Rahasia Bugar Ronaldo: Tidur 5 Kali, Makan 6 Kali Sehari

Minggu 29 Agustus 2021, 02:00 WIB
Cristiano Ronaldo menjadi bintang saat Portugal mengalahkan Hungaria 3-0 dalam laga Grup F Euro 2020 di Budapest, Selasa malam, 15 Juni 2021.

Cristiano Ronaldo menjadi bintang saat Portugal mengalahkan Hungaria 3-0 dalam laga Grup F Euro 2020 di Budapest, Selasa malam, 15 Juni 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Cristiano Ronaldo tengah menjadi buah bibir setelah kembali ke klub lamanya, Manchester United. Mantan pemain Juventus dan Real Madrid itu tetap diminati klub-klub besar meski usianya sudah termasuk senja untuk ukuran sepakbola, 36 tahun.

Selain karir di lapangan hijau yang mengkilap dengan penghasilan luar biasa besar, megabintang Portugal itu juga dikenal dengan gaya hidup ekstrasehat. Selama 15 tahun ia menjalani diet ketat dan latihan kebugaran yang tak kalah mengikat. Hidup disiplin itulah yang membuatnya bertahan di puncak permainan meski sudah melewati usia emas pesepakbola.

Dari tidur lima kali sehari hingga ruang krioterapi seharga hampir Rp 1 miliar, berikut rahasia bugar kapten timnas Portugal ini, dilansir dari Mirror yang dikutip dari Tempo.

Makan enam kali sehari

Ronaldo mengaku tips paling penting dalam menjaga kebugaran dan kunci suksesnya adalah pola makan tinggi protein enam kali sehari. "Kalau Anda rutin berlatih, penting untuk menjaga level energi tetap tinggi untuk memberi tubuh performa terbaik," ungkapnya pada 2015. "Pola makan saya tinggi protein dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, buah, sayuran, dan menghindari makanan manis."

Ronaldo makan setiap 3-4 jam, memulai hari dengan sarapan berupa keju, ham, yogurt rendah lemak, roti bakar isi buah atau alpukat. Ketika bersantap di restoran, ia memilih steak dan salad dan pilihannya adalah ayam karena dinilai tinggi protein dan rendah lemak.

Ia juga punya makanan Portugis favorit seperti Bacalhau a Bras, yang menggabungkan telur orak-arik dengan kentang goreng dan ikan kod asin. Menurut juru masak timnas Portugal, Luis Lavrador, sang bintang memang penggemar berat ikan.

"Ronaldo makan apa saja sebagai atlet yang bertanggung jawab, tapi yang paling disukainya adalah ikan seperti kakap dan todak," jelas Lavrador.

Namun demikian, pemenang lima Bola Emas ini juga memberi dirinya sedikit kebebasan dengan sesekali keluar malam. "Tentu, saya tidak disiplin setiap hari. Kadang-kadang saya makan pizza dengan anak untuk mengusir bosan," akunya.

photoCristiano Ronaldo saat masih berseragam Manchester United - (istimewa)

Dayung, pilates, dan krioterapi

Latihan keras Ronaldo tak selalu berkaitan dengan lapangan hijau. Di rumahnya yang supermewah, ia punya pusat kebugaran pribadi serta kolam renang, dan ia kerap mengunggah aktivitas fisiknya yang luar biasa. Menurutnya, rahasianya tetap termotivasi adalah menggabungkan berbagai jenis olahraga.

Selain angkat beban, ia menikmati latihan kardiovaskular seperti lari dan dayung, juga pilates untuk memperkuat inti tubuhnya. Jangan lupa pemanasan sebelumnya untuk menghindari cedera.

"Ketika latihan, kami berlari keliling lapangan beberapa kali, peregangan, dan pemanasan dengan latihan kardio," jelasnya. "Pastikan untuk melakukan hal yang sama saat latihan, walaupun cuma berlari ke pusat kebugaran atau pemanasan dengan treadmill dan sepeda."

Buat penggemar olahraga, ia menyarankan latihan intensitas tinggi seperti lari cepat. Meski tak punya waktu untuk ke pusat kebugaran, kita bisa latihan apa saja agar tetap fit bila ada kesempatan, bisa di kamar tidur atau sebelum tidur.

Salah satu rahasia bugarnya adalah ruang krioterapi yang ia gunakan untuk meredakan nyeri otot, otot tertarik dan bengkak setelah pertandingan. Caranya termasuk berdiri di sana selama 3 menit seiring cairan nitrogen menurunkan temperatur menjadi setidaknya 200 derajat Celcius. Alternatif lain, ia menikmati 20 menit berendam di bak berisi air panas.

Riwayat keluarga

Gaya hidup sehat Ronaldo sejak 2005 tak lepas dari riwayat keluarga yang tragis. Ayahnya, Dinis Aveiro, meninggal pada usia 52 tahun karena kecanduan alkohol. Ibunya, Dolores, menyatakan kematian itu berdampak besar pada Ronaldo muda yang mulai menanjak.

"Cristiano sudah melihat dampak minuman dan obat-obatan pada orang dekatnya dan itulah salah satu alasan dia menjadi seperti sekarang," kata sang ibu. "Ia tidak merokok dan minum alkohol, kecanduannya hanya pada sepakbola."

Daripada alkohol, Ronaldo lebih memilih kopi dan jus segar, juga smoothie apa saja, mulai dari pir, apel, nenas, mangga, stroberi, sampai pisang. Ia juga suka minuman olahraga untuk menambah tenaga selama latihan.

"Saya tetap terhidrasi dengan minuman olahraga yang memberi energi untuk latihan dan pertandingan. Minuman itu berisi campuran karbohidrat yang memperkuat daya tahan, sedikit gula, dan elektrolit yang membantu hidrasi, dan vitamin B12 untuk melawan kelelahan.

Tidur lima kali sehari

Pola makan sehat dan rutinitas latihan akan percuma tanpa tidur cukup. Ronaldo bekerja sama dengan konsultan tidur Nick Littlehales, yang menyarankan kliennya tidur lima kali sehari dan menjauhkan segala perangkat elektronik di malam hari.

Littlehales menjelaskan bagaimana 1,5 jam sebelum tidur, Ronaldo akan mematikan ponsel, televisi, atau layar apapun. Tujuannya agar cahaya biru layar tak mengganggu produksi hormon tidur melatonin. Littlehales juga merekomendasikan tidur dengan seprai bersih dan menekankan posisi tidur yang tepat.

Ronaldo mengatakan, "Cukup tidur itu penting untuk bekal latihan. Saya tidur dan bangun lebih awal, terutama sebelum pertandingan. Tidur membantu pemulihan otot yang pasti sangat penting."

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)