Kompetitif! SMK Teknika Sukabumi Kolaborasi dengan Dunia Usaha dan Industri

Rabu 29 November 2023, 11:48 WIB
Kolaborasi SMK Teknika dan Disnakertran Kabupaten Sukabumi: bimbingan karier yang bertujuan menambah pengetahuan mengenai dunia kerja (Sumber : istimewa)

Kolaborasi SMK Teknika dan Disnakertran Kabupaten Sukabumi: bimbingan karier yang bertujuan menambah pengetahuan mengenai dunia kerja (Sumber : istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai komitmen dalam memujudkan visi menciptakan lulusan yang disiplin kompetitif dan relevan dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha, SMK Teknika Cisaat Sukabumi terus melakukan inovasi dan kolaborasi.

Terbaru melalui program hubin/humas, SMK yang berada di jalan raya Veteran, Sukasari Cisaat ini mengadakan serangkaian acara berorientasi pembinaan masa depan lulusannya. Berlangsung pada rentang waktu September hingga November 2023 dengan melibatkan peserta didik kelas XII dan juga lulusan SMK Teknika.

Kepala SMK teknika Cisaat Asep Yusuf Azis, menjabarkan 4 program kerja yang dilakukan terkait perwujudan dari kesinambungan program Hubin /Humas dengan visi dan misi sekolah.

Pertama, bimbingan karier yang bertujuan menambah pengetahuan mengenai dunia kerja dan membantu siswa dalam menentukan karir yang tepat sesuai dengan kepribadian, minat, bakat serta kemampuannya. Acara ini mengundang narasumber dari Pengantar Kerja Ahli Muda Disnakertrans Kabupaten Sukabumi yaitu Eli Widyaningsih serta Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Teddy Sunandar.

Kolaborasi SMK Teknika dengan perusahaan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusanKolaborasi SMK Teknika dengan perusahaan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan

Kedua, program seminar pemuda melek bisnis. Bertujuan memotivasi dan menginspirasi siswa untuk lebih giat belajar, meningkatkan disiplin dan memahami kiat- kiat sukses sebagai enterpreneur, serta membuka wawasan. Narasumber yang hadir antara lain Syamsudin owner CV Obet Cipta Usaha ,ORC (obet rental Car) dan Obet media.

“Poinnya, sukses dimasa depan itu bukan hanya jadi pekerja atau karyawan, tetapi harus berani membuka peluang usaha sendiri,” lanjut Asep Yusuf Azis

Baca Juga: Loker Staf Pusat Distribusi Logistik Minimal SMK/SMA Sederajat Penempatan Sukabumi

Ketiga, job fair yang bekerjasama dengan PT. Dharmamulia Prima Karya (Adyawinsa group). Ini adalah upaya sekolah untuk menjadi jembatan perantara dunia industri dengan SMK Teknika untuk mewujudkan lulusan yang siap kerja.

Keempat, sosialisasi dan kerjasama dengan lembaga lain dalam rangka menggali informasi dan kesempatan bagi lulusan yang berminat mengembangkan karier di luar negeri. Seperti ke Jepang dengan LPK mega Asia cendekia , LPK Hikari Internasional di bawah naungan KNC Keiei Network Cooperative serta dengan PT.JIAEC (Japan Indonesia Economic Center).

Narasumber program peningkatan kualitas lulusan SMK Teknika Cisaat SukabumiNarasumber program peningkatan kualitas lulusan SMK Teknika Cisaat Sukabumi

“Ini adalah komitmen SMK TEKNIKA untuk peningkatan mutu lulusan dan juga peningkatan pelayanan terhadap siswa sebagai bentuk perwujudan dari visi misi sekolah,” ungkap Asep Yusuf Azis.

Baca Juga: Loker Keamanan Lulusan SMA/SMK Sederajat Penempatan Jawa Barat

Program-program tersebut, diharapkan bisa meningkatkan mutu lulusan, mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha dan industri, sebagaimana tercantum dalam amanat kurikulum sekolah, “juga sebagai perwujudan dari kesinambungan program hubin /Humas SMK Teknika dengan visi dan misi sekolah,” jelas WKS hubin SMK Teknika Cisaat, Yasin menambahkan. (adv)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 12:48 WIB

Beredar Video Korban dan Pelaku Pasca-Kejadian, Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku yang masih berusia muda sudah berada di sel tahanan.
Tangkapan layar video korban (kiri) dan terduga pelaku (kanan), kasus pembunuhan ibu oleh anak kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 12:45 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Buruk Remaja yang Harus Dihentikan

terkadang kebiasaan sehari-hari yang dilakukan anak remaja, sering dianggap sepele oleh orang tua. Padahal, itu bisa berdampak buruk dikemudian hari
Ilustrasi kebiasaan remaja yang sering dianggap sepele (Sumber : pexels.com/@LizaSummer)
Internasional14 Mei 2024, 12:39 WIB

Helm, Tatap Mata dan Batagor : Kisah 3 Pemuda Thailand Kuliah di Sukabumi

Ketiganya adalah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, untuk tahun ajaran 2023/2024.
Eldie dan Mae, pemuda Yala, Thailand yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: tim peliput UMMI)
Life14 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hati Bahagia, Jangan Ragu Lakukan!

Kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia ini dapat membantu Anda mengalami lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dinikmati dan memberi diri sendiri kesenangan termasuk salah satu kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia. (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola14 Mei 2024, 12:15 WIB

Prediksi Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United.
Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United. (Sumber : X@BaliUtd/@persib).
Sehat14 Mei 2024, 12:00 WIB

7 Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah, Mudah Didapat!

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen dapat membantu mengelola gejala asam urat.
Ilustrasi - Bawang Putih Adalah Salah Satu Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah yang Mudah Didapat! (Sumber : Pexels/IsabellaMendes)
Life14 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Tips Untuk Menghindari Anak Mengabaikan Tugas Rumah dan Tanggung Jawab

Kadang-kadang, anak mungkin menunjukkan tingkat tanggung jawab yang berbeda-beda yang diberikan kepada teman mereka di rumah. Maka dari itu sebagai orang tua harus mengarahkan dengan baik anak agar bisa bertanggung jawab
Ilustrasi menghindari anak mengabaikan tugas dan tanggung jawab (Sumber : pexels.com/@JuliaMCameron)
Sukabumi14 Mei 2024, 11:42 WIB

Pelaku Ditangkap! Polisi Soal Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Polisi sudah berangkat ke lokasi kejadian dugaan pembunuhan.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap terduga pelaku pembunuhan ibu kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay/KlausHausmann
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 11:35 WIB

Tuai Pro Kontra Pasca Tragedi Bus SMK, DPRD Sukabumi Minta Study Tour Diatur dan Tak Wajib

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar meminta study tour diatur soal keselamatannya dan tak wajib agar tak beratkan orang tua.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar. (Sumber : Istimewa)
Life14 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Jika penderita asam urat merasa nyeri atau ketidaknyamanan saat tidur dalam posisi tertentu, pertimbangkan untuk mencoba posisi tidur yang berbeda atau berkonsultasi dengan dokter atau ahli untuk saran yang lebih spesifik tentang manajemen nyeri.
Ilustrasi. Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/pixabay)