Anak Kelas 1 SD Sakit Gara-gara Rambut Dipotong Guru Akhirnya Pindah Sekolah

Selasa 09 Agustus 2022, 14:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Video rekaman anak kelas 1 SD yang kena mental dan sempat sakit gara-gara rambutnya dipotong model acak-acakan oleh guru menjadi perhatian publik. Rekaman yang dibagikan oleh ibu dari siswa tersebut ke media sosial langsung viral dan diserbut banyak komen warganet.

Mengutip urbanasia.com, video viral di TikTok menunjukkan kemarahan seorang ibu yang tak terima rambut anaknya dipotong oleh guru di sekolah. Sang ibu merasa tak terima karena tindakan itu dilakukan tanpa ada konfirmasi lebih dahulu kepada orang tua.

Video dibagikan oleh akun TikTok @reva.juliany. Dalam postingan pertama, pemilik akun menunjukkan rambut seorang anak yang dipotong guru di sekolahnya secara tak beraturan di seluruh bagian. 

"Sama guru nya d potong rambut,tanpa konfirmasi ke ortu. Padahal baru masuk sekolah 8 hari. Karena pjg aja,pdhl gak gondrong2 amat,memang lurus aja rambut nya karena pjg aja,pdhl gak gondrong2 amat, memang lurus aja rambutnya. Aku udh lapor ke KPAI bun," jelas pemosting video menjawab pertanyaan netizen di kolom komentar.

Kemudian tak lama akun tersebut membagikan potongan video saat ibu dari anak tersebut meminta klarifikasi pihak sekolah. Dalam video itu tampak sang ibu berdebat dengan salah seorang guru. 

"Itu anak kecil, bu. Anak 7 tahun, kelas 1. Udah gak boleh sekolah pokoknya. Gak boleh sekolah, sekolah gimana?" ujar sang ibu protes kepada seorang guru di depannya, seperti dikutip Urbanasia pada Senin (8/8/2022). 

Dalam guru tersebut menjelaskan, sebelum melakukan tindakan disiplin tersebut pihak sekolah sudah memberi peringatan sejak satu minggu sebelumnya. Namun ternyata sang ibu merasa belum mendapatkan informasi apapun.

Gak ada nomor saya. Tadi pagi sudah saya rapiin poninya sedikit, tapi kenapa? Saya nerima oke, tapi dirapiin, bu. Gak boleh digituin," ungkap sang ibu.

"Iya, kenapa digituin karena teman-temannya sudah pada komplain mamah," jawab sang guru. 

"Kenapa teman-temannya yang komplain?" sahut sang ibu. 

"Mamah karena aturan di sekolah...," balas sang guru. 

"Ada nomor saya, bu!" teriak sang ibu memotong penjelasan guru di depannya.

photoAnak kelas 1 SD di Kabupaten Bandung Jawa Barat sempat sakit setelah rambutnya dipotong oleh guru di sekolah - (akun tiktok)</span

Pemilik akun juga mengupdate informasi kondisi sang anak.  "Ini kejadian udh 5hari,jd skrg alhamdulillah si anak sudah sehat,tp blm mau sekolah.dan memang mau pindah sekolah juga.sy gak fokus ke rambut,tp ke mental si anak!," tulisnya.

Masih dari portal urbanasia.com, Reva Juliany, mengaku anaknya sudah pindah sekolah dan pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Bandung. 

"Kelanjutan sama pihak sekolah belum selesai dan benar saya sudah lapor ke UPTD Kabupaten Bandung. Sudah dapat respons tapi belum ada kelanjutan, baru menanyakan beberapa informasi terkait anak dan sekolah," ujar Reva saat dikonfirmasi Urbanasia, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut Reva menceritakan kejadian itu berlangsung pada 3 Agustus 2022. Ia mengaku, anaknya sempat sakit selama tiga hari usai kejadian tersebut.

"Itu kejadian tanggal 3 Agustus. Anak demam 3 hari sepulang dari sekolah. Saya masih ingin menjaga nama baik dan privasi sekolah, jadi mohon maaf tidak saya sebut," jelasnya.

Baca Juga :

"Sekarang alhamdulillah (anak) sudah mendingan dan dapat sekolah baru," sambung Reva.

Reva pun berharap kejadian ini bisa memberikan pelajaran penting, baik bagi sekolah maupun orang tua siswa. Dengan demikian diharapkan kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Harapan saya semua pihak sekolah menjalin komunikasi dengan baik kepada orang tua siswa dan tidak mengambil tindakan sebelum konfirmasi. Jika sudah konfirm tapi orang tua diam saja, bertindak sewajarnya bukan bikin mental anak down," harap Reva.

"Semoga ini jadi pelajaran buat kita semua, khususnya pribadi. Mungkin harus lebih jeli memperhatikan semuanya," pungkasnya.

SUMBER: URBANASIA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)