Kiat Mengobati Wajah Bengkak Sesuai Penyebabnya, Medis atau Alami

Senin 21 September 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beragam penyebab wajah bengkak, seperti alergi, terlalu banyak menangis, penyakit tertentu, hingga cedera. Sebb itu, cara mengatasinya pun bisa berbeda-beda. Pada beberapa kondisi, wajah bengkak merupakan pertanda gangguan kesehatan yang serius. Jika bengkak timbul karena alergi, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter sebelum terjadi reaksi alergi yang lebih parah.

Cara mengempiskan wajah yang bengkak dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun ada juga yang perlu bantuan medis dari dokter. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Cara menghilangkan bengkak di wajah yang tepat sesuai penyebabnya

1. Kompres es

Menempelkan kompres es adalah cara menghilangkan bengkak di wajah yang paling umum. Langkah ini bisa diaplikasikan pada kondisi wajah bengkak akibat cedera, kurang tidur, alergi, hingga salah makan.Untuk melakukannya, Anda cukup membasahi handuk berbahan lembut dengan air es, lalu mengompreskannya ke bagian wajah yang bengkak. Langkah ini bisa diulangi hingga beberapa kali sampai bengkak berkurang.

2. Kompres hangat

Kompres hangat juga bisa meredakan wajah bengkak. Suhu hangat yang mengenai kulit akan membantu melancarkan sirkulasi cairan di tubuh. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak menggunakan kompres yang terlalu panas.

3. Banyak minum air putih

Saat dehidrasi, sel-sel tubuh akan mencoba mengambil cairan dari jaringan sebanyak-banyaknya dan menyimpannya. Hal ini bisa menyebabkan wajah terlihat bengkak. Dengan banyak minum air putih, maka kebutuhan cairan di tubuh akan terpenuhi dan sel-sel yang menyimpan air tadi, akan melepas cadangan tersebut dan bengkak pun mereda.

4. Kompres dengan timun

Wajah yang bengkak juga bisa mengecil dengan kompres timun dingin. Untuk membuat kompres tersebut, cukup potong tipis-tipis timun yang sudah didinginkan di kulkas lalu tempelkan di area wajah yang bengkak.

5. Kompres dengan kantung teh

Salah satu cara menghilangkan bengkak di wajah yang alami adalah menggunakan kantung teh celup. Namun, tidak semua teh bisa digunakan untuk metode ini.Sebaiknya, pilih teh yang mengandung cukup banyak kafein seperti teh hitam atau teh oolong. 

Untuk melakukannya, cukup seduh teh celup dengan air hangat lalu biarkan suhu kantung teh menurun hingga mencapai suhu ruang. Setelah itu, kompres kantung teh tersebut di area wajah yang bengkak.Kafein yang ada di dalam teh akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga bengkak di wajah berkurang.

6. Mengurangi konsumsi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam adalah salah satu penyebab paling umum yang menyebabkan wajah bengkak, terutama jika Anda sering mengonsumsi makanan tinggi garam seperti mi instan di malam hari.Kandungan garam yang tinggi pada makanan, bisa membuat tubuh menumpuk cairan berlebih karena natrium dalam garam bersifat menahan air. Hal ini membuat wajah maupun anggota tubuh yang lain bisa terlihat bengkak.

7. Mengonsumsi makanan sehat

Bengkak di wajah juga bisa menandakan adanya peradangan pemicu penyakit. Untungnya, ada makanan yang dapat membantu meredakan peradangan tersebut, seperti buah, sayur, teh hijau, jahe, kunyit, dan cokelat. Makanan-makanan tersebut dapat Anda konsumsi sebagai salah satu cara alami mengempiskan wajah bengkak.

8. Obat antihistamin

Jika wajah yang bengkak disebabkan oleh reaksi alergi ringan, maka Anda bisa mengonsumsi obat antihistamin untuk bantu meredakannya. Namun jika reaksi alergi yang muncul sudah disertai dengan gejala lain seperti pembengkakan mulut dan tenggorokan serta sesak napas, maka segeralah mencari pertolongan medis. Sebab, kondisi tersebut bisa memberikan ancaman serius untuk kesehatan.

9. Obat antiradang

Obat antiradang atau anti-inflamasi seperti NSAID bisa membantu meredakan bengkak di wajah. Obat ini juga sekaligus mampu mengurangi nyeri yang mungkin timbul akibat kondisi ini.

10. Obat antibiotik

Apabila wajah bengkak yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri seperti actinomycosis, cellulitis, sinusitis, atau gigi berlubang, maka dokter bisa meresepkan obat antibiotik untuk meredakannya.Obat antibiotik hanya bisa diperoleh melalui resep dokter. Jenis antibiotik juga sangat beragam, sehingga harus disesuaikan dengan bakteri yang menyebabkannya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)