Cerita Bahagia Wanita Asal Indonesia Bu Yohana Menjadi Sopir Bus di Amerika

Sabtu 03 Juni 2023, 02:57 WIB
Cerita Bahagia wanita asal Indonesia Bu Yohana Menjadi Sopir Bus di Amerika | Foto : VoA Indonesia

Cerita Bahagia wanita asal Indonesia Bu Yohana Menjadi Sopir Bus di Amerika | Foto : VoA Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Wanita asal Indonesia bernama Yohana Djuanda menceritakan kisahnya merantau ke Amerika Serikat dan menjalani profesi sebagai sopir bus selama 6 tahun. Cerita bahagia dan mengharukan Bu Yohana ini dikutip sukabumiupdate.com dari laman VoA Indonesia, Sabtu (03/6/2023).

Dalam video yang diunggah VoA Indonesia 9 Mei 2023 itu sudah ditonton oleh 1 juta orang penayang dengan delapan ratusan lebih komentar yang notabene berisi suport dan kekaguman, Luar biasa.   

Bu Yohana yang sempat menjadi asisten dosen saat masih di Indonesia itu mengungkapkan, saat pertama kali bekerja sebagai sopir bus di Amerika, dia sempat mau menangis karena takut. Namun, setelah dijalani semua berjalan dengan baik.

Yohana sebelumnya menjalani training selama dua minggu. Kemudian mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) setelah lulus ujian. Di situlah dia menyadari bahwa persoalan yang membuatnya takut adalah tombol yang banyak.

Baca Juga: Resep Bu Siti Punya 2 Suami Muda, Rutin Mandi Kembang Setiap Malam Jumat

“Saya pakai mau nangis segala, pas saya lihat ke kaca, ini besar sekali (busnya) dan ada puluhan tombol. Ini mana yang mesti dipencet?” ujarnya sambil tertawa, seperti dikutip dari VoA Indnesia.

Sebagai sopir bus sekolah, Bu Yohana bekerja tidak hanya sebatas mengantar atau menjemput. Tetapi juga tanggung jawab terhadap anak-anak. Oleh sebab itu, di dalam bus dilengkapi 3-7 CCTV di dalam bus serta radio pengeras suara.

Diantara sopir bus sekolah yang selalu mengenakan hijab, Ibu Yohana mengaku kerap ditanyai siswa yang penasaran akan penampilannya. Mengapa rambutnya ditutup? Apa itu yang ada di kepala? Itu sekelumit pertanyaan anak-anak kecil tersebut kepada Ibu Yohana. Bahkan, ada juga yang ingin melihat secara langsung seperti apa rambut Yohana.

Kendati begitu, ada pula anak yang kerap memuji penampilannya.

“Ada satu anak yang setiap hari kalau pas naik bus saya, dia selalu bilang ‘Uu.. jilbab mu cantik sekali. Saya suka’. Si anak itu juga bilang, ‘Lihat bunga di jilbabmu’. Luar biasa sih anak-anak. Tapi alhamdulillah, tidak ada yang kasar,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Kepala Daerah Gugat Batas Minimal Usia Calon Presiden

Menurut Yohana, salah satu kiat sukses berprofesi sebagai sopir bus di Amerika adalah suka dengan anak-anak. “Kalau tidak suka, sebaiknya jangan,” imbuhnya.

Kendati berada di negara asing, sebagai muslimah Yohana tak melupakan aktivitas ibadahnya. Dia tetap menjalankan ibadah shalat setelah pekerjaannya selesai.

Pernah suatu saat ada yang bertanya kepada dia, bagaimana Yohana menjalankan shalat di tengah kesibukan. Yohana dengan ceria menjawab, “Saya sih tidak pernah shalat ketika masih ada anak-anak di sini. Selesai dulu pekerjaan.”

Selain aktivitas ibadah, Ibu Yohana juga tak melupakan kewajibannya sebagai istri dan ibu dari 5 anak. Setelah pulang bekerja, Yohana selalu menyempatkan diri untuk makan malam bersama keluarga di rumah.

“Jadi biasanya saat pagi kami shalat berjamaah, lalu Yohana berangkat kerja,” kata Daniel Kirk, suami Yohana.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Pondok Pesantren Legendaris di Sukabumi

Bu Yohana merupakan gambaran dari wanita tangguh nan penuh dedikasi tinggi. Ibu dari lima orang anak ini pernah merasakan bekerja di ruang lingkup akademik.

Lulus dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Bu Yohana lantas mencoba peruntungan. Cerita Bu Yohana mengaku pernah menjadi asisten dosen semasa masih tinggal di tanah air. "Dulu saya kuliah di UII Kesehatan Masyarakat, sempat jadi asisten dosen," terangnya.

Seiring berjalannya waktu, keputusan dibuat hingga menuntun Yohana menjadi sosok yang baru. Keputusannya menikah dengan seorang WN Amerika bernama Luqman Kirk membuatnya harusBu  merasakan berbagai pengalaman baru hidup di luar negeri.

Salah satunya yakni pengalamannya di awal menetap di Amerika. Bu Yohana menceritakan sempat tak bisa menyetir kendaraan roda empat. "Dulu awal waktu ke sini saya ga bisa menyetir mobil. Jadi saya tergantung kalau mau kemana-mana. Padahal tinggal di Amerika kalau ga bisa nyetir itu sangat sulit dan repot," katanya.

Memiliki empat buah hati kala itu membuat Yohana lantas bertekad kuat untuk dapat menyetir mobil. Kemandirian mengurus anak menjadi motivasinya. "Jadi ada tekad kalau saya harus bisa menyetir. Jadi kalau bawa anak-anak itu lebih gampang," cerita Yohana.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Internasional23 April 2024, 16:00 WIB

Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi.
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77