5 Alasan Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia yang Bisa Ditiru Indonesia

Selasa 02 Mei 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa alasan yang menjadikan Finlandia menjadi negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut | Foto:: iStock

Ilustrasi. Ada beberapa alasan yang menjadikan Finlandia menjadi negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut | Foto:: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Finlandia kembali menjadi salah satu negara paling bahagia di Dunia versi World Happiness Report. Negara Skandinavia itu mengungguli ratusan negara lain di Dunia dalam hal kebahagiaan penduduknya.

World Happiness Report menempatkan Finlandia berada di posisi teratas selama enam tahun berturut-turut dalam daftar negara paling bahagia di Dunia bersama beberapa negara Skandinavia lainnya seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark.

Faktor-faktor yang berkontribusi pada dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, dan tidak adanya korupsi menyebabkan negara yang baru saja menjadi anggota NATO ini meraih predikat tersebut.

Lalu apa alasan yang menjadikan warga finlandia begitu bahagia? Melansir dari Akurat.co, inilah lima resep Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia.

Baca Juga: Doa Melupakan Mantan yang Masih Kamu Cintai, Lafalkan Agar Cepat Bahagia

1. Model kerja setara

Finlandia sudah lama melampaui taraf ekonomi global. Banyak merek ternama lahir dari negara tersebut, seperti Nokia, Rovio (pengembang Angry Birds), Supercell (pencipta Clash of Clans), dan produsen elevator KONE.

Negara ini terkenal dengan penerapan model kerja setara. Artinya, hanya sedikit, bahkan nihil, tingkat hierarki antara manajemen dan staf.

Biasanya hanya ada sedikit pengawasan terhadap karyawan dan struktur untuk meningkatkan keterlibatan terhadap pengambilan keputusan organisasi. Dengan begitu, komunikasi antara semua departemen dan tim menjadi terbuka.

Hal ini pun menciptakan peningkatan signifikan dalam produktivitas kerja, kekompakan tim, dan membantu Finlandia merintis kerja tangkas.

Perusahaan pun menawarkan fleksibilitas maksimal dan batasan rendah, sehingga karyawan dapat memilih di mana, kapan, dan bagaimana mereka bekerja.

Baca Juga: Buya Yahya Bagikan Cara Hidup Indah dan Bahagia ala Nabi: Merasa Cukup

2. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan

Kebahagiaan erat kaitannya dengan kegembiraan yang dirasakan seseorang dari pekerjaan mereka dan apakah mereka dapat menyeimbangkannya dengan kehidupan. Finlandia unggul dalam masalah ini.

Negara ini berkomitmen untuk menghapus kesenjangan upah gender serta pendidikan berkualitas tinggi. Finlandia juga menjadi satu-satunya negara maju di mana ayah menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak usia sekolah daripada ibu.

Sementara itu, bagi para ibu yang memilih tinggal di rumah, sangat umum bagi mereka untuk melakukannya selama beberapa bulan atau bahkan tahun demi memastikan mereka hadir selama masa perkembangan anak-anak mereka.

Ilustrasi. Ada beberapa alasan yang menjadikan Finlandia menjadi negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut | Foto:: iStockIlustrasi. Ada beberapa alasan yang menjadikan Finlandia menjadi negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut | Foto:: iStock

Baca Juga: 5 Manfaat Melamun, Salah Satunya Meningkatkan Kebahagiaan

3. Mengutamakan kesetaraan

Finlandia sudah lama menjadi pionir dalam perang melawan ketidaksetaraan. Negara ini konsisten berjuang untuk memastikan warganya yang paling miskin terpelihara.

Ada filosofi Finlandia berbunyi 'sisu' yang artinya kemauan atau ketekunan. Prinsip ini pun diwujudkan dalam banyak hal, seperti pendekatannya untuk mengakhiri tunawisma. Mereka memastikan memberi dukungan yang tepat dan gelandangan bisa memiliki rumah sendiri.

Tak hanya dari kesejahteraan, kebahagiaan Finlandia juga datang dari kebebasan. Pola pikir bahwa seseorang hanya bisa bebas dan mandiri jika semua orang sama-sama bebas dan mandiri mendorong pembuat kebijakan negara memaknai dasar arti menjadi warga Finlandia.

Baca Juga: 4 Doa Hari Selasa, Amalkan Agar Diberi Keselamatan dan Kebahagian oleh Allah SWT

4. Kepentingan warga jadi prioritas

Finlandia unggul dengan layanan publik kelas dunia, tingkat kejahatan dan kesenjangan yang rendah, serta tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap otoritas.

Dengan fundamental yang bagus, tidak ada warga yang tinggal di jalanan. Pengangguran masih ada, tetapi layanan kesehatan berfungsi dengan baik.

Musim dingin yang panjang dan kelam di negara utara itu pernah dianggap sebagai alasan di balik tingginya tingkat kecanduan alkohol dan bunuh diri. Namun, berkat upaya kesehatan masyarakat selama 1 dekade, angkanya berhasil turun hingga lebih dari setengahnya.

Baca Juga: Doa untuk Pasangan Agar Bahagia, Harmonis dan Dijauhkan dari Orang Ketiga

5. Selaras dengan alam

Masakan Finlandia yang hambar dan tidak menarik pernah jadi bahan ejekan negara lain. Namun, para pemilik restoran dan produsen kini memuji kesederhanaan dan bahan-bahan alami di masakan Finlandia.

Mereka mengklaimnya sebagai kunci sesungguhnya dari kesehatan yang tentu mengarah pada kebahagiaan.
Selain itu, kunci dari kebahagiaan warga di sana adalah pergi ke luar ruangan untuk menikmati hutan yang luas dan ribuan danau serta sauna tradisional khas Finlandia.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-82 dari 149 negara. Artinya, masih banyak aspek yang perlu diperbaiki demi meningkatkan taraf kebahagiaan penduduk.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Langkah Mudah, Ini Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil

Berikut Sembilan Langkah Mudah untuk Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil. Yuk, Coba!
Jeruk peras memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama vitamin C. (Sumber : Pexels/pixabay)
Sukabumi04 Mei 2024, 06:28 WIB

KAI akan Tutup Perlintasan Liar TKP Pasutri Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi

Lokasi kejadian pasutri tertabrak KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi merupakan perlintasan sebidang liar.
Lokasi kejadian pasutri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Science04 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Mei 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Berakhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)