TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Kain Putih Bergelantungan, Longsor di Pemakaman Sirnaraga Kota Bandung

Fitriansyah
Penulis
Rabu 5 Okt 2022, 18:27 WIB
Kain Putih Bergelantungan, Longsor di Pemakaman Sirnaraga Kota Bandung

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan menyeramkan tampak pasca longsor di tempat pemakaman umum Sirnaraga Kota Bandung Jawa Barat. Kirmir pembatas antara jalan setapak dengan area pemakaman ambrol pada Selasa 4 Oktober 2022, hingga membuat kain putih (kafan) menyembul keluar dari tanah, bergelantungan di tebing yang terbentuk akibat longsor.

Melansir suara.com dari ayobandung.com, total ada 25 makam yang terdampak. "Jadi sebetulnya yang tergerus itu adalah jalan setapak, nah lebarnya sekitar 1,25 meter dan panjangnya 30 meter dan tingginya 3,5 meter, itu lokasi yang longsornya," ujar Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Cipta Bintara Kota Bandung, Saeful Iman, Rabu 5 Oktober 2022.

Saeful menyebutkan, akibat jebolnya kirmir di TPU Sirnaraga mengakibatkan 25 makam terdampak. Secara rinci, dari total makam terdampak ada 10 makam yang rusak dan perlu dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Nah dari 10 yang rusak itu, ada 7 makam yang kita rencanakan akan kita pindahkan. Terdiri dari dua makam anak-anak dan 2 makam dewasa," jelasnya.

Berdasarkan hasil identifikasi bersama jajaran Polsek Cicendo, Saeful memastikan tidak ada jenazah yang hanyut dalam insiden kirmir jebol di TPU Sirnaraga.

"Yang ada hanyalah ada 3 makam yang bagian dari jenazah itu terlihat karena tanahnya tergerus, kain kafannya. Total Ada 3 makam," lanjutnya.

Baca Juga :

Selanjutnya, ia akan mendata dan menghubungi pihak keluarga dari 7 makam yang mengalami kerusakan. Menurutnya, pihaknya akan melakukan koordinasi untuk pemindahan jenazah dari lokasi makam saat ini.

"Kita sedang identifikasi makamnya satu-satu dan kita juga bekerja sama dengan warga yang mengetahui ahli warisnya untuk kita hubungi. Jadi kita perkirakan ada 7 makam yang harus kita pindahkan, karena yang 7 itu bisa dibilang cukup parah kerusakannya," tandasnya.

SUMBER: AYOBANDUNG.COM (SUARA.COM)


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini