Coffee Keliling Diatas Motor, Menikmati Kopi Ala Brewer Jalanan di Sukabumi

Minggu 03 Juli 2022, 06:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi racikan brewer jalanan ini tak kalah mantap dari yang gedongan. Vidi Coffee menawarkan sensasi berbeda bagi penikmat kopi di Sukabumi, biji kopi dari berbagai belahan bumi nusantara di olah di atas motor bebek orange.

Vidi Coffee menawarkan berbagai produk Coffee dengan harga jalanan. Ada vietnam drip, viet-drip susu, V60, ekspresso, cappuccino/latte, tubruk, kopi susu, untuk pilihan hangatnya. 

"Untuk pilihan dingin, kami menawarkan es kopi susu aren, es kopi gula aren, es japanese (v60), sama es teh tarik/aren. Tinggal dipilih, mau yang mana?" jelas Budi Prasetyo pemilik Vidi Coffee.

Harga paling mahal dari produk seduhan kopi di Vidi Coffee Rp 12 ribu. Rata-rata dibawah Rp 10 Ribu bahkan ada yang Rp 6 ribu saja per gelasnya.

photoBerbagai menu dan harganya, Vidi Coffee diatas motor yang biasa mangkal di Alun-alun Kota Sukabumi - (istimewa)</span

 Ide kreatif Budi ini berawal dari keinginan untuk bangkit setelah menjadi salah satu korban pandemi covid-19. Pria kelahiran Lengkong Kabupaten Sukabumi ini masuk daftar PHK sebagai office boy di perusahaan tempatnya bekerja.

Dari sana Budi memilih berdagang agar tetap bertahan dan lebih mandiri. Karena gemar minum kopi, ia bermimpi bisa menjadi brewer dan menjual minuman kopi asli dengan konsep jalanan.

Baca Juga :

Saatnya Petani Kopi Sukabumi Mendunia, Ada Promo Gratis ke World of Coffee 2022

"Saya pernah ikut kursus brewer dan barista selama seminggu. Selebihnya saya belajar otodidak dari youtube. Bagaimana memilih biji kopi dan menyajikannya sebagai minuman kopi asli yang enak," lanjut Budi.

Dengan dukungan penuh dari sang istri, tabungan selama bekerja dijadikan modal untuk membangun Vidi Coffee. Ia memilih konsep kopling on bike karena lebih murah tak perlu ngontrak tempat. 

photoBudi dan konsumen, Vidi Coffee diatas motor yang biasa mangkal di Alun-alun Kota Sukabumi - (istimewa)</span

"Vidi itu singkatan dari nama saya Budi dan Evi (istri). Harapannya usaha ini akan selamanya bertahan dan berkembang, langgeng seperti harapan kami dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Kopling on bike itu artinya kopi keliling di atas motor," ungkap alumni SMK Bina Bangsa 1 Surade ini lebih jauh.

Bermodal motor bebek orange, vidi coffe dibangun dengan modal kurang lebih habis Rp 4,5 juta, termasuk beli peralatan brewernya. Perjalanannya baru seumur jagung, kurang lebih satu bulan, mangkal di kawasan sekitar Alun-alun Kota Sukabumi, dengan respon pasar cukup bagus.

Dalam sehari, bisa terjual 15-20 gelas untuk kopi panas dan kurang lebih 10 gelas es kopi. "Alhamdulillah dikisaran Rp 100 hingga Rp 200 ribu per hari. Lumayan untuk hidup sehari-hari, biaya kontrakan, nabung sedikit dan tambahan modal usaha," imbuhnya.

Budi makin bersemangat. Sekarang ia tak hanya berorientasi dagang semata, tapi ada keinginan untuk membuat biji kopi dari seluruh Indonesia khususnya Sukabumi makin digemari, walaupun masih sebatas Arabika dan Robusta.

photoVidi Coffee diatas motor yang biasa mangkal di Alun-alun Kota Sukabumi - (istimewa)</span

"Disini saya juga sambil mensosialisasikan kopi (budaya ngopi asli). Arabikanya kami ada 3 pilihan dari berbagai tempat di Indonesia. Ada dari Bali, Flores dan Mandailing. Robustanya ada Gayo Aceh dan Dampit malang. Alhamdulillah kami juga menyediakan kopi robusta Jampang, kopi dari petani kami di Kecamatan Lengkong," pungkas Budi.

Yang penasaran dengan racikan Kopling On The Bike, silahkan cari di sekitaran alun-alun Kota Sukabumi. Pantau medsosnya @vidikopling, coffee mungil diatas motor honda blade warna orange.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)