Raih Medali Emas SEA Games, Timnas Indonesia Free Fire Diapresiasi Sandiaga Uno

Senin 16 Mei 2022, 23:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia cabor e-sport Free Fire yang berhasil meraih medali emas dan perak di SEA Games 2021 mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

"Ini membuktikan bahwa apabila anak-anak muda Generasi Z dan millenial diberi ruang kreativitas serta terus dibimbing, akan memberikan prestasi terbaik untuk anak bangsa," tulis Sandi dalam akun Instagram resminya, Senin (16/5/2022).

Menurut Sandi, aplikasi dan games adalah salah satu subsektor dalam ekonomi kreatif yang berhasil menggerakkan ekonomi di tengah pandemi serta membuka banyak peluang usaha dgaan lapangan kerja baru.

"Terbukti, saat ini menyumbangkan lebih dari 24,88 triliun rupiah atau sekitar 2,19 persen untuk PDB nasional," tambah Sandi.

Sandi memastikan pihaknya bersama Presiden Joko Widodo akan terus mengembangkan salah satu sektor di industri digital ini, untuk bisa menjadi peluang dalam tatanan ekonomi baru pasca pandemi.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia nomor pertandingan Free Fire (FF) berhasil memborong medali emas dan perak sekaligus di ajang SEA Games Vietnam, Senin (16/5/2022). Sementara medali perunggu sisanya diraih oleh Tim Thailand 2.

Dikutip dari suara.com, Indonesia bisa dibilang konsisten sejak hari pertama hingga hari kedua kemarin.

Medali emas didapatkan Tim Indonesia 1 berjuluk Garuda, sementara medali perak diperoleh Tim Indonesia 2 berjuluk Rajawali.

Baca Juga :

Tim Indonesia 1 ini diperkuat anak-anak RRQ seperti Ibnu Nasir Ramdani, Nur Ivaldi Fajar, Richard William Manurung, Shahin Taskhir, dan Viktor Innosensius.

Mereka berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin klasemen sejak laga pertama pada 13 Mei hingga laga terakhir pada 15 Mei yang berlangsung meriah di National Convention Center, Hanoi.

Rinciannya, mereka mendapatkan Booyah tiga kali, Kill Points 123, dan Total Points 236.

Hasil itu membuat Tim Indonesia 1 sukses merebut medali emas dan mempersembahkannya untuk Indonesia.

Tak kalah hebat pula Tim Indonesia 2 berjuluk Rajawali yang dipunggawai Agus Suparman, Muhammad Fikri Alief Pratama, Rafli Aidil Fitrah, Raihan Maghfur, dan Rhama Satria.

Mereka membukukan Booyah satu kali, Kill Points 108, dan Total Points 198. Hasil ini membuat Indonesia 2 ada di peringkat kedua dan memperoleh medali perak.

Tak hanya mendominasi dua peringkat teratas, kokohnya kekuatan Indonesia di nomor Free Fire ini juga ditunjukkan empat pemain yang mendominasi daftar MPV Ranking.

Rafli Aidil Fitrah dari Tim Indonesia 2 tampil sebagai MVP dengan membukukan damage 14.494 dan Kills 34.

Ia mengungguli Richard William Manurung dari Tim Indonesia 1 di posisi kedua dengan damage 16.419 dan Kills 33.

Di posisi tiga ada Nur Ivaldi Fajar dari Tim Indonesia 1 dengan damage 18.031 dan Kills 31, Shahin dari Tim Indonesia 1 di peringkat keempat dengan damage 15.047 dan Kills 31, serta Cosq dari Tim Thailand 1 di peringkat kelima dengan damage 13.613 dan Kills 31.

Manajer Tim Nasional Esports, Tjahjono Prasetyanto mengungkapkan syukur dan kebanggaannya atas keberhasilan Tim Nasional Esports, mendominasi nomor pertandingan Free Fire sehingga mampu mempersembahkan pencapaian terbaik untuk Indonesia.

“Indonesia. Kemenangan ini tentu saja sangat berarti dalam semakin menguatkan semangat dan kepercayaan diri Tim Nasional Esports di laga-laga berikutnya," kata Tjahjono dalam keterangan resminya.

Atlet Tim Indonesia 1, Richard William Manurung mengatakan, kunci kemenangan yang diraih oleh Tim Garuda maupun Rajawali tidak saja berkat berjalannya strategi yang tepat.

Tapi karena persiapan matang sejak Pelatnas yang menjadikan mereka siap secara fisik dan mental.

“Fisik dan mental yang tangguh membantu kami untuk terus mempertahankan fokus sehingga dapat menjaga performa terbaik kami," ungkapnya.

"Pencapaian yang kami raih di SEA Games ini sangat berarti bagi pengembangan prestasi kami dan juga Tim Nasional Esports Indonesia di kancah dunia selanjutnya,” tutur Richard William Manurung.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)