kerusakan sel-sel kulit.

9. Tetap tenang dan kurangi stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit, jadi penting untuk mengelola stres dengan baik melalui meditasi, yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang dapat memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat atau eksim.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Hilangkan Komedo dari Permukaan Kulit, Ikuti Langkah Berikut

10. Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius atau tidak yakin tentang produk perawatan yang cocok untuk Anda, konsultasikan dengan dokter kulit untuk saran dan perawatan yang sesuai. Dokter kulit dapat membantu menentukan penyebab masalah kulit Anda dan meresepkan perawatan yang tepat untuk merawat kulit Anda dengan baik.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mencapai kulit yang cerah, sehat, dan bersinar secara alami tanpa harus bergantung pada produk-produk kimia yang berisiko.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin