MGI Investigasi Penyebab Terbakarnya Bus Palabuhanratu-Bogor di Gerbang Tol Ciawi

Selasa 09 Agustus 2022, 23:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT Maya Gapura Intan atau MGI akan ikut menginvestigasi penyebab terbakarnya bus mereka di gerbang tol Ciawi 1, Tol Jagorawi, Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Selasa (9/8/2022). Bus trayek Palabuhanratu-Bogor tersebut kebakaran sekira pukul 09.00 WIB.

Kepala Depo PT MGI Palabuhanratu Fitrah Rachman mengatakan pihaknya akan mengecek seluruh bagian bus untuk mencari sumber api. Bahkan menurut Fitrah, PT MGI Palabuhanratu akan membentuk tim untuk melakukan pengecekan lapangan. "Kita akan mengecek seluruh bagian bus," kata dia, Selasa malam.

Fitrah yang ditemui sukabumiupdate.com di pool bus MGI di Jalan Pelita Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menyebut pihaknya akan melakukan investigasi total terkait kebakaran bus tersebut, sesuai standar operasional prosedur atau SOP dan instruksi pimpinan PT MGI Palabuhanratu.

"Kalau ada kejadian yang tak biasa, dilakukan investigasi menyeluruh. Tidak hanya dari kepolisian, tapi juga internal manajemen MGI, demi kenyamanan penumpang. Kita transportasi lebih diutamakannya kelayakan bis. Untuk masalah karoseri dan sparepart, insyaallah bisa dipertanggungjawabkan," kata Fitrah.

photoTangkapan layar bus MGI Palabuhanratu-Bogor terbakar di gerbang tol Ciawi 1, Tol Jagorawi, Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Selasa (9/8/2022). - (Istimewa/Facebook)

Baca Juga :

Fitrah mengaku terbakarnya bus dari PO MGI adalah yang pertama kali. Ia meminta maaf dan perusahaannya akan memperbaiki kesalahan tersebut. "Kita mohon maaf dan insyaallah ke depan bisa diperbaiki lebih baik," katanya. "Kepada calon penumpang insyaallah tidak akan ada kejadian seperti ini lagi ke depan,” imbuh dia.

Dari kesaksian sopir, Fitrah mengatakan bus tahun 2011 bernomor ME 1129 itu pada Selasa sekira 08.30 WIB melaju dari Terminal Baranangsiang, Bogor, dengan membawa 15 penumpang. Bus bertujuan Palabuhanratu dan melaju lewat Tol Jagorawi. Saat masuk gerbang tol, bus mulai mengeluarkan asap.

"Ketika masuk gerbang tol Ciawi, mobil (bus) mengeluarkan asap. Setelah keluar asap, mobil (bus) diarahkan ke kiri oleh sopir. Penumpang diarahkan supaya tidak terlalu ramai. Setelah mobil (bus) ke pinggir, penumpang diarahkan keluar,” kata Fitrah.

Bus bernomor polisi F 7500 UD ini lalu disemprot beberapa botol alat pemadam api ringan atau APAR. "Dikira api sudah padam, tidak lama kemudian api naik lagi menyambar rem,” ujar Fitrah yang menyebut bus tersebut laik dan siap jalan. Bahkan sopir dan kernet sudah diberi surat perintah jalan atau SPJ.

“Kalau untuk standar MGI, kita setiap dua hari itu wajib ceklis, mobil yang siap jalan, mobil yang siap operasi kita sudah pasti diberikan surat SPJ dan ditambah surat keterangan dari teknik bahwa mobil itu tidak ada masalah,” kata Fitrah.

Tidak ada korban luka maupun meninggal dunia dalam kebakaran ini dan seluruh penumpang dipindahkan ke bus lain hingga tiba di Palabuhanratu.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan bus dikemudikan sopir berinisial MS (40 tahun) asal Citarik, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Kepada polisi, sebelum kebakaran sopir mengaku melihat percikan api dari bawah setir.

"Menurut pengakuan, pengemudi melihat percikan api dari bawah setir, kemudian meminggirkan kendaraan, maka terjadilah kebakaran kendaraan," kata Dicky dalam keterangannya. Meski begitu, Dicky memastikan kendaraan bus dalam kondisi laik jalan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa