MGI Investigasi Penyebab Terbakarnya Bus Palabuhanratu-Bogor di Gerbang Tol Ciawi

Selasa 09 Agustus 2022, 23:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT Maya Gapura Intan atau MGI akan ikut menginvestigasi penyebab terbakarnya bus mereka di gerbang tol Ciawi 1, Tol Jagorawi, Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Selasa (9/8/2022). Bus trayek Palabuhanratu-Bogor tersebut kebakaran sekira pukul 09.00 WIB.

Kepala Depo PT MGI Palabuhanratu Fitrah Rachman mengatakan pihaknya akan mengecek seluruh bagian bus untuk mencari sumber api. Bahkan menurut Fitrah, PT MGI Palabuhanratu akan membentuk tim untuk melakukan pengecekan lapangan. "Kita akan mengecek seluruh bagian bus," kata dia, Selasa malam.

Fitrah yang ditemui sukabumiupdate.com di pool bus MGI di Jalan Pelita Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menyebut pihaknya akan melakukan investigasi total terkait kebakaran bus tersebut, sesuai standar operasional prosedur atau SOP dan instruksi pimpinan PT MGI Palabuhanratu.

"Kalau ada kejadian yang tak biasa, dilakukan investigasi menyeluruh. Tidak hanya dari kepolisian, tapi juga internal manajemen MGI, demi kenyamanan penumpang. Kita transportasi lebih diutamakannya kelayakan bis. Untuk masalah karoseri dan sparepart, insyaallah bisa dipertanggungjawabkan," kata Fitrah.

photoTangkapan layar bus MGI Palabuhanratu-Bogor terbakar di gerbang tol Ciawi 1, Tol Jagorawi, Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Selasa (9/8/2022). - (Istimewa/Facebook)

Baca Juga :

Fitrah mengaku terbakarnya bus dari PO MGI adalah yang pertama kali. Ia meminta maaf dan perusahaannya akan memperbaiki kesalahan tersebut. "Kita mohon maaf dan insyaallah ke depan bisa diperbaiki lebih baik," katanya. "Kepada calon penumpang insyaallah tidak akan ada kejadian seperti ini lagi ke depan,” imbuh dia.

Dari kesaksian sopir, Fitrah mengatakan bus tahun 2011 bernomor ME 1129 itu pada Selasa sekira 08.30 WIB melaju dari Terminal Baranangsiang, Bogor, dengan membawa 15 penumpang. Bus bertujuan Palabuhanratu dan melaju lewat Tol Jagorawi. Saat masuk gerbang tol, bus mulai mengeluarkan asap.

"Ketika masuk gerbang tol Ciawi, mobil (bus) mengeluarkan asap. Setelah keluar asap, mobil (bus) diarahkan ke kiri oleh sopir. Penumpang diarahkan supaya tidak terlalu ramai. Setelah mobil (bus) ke pinggir, penumpang diarahkan keluar,” kata Fitrah.

Bus bernomor polisi F 7500 UD ini lalu disemprot beberapa botol alat pemadam api ringan atau APAR. "Dikira api sudah padam, tidak lama kemudian api naik lagi menyambar rem,” ujar Fitrah yang menyebut bus tersebut laik dan siap jalan. Bahkan sopir dan kernet sudah diberi surat perintah jalan atau SPJ.

“Kalau untuk standar MGI, kita setiap dua hari itu wajib ceklis, mobil yang siap jalan, mobil yang siap operasi kita sudah pasti diberikan surat SPJ dan ditambah surat keterangan dari teknik bahwa mobil itu tidak ada masalah,” kata Fitrah.

Tidak ada korban luka maupun meninggal dunia dalam kebakaran ini dan seluruh penumpang dipindahkan ke bus lain hingga tiba di Palabuhanratu.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan bus dikemudikan sopir berinisial MS (40 tahun) asal Citarik, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Kepada polisi, sebelum kebakaran sopir mengaku melihat percikan api dari bawah setir.

"Menurut pengakuan, pengemudi melihat percikan api dari bawah setir, kemudian meminggirkan kendaraan, maka terjadilah kebakaran kendaraan," kata Dicky dalam keterangannya. Meski begitu, Dicky memastikan kendaraan bus dalam kondisi laik jalan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 23:57 WIB

Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Diduga Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Seorang pria paruh baya pedagang tahu keliling menangis histeris usai diduga jadi korban hipnotis di Nagrak Sukabumi.
Engkos menangis histeris karena uang hasil jualannya raib dibawa pelaku. Dugaan penipuan modus hipnotis ini terjadi di Nagrak Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi18 Juli 2024, 22:25 WIB

Pemkot Sukabumi Terbitkan Buku Data Statistik Sektoral Daerah, Cek Akses Bacanya di Sini

Berikut link buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 yang diterbitkan Diskominfo Kota Sukabumi.
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar saat menyerahkan buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 kepada Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. (Sumber : @diskominfo_sukabumikota)
Sukabumi18 Juli 2024, 20:59 WIB

Pengacara Terlapor Hargai Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu

Kuasa Hukum SRP buka suara terkait kasus pelecehan seksual finalis putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi yang kini naik ke tahap penyidikan.
Gedung Satreskrim Polres Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola18 Juli 2024, 20:20 WIB

Adam Alis Resmi Jadi Pemain Baru Persib Bandung

Adam Alis didatangkan Persib Bandung dari Borneo FC dengan status pinjaman dengan opsi kontrak permanen.
Persib Bandung umumkan Adam Alis sebagai pemain baru. (Sumber : Medsos Persib)
Jawa Barat18 Juli 2024, 20:20 WIB

Kecam Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu, Kohati Badko Jabar Minta Pelaku Dihukum Berat

Korps HMI Wati Badan Koordinasi (Kohati Badko) Jawa Barat memberikan perhatian serius terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga melibatkan Ketua Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu 2024.
(Foto Ilustrasi) Unit PPA Polres Sukabumi menangani kasus dugaan pemerkosaan salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juli 2024, 20:01 WIB

Target Rampung 75 Hari, Dinas PU Perbaiki Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas PU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Cidahu.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi mulai perbaiki ruas jalan Caringin-Cidahu di Desa Pondokkaso Tengah. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Mengelola Strategi Perilaku ADHD Pada Anak Anda

Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi - Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi18 Juli 2024, 19:29 WIB

Bocah 10 Tahun di Cidadap Sukabumi Lumpuh Sejak Balita, Butuh Biaya Pengobatan

Ali yang berusia 10 tahun tidak bisa berinteraksi atau bermain dengan anak-anak seusianya. Berat badannya hanya berkisar antara 8 hingga 9 kilogram, setara dengan berat badan anak usia lima tahun.
Muhamad Ali Mursali (10 tahun) dan sang ibu, Solihat, warga di Cidadap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena18 Juli 2024, 19:13 WIB

Peslalom Asal Sukabumi Naik Podium di Autokhana Championship Kejurnas 2024

Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024.
Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024. (Sumber : Istimewa).
Sehat18 Juli 2024, 19:00 WIB

3 Gejala ADHD Pada Anak yang Umum Terjadi, Orang Tua Perlu Mengetahuinya

Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi -  Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).