Warga Bertaruh Nyawa, Hasim Adnan: Jembatan Citalahab Sukabumi Mulai Dibangun

Rabu 19 Oktober 2022, 16:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jabar, Hasim Adnan memberikan kabar baik bagi warga Kabupaten Sukabumi, khususnya di Desa Bojongsari Kecamatan Nyalindung. Setelah bertahun-tahun bertaruh nyawa menyeberangi sungai Citalahab, kini jembatan baru mulai dibangun. 


Kepada sukabumiupdate.com, politisi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB ini menegaskan sesuai target rencananya jembatan gantung baru akan selesai akhir bulan Oktober 2022 atau awal November 2022 ini. "Saat ini sedang proses pembangunan," ucapnya, Rabu (19/10/2022).


Menurut Hasim Adnan, pembangunan jembatan ini dilakukan melalui program CSR, BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Jadi dibangun oleh PT. Migas Utama Jabar, melalui Yayasan Sabadesa sebagai lembaga yang dipercaya untuk penyaluran CSR."


Melalui akun media sosialnya, Sekretaris Komisi III DPRD Jabar ini membagikan proses pembangunan jembatan gantung besi yang tengah berlangsung di lokasi Kampung Cipiit RT 04/06. 


Dalam rekaman video terlihat sejumlah pekerja membawa kerangka besi untuk tiang penyangga utama jembatan, tengah melintasi sungai Citalahab. Sejumlah bahan pembangunan jembatan gantung besi inipun sudah berada di lokasi.


"Alhamdulillah dapat laporan dari timlap, bahwa proses pembangunan Jembatan Gantung Citalahab, Desa Bojongsari, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi sdh dimulai. Mdh2an akhir bulan ini sdh bisa diresmikan & bisa digunakan oleh masyarakat," tulis Hasim Adnan di media sosialnya.


Dalam proses pembangunan, tim lapangan dan warga dibantu oleh tenaga ahli dari relawan VRI (Vertical Rescue Indonesia) yang berpengalaman membangun jembatan gantung. "Kami dan tim lapangan dibimbing oleh relawan VRI, mereka sudah terbiasa memperbaiki dan membangun jembatan gantung di seluruh pelosok tanah air," beber Hasim Adnan.


Anggota DPRD Jabar, Hasim Adnan kabarkan jembatan Citalahab di Nyalindung Sukabumi mulai dibangun | akun facebook
Anggota DPRD Jabar, Hasim Adnan kabarkan jembatan Citalahab di Nyalindung Sukabumi mulai dibangun | akun facebook

Sebelumnya diberitakan, anggota DPRD Jawa Barat ini tergerak membantu warga setelah melihat kabar viral, para pelajar SD dan MTS di Kampung Cipiit Desa Bojongsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, 'bertaruh nyawa' untuk sekolah. Mereka bersusah payah untuk menimba ilmu, menyeberangi Sungai Citalahab dengan seutas tambang demi sampai ke sekolah.


"Saat itu bulan Juli 2022. Saya langsung menghubungi pengurus PAC PKB Kecamatan Nyalindung. Untuk menemui warga dan beberapa tokoh, termasuk Kepala Desa setempat. Kami menggali informasi tambahan tentang jembatan yang hanyut digerus luapan sungai dan lama ditelantarkan oleh pemerintah daerah setempat," bebernya.


Jembatan itu sudah putus sejak enam bulan sebelumnya. Selama itu para siswa dan warga nekat mengarungi sungai Citalahab untuk sampai di tujuannya. 


“Terus terang saya saat itu heran kenapa pemdes baru diminta oleh pihak kecamatan untuk membuat berita acara terkait insiden hanyutnya jembatan karena terbawa arus sungai Citalahab yang meluap, yang kejadiannya sudah berbulan-bulan,” kata Hasim.


Hasim yang kemudian datang untuk melihat kondisinya saat itu, langsung menghubungi relawan Vertical Rescue Indonesia sebagai langkah koordinasi awal untuk mendapatkan gambaran penanganan. 


“Saat itu saya mengungkapkan Insya Allah bisa membantu pembangunan jembatan gantung yang baru. Alhamdulillah, doa tersebut dipermudah oleh Allah, dan hari ini pembangunan jembatan gantung yang baru sudah mulai berjalan," pungkasnya.


#SHOWRELATEBERITA


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi23 Mei 2024, 07:05 WIB

Ibu Muda di Sukabumi Ini Sudah Sepekan Hilang, Terakhir Bilang ke Suami Mau Tukar Cincin

Berikut kronologi hilangnya Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan sudah sepekan hilang.
Foto Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan hilang. (Sumber : Istimewa)
Life23 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Rutinitas Sehat Pagi Hari yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Dengan mengadopsi beberapa atau semua kebiasaan baik di pagi hari ini, Anda bisa memulai hari dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Menurunkan Berat Badan (Sumber : Freepik)
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)