Jalan Provinsi di Sukabumi Rusak, Warga Jampangtengah Bertemu Hendar Darsono

Kamis 23 Februari 2023, 14:36 WIB
Warga Jampangtengah usulan perbaikan kerusakan jalan provinsi dalam reses anggota DPRD Jabar Hendar Darsono (Sumber: istimewa)

Warga Jampangtengah usulan perbaikan kerusakan jalan provinsi dalam reses anggota DPRD Jabar Hendar Darsono (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah ruas jalan provinsi Jawa Barat di Kabupaten Sukabumi saat ini tengah jadi sorotan karena kondisinya rusak parah. Warga Jampangtengah meminta anggota DPRD Jabar Hendar Darsono mendesak perbaikan cepat oleh pemerintah provinsi.

Ini menjadi bahasan utama dan paling hangat dalam reses anggota Fraksi Demokrat DPRD Jabar, Hendar Darsono di Desa Jampangtengah Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi, pada Rabu 22 Februari 2023.

Dalam pertemuan antara masyarakat dan wakil rakyat DPRD Jabar dari dapil Sukabumi itu, Kepala Desa Jampangtengah Agus Jayadi Ramli menceritakan bagaimana dia sangat repot keluhan warga soal jalan provinsi yang rusak.

Baca Juga: Bakal Dibawa ke RS, Dinsos Tangani Bayi Hidrosefalus di Tegalbuleud Sukabumi

“Jalan provinsi yang melintasi desa kami saja itu panjangnya hampir satu kilo meter dalam kondisi rumah parah. Warga selalu bilang gmana ini pak Kades tolong didesak pak Gubernur Jabar untuk memperbaiki jalan ini. Saya sudah kehabisan alasan dan kata-kata,” tegasnya.

Bukan pemerintah desa, kecamatan dan pemda berdiam diri. Mereka lanjut Agus sudah menyampaikan keluhan jalan rusak ini ke Dinas Bina Marga Provinsi Jabar melalui balai yang kantornya di jalan bhayangkara Kota Sukabumi.

“Klo perawatan perbaikan seperti tambal sulam itu ada. Dulu juga pas viral tak lama ditambal sulam. Tapi cepat rusak lagi. Jalan provinsi dari Pangleseran, Jampangtengah sampai lengkong itu harus di cor beton. Sudah tak bisa di tambal sulam,” ungkap Agus kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Terima 14 Jahitan, Pelajar Sukabumi Korban Pembacokan Butuh Rp 20 Juta untuk Operasi

Untuk itu saat ada forum bertemu anggota DPRD Jabar dari Komisi II Hendar Darsono dalam resesnya, masalah ini dibahas oleh warga Jampangtengah.

Warga usulkan perbaikan jalan provinsi dalam reses anggota DPRD Jabar Hendar Darsono di JampangtengahWarga usulkan perbaikan jalan provinsi dalam reses anggota DPRD Jabar Hendar Darsono di Jampangtengah

Menurut Agus, warga ingin masalah jalan rusak ini tidak terus terjadi. Tambal sulam hari ini besok rusak lagi. Perlu ada solusi jangka panjang dari pemerintah provinsi, mengingat vitalnya akses jalan raya ini bagi masyarakat.

Menanggapi hal ini Hendar Darsono menegaskan bahwa masalah jalan provinsi rusak menjadi daftar resmi aspirasi warga Sukabumi dalam laporan reses II 2022 - 2023. “Saya dan fraksi Demokrat DPRD Provinsi Jawa Barat, akan memperjuangkan aspirasi ini secara maksimal ke pemerintah provinsi, supaya jadi program prioritas pembangunan infrastruktur Jawa Barat,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga: Persib Bandung Bawa 21 Pemain untuk Hadapi Arema FC di Liga 1 Pekan ke-26

Hendar juga mengamini jika ruas jalan provinsi yang rusak dari Lembursitu Cikembar dan Pangleseran Jampangtengah hingga Lengkong harus ditingkatkan perbaikannya. Mengingat volume kendaraan berat yang melintas cukup tinggi.

“Permintaan dari warga di cor beton,” beber Hendar.

Selain jalan rusak, dalam reses tersebut warga Jampangtengah mengusulkan pembangunan fasilitas dan infrastruktur desa wisata. Kawasan ini punya aset potensi hutan di dalam area perhutani yang cukup baik untuk dijadikan objek wisata.

Baca Juga: 12 Persen Pengangguran Didominasi Sarjana dan Diploma, Lulusan SD-SMP Justru Kerja

Menurut Kepala Desa Jampang Tengah, Agus Jayadi Ramli mereka mengusulkan pembangunan wisata di kawasan pesona alam nirwana cipanitik. “Itu kawasan hutan perhutani dengan pohon pohon besar, ada aliran sungai kecil. Selama ini sudah sering dikunjungi warga,” bebernya.

Bahkan hasil studi kelayakannya pun sudah ada, lanjut Agus yang menegaskan bahwa spot tersebut punya potensi besar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata alam. “Kami berharap pemprov juga membantu mewujudkan hal ini, karena wisata adalah salah satu sektor pembangkit ekonomi kerakyatan,” tegasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini
Kecantikan02 Desember 2023, 12:00 WIB

7 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Masker kentang bisa digunakan secara rutin minimal 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat masker kentang untuk wajah salah satunya adalah bisa mencerahkan kulit.
Ilustrasi. Potato | Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi02 Desember 2023, 11:22 WIB

Minta Keterbukaan Pembangunan, Warga Segel Kantor Desa di Kabandungan Sukabumi

Polisi menyebut aksi unjuk rasa dan penyegelan dilakukan spontan.
Penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 Desember 2023. | Foto: Istimewa
Life02 Desember 2023, 11:00 WIB

9 Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan

Sikap anak dengan masalah kepribadian wajib diperhatikan orang tua agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan. Ayah bunda harus peka ketika anak menunjukkan sikap dan perilaku tidak normal seperti seharusnya.
Ilustrasi. Anak-anak | Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:46 WIB

Jaga Netralitas ASN dan Perangkat Desa, Panwaslu Cidadap Sukabumi Rakor Pemilu

Rakor ini untuk menjalankan fungsi dan tugas Panwaslu, terutama karena sudah dimulainya tahapan Pemilu 2024.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/12/2023). | Foto: Istimewa
Cek Fakta02 Desember 2023, 10:30 WIB

Kemenkominfo Take Down Ratusan Konten Hoaks tentang Pemilu

Meski penyebaran isu hoaks cukup masif, namun tidak semua konten akan diturunkan.
(Foto Ilustrasi) Kemenkominfo telah mengidentifikasi 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:12 WIB

Punya 62 TPS, Panwaslu Cidadap Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Persiapan dan koordinasi perlu untuk melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/12/2023). | Foto: Istimewa
Sehat02 Desember 2023, 10:00 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Buah adalah salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.
Ilustrasi -7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Sumber : Freepik)
Food & Travel02 Desember 2023, 09:00 WIB

Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya
Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya (Sumber : Instagram/@batureaph)
Food & Travel02 Desember 2023, 08:00 WIB

Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur

Rogan Soup menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang bisa menjadi buruan kamu saat berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat tersebut
Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur (Sumber : YouTube)
Science02 Desember 2023, 07:00 WIB

Cuaca Jabar 2 Desember 2023, Yuk Cek Dulu Sebelum Pergi Berlibur!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023 | Foto: Unplash