Ayep Bicara Soal Peluang Indonesia Lipat Gandakan Hasil Pertaniannya

Selasa 02 April 2024, 13:36 WIB
Ayep Zaki ingin pertanian Indonesia bisa semakin maju dan memiliki daya saing masuk sebagai komoditi ekspor agar semakin menguntungkan para petani. (Sumber : Istimewa)

Ayep Zaki ingin pertanian Indonesia bisa semakin maju dan memiliki daya saing masuk sebagai komoditi ekspor agar semakin menguntungkan para petani. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi (2 April 2024): Dalam mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia membutuhkan kesadaran menuju pertanian yang lebih baik melalui pembangunan ekosistem mutakhir dan budidaya pertanian. Selain itu kerja bersama seluruh elemen terkait juga menjadi salah satu faktor penentu.

Demikian disampaikan Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, H. Ayep Zaki dalam sebuah acara bersama salah satu televisi nasional baru-baru ini.

Ayep yang kini menjadi nahkoda DPD NasDem Kabupaten Sukabumi itu memang dikenal ulet dan tekun dalam menghadirkan ekonomi kerakyatan di berbagai penjuru tanah air. Tak terasa 19 tahun sudah dia membangun ekonomi kerakyatan dari Aceh sampai Papua.

"Saya sudah berjalan kurang lebih sekitar 19 tahun. Kita fokus di sektor pertanian dan fokus pada peningkatan produktivitas padi, jagung, kedelai (Pajale)," kata Ayep.

Saat ini kata Ayep rata-rata produksi padi dan jagung dari para petani yang menjadi binaannya di berbagai daerah di tanah air mampu memproduksi di atas 7 ton dan untuk kedelai mencapai satu setengah ton.

Untuk membawa Indonesia menjadi lumbung pangan dunia kata dia dibutuhkan penggenjotan produktivitas dan kualitasnya yang sangat ditentukan oleh media tanam (tanah), bibit yang unggul hingga pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

"Termasuk juga kita konsen di pembenihan terutama pembenihan padi. Kurang lebih kali ini kita memproduksi untuk benih padi lokal 270 hektare dan juga fokus di budidaya pembenihan daripada jagung. Karena untuk produktivitas budidaya diawali dengan kualitas benih yang baik, begitupun juga pupuk yang baik seperti itu," kata dia.

Dengan pola kerja kemitraan bersama para petani dia pun sangat optimistis Indonesia dapat melipatgandakan produktivitas hasil pertaniannya. Pasalnya dengan pola kemitraan dengan petani-petani lokal itu pola kerjanya akan beradaptasi dengan petani lokal tanpa merubah ekosistemnya.

"Untuk jagung sama padi itu sangat optimis dan kita sudah uji coba di lapangan hanya saja skalanya belum masif ini perlu bersama-sama dengan pemerintah daerah pemerintah pusat untuk bersama-sama memproduksi budidaya padi dan jagung," kata Ayep.

Ayep ingin pertanian Indonesia dapat semakin maju dan memiliki daya saing sehingga masuk negara-negara lain sebagai komoditi ekspor agar semakin menguntungkan para petani. Sebagai katalisator Ayep pun terus menunjukan kegigihannya dalam mendampingi para petani.

Ketika disinggung soal kemampuan Indonesia memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri Ayep pun optimis apabila ada kerjasama antara pemerintah dan seluruh elemen terkait maka produksi kedelai dapat diupayakan meningkat seratus persen dari kondisi hari ini. (RO)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist