Targetkan Peningkatan Pajak di Tahun Depan, Plt Bupati Cianjur: Banyak Potensi Bisa Digali

Selasa 29 Desember 2020, 12:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur memberikan apresiasi kepada wajib pajak dari berbagai sektor pajak daerah. Apresiasi berupa penghargaan itu diberikan karena para wajib pajak berkontribusi besar terhadap pencapaian pajak, terlebih saat ini kondisinya di tengah pandemi covid-19. 

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pemberian penghargaan sebagai bentuk ucapan terima kasih Pemkab Cianjur bagi para wajib pajak yang sudah mendukung peningkatan pendapatan daerah. Di tengah pandemi covid-19, para wajib pajak masih bisa memenuhi kewajiban mereka. 

"Ada dari kalangan pengusaha, notaris, desa, kecamatan, dan wajib pajak sektor lainnya. Mereka sangat membantu pemerintah merealisasikan pendapatan daerah. Makanya, kami memberikan apresiasi," kata Herman seusai pemberian penghargaan kepada wajib pajak di Taman Pancaniti, Komplek Pendopo Cianjur, Selasa (29/12/2020). 

Herman optimistis tahun depan realisasi penerimaan pajak daerah bisa meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada situasi dan kondisi pandemi covid-19, lanjut Herman, pemerintah daerah tentu harus bisa mandiri agar potensi pendapatan daerah bisa terus digali. 

"Untuk tahun depan, target kita tingkatkan lagi. Masih cukup banyak potensi-potensi pajak yang bisa digali untuk meningkatkan PAD," tegasnya. 

Herman menyebut pajak merupakan sektor yang sangat diandalkan bagi terwujudnya pembangunan berkelanjutan. Karena itu, Herman meminta jajaran Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cianjur bisa terus berinovasi menggali berbagai potensi yang belum maksimal. 

"Kepada para wajib pajak pun, kami meminta agar kewajiban mereka bisa dilaksanakan. Ini (pajak) menjadi sektor andalan membangun Kabupaten Cianjur. Kalau kita tidak bisa berinovasi dan mandiri, cukup berat ke depan," ucapnya. 

Kepala Bappenda Kabupaten Cianjur, Komarudin, mengatakan pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada para wajib pajak yang sudah berpartisipasi terhadap Kabupaten Cianjur. Pasalnya, pendapatan daerah dari sektor pajak akan digunakan untuk pembangunan. 

"Harus kita pahami bersama, kewajiban membayar pajak sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Cianjur," kata Komarudin didampingi Sekretaris Bappenda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda. 

Menurut Komarudin, penghargaan bukan tujuan akhir, tapi hanya sebuah motivasi dan apresiasi. Hal yang lebih penting adalah terus meningkatnya kesadaran masyarakat membayar pajak tepat waktu. 

"Kami di Bappenda terus berupaya optimal meningkatkan pendapatan dari 11 sektor pajak daerah," jelas Komarudin. 

Terdapat 46 wajib pajak yang mendapat penghargaan karena dinilai berkontribusi besar terhadap pendapatan daerah Kabupaten Cianjur. Rinciannya, untuk 

wajib pajak sektor perhotelan terbagi 4 kategori yakni pembayaran di atas Rp 500 juta, pembayaran Rp 100 juta-Rp 500 juta, pembayaran Rp 25 juta-Rp 100 juta, dan pembayaran Rp 0-Rp 25 juta. Pada masing-masing kategori, Bappenda Kabupaten Cianjur memilih 3 wajib pajak terbaik. Pun untuk wajib pajak sektor restoran, terdapat 4 kategori yakni pembayaran di atas Rp 500 juta, pembayaran Rp 100 juta-Rp 500 juta, pembayaran Rp 25 juta-Rp 100 juta, dan pembayaran Rp 0-Rp 25 juta. Masing-masing kategori, dipilih 3 wajib pajak terbaik. 

Sementara untuk pajak daerah lainnya ada 7 kategori yakni pengelola pajak air bawah tanah (ABT), pengelola pajak penerangan jalan umum (PPJU), 2 notaris/PPATS, pajak bumi dan bangunan (PBB) di atas Rp 800 juta, PBB Rp 0-Rp 800 juta, dan PBB kelompok kelurahan. Sedangkan untuk pengelola PBB tingkat desa dikelompokan menjadi 5 kategori yakni pembayaran di atas Rp 500 juta, pembayaran Rp 200 juta-Rp 500 juta, pembayaran Rp 100 juta-Rp 200 juta, pembayaran Rp 50 juta-Rp 100 juta, dan Rp 0-Rp 50 juta. Masing-masing kategori pengelola PBB tingkat desa dipilih 3 terbaik. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)