Sudah Diet Tapi Kok BB Gak Turun-turun? Bisa Jadi Ini Alasannya!

Selasa 26 Mei 2020, 03:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah rutin berolahraga dan menjalani diet dengan pola makan yang sangat sehat, tapi berat badan tak kunjung turun juga?

Dilansir dari suara.com, ternyata, ada beberapa alasan di balik mengapa berat badan tak kunjung turun. Berikut enam alasan seperti yang Suara.com rangkum dari Shape:

1. Tidak minum air yang cukup

Minum air yang cukup adalah salah satu hal yang penting saat Anda mencoba untuk menurunkan berat badan.

Saat kita dehidrasi alias kekurangan cairan, ginjal tidak dapat berfungsi secara baik sehingga tubuh membutuhkan tambahan dukungan dari hati. Karena hati bekerja keras, banyak lemak yang Anda konsumsi disimpan, bukan dibakar.

Sangat penting untuk mengonsumsi serat sekaligus meningkatkan asupan cairan. Setidaknya minum delapan gelas air setiap hari agar tetap terhidrasi.

2. Kurang protein

Banyak studi yang mengungkapkan diet yang tinggi protein dapat menurunkan berat badan lebih banyak. Sebab protein membuat kita merasa lebih kenyang dan mencegah tubuh kehilangan otot saat tubuh mengurangi lemak.

Selain itu, Anda akan mengalami thermogenesis, di mana adanya pembakaran energi untuk memroses dan menggunakan makanan yang kita makan. Energi untuk memetabolisme protein lebih banyak daripada karbohidrat atau lemak.

3. Sering duduk terlalu lama

Meski rutin berolahraga, namun jika Anda menghabiskan terlalu lama duduk di depan komputer saat bekerja, maka usaha Anda menurunkan berat badan akan sia-sia.

Rutinitas olahraga Anda tidak akan bisa menggantikan waktu Anda duduk terlalu lama. Menurut sebuah studi, hanya duduk beberapa jam bisa membuat tubuh berhenti membuat enzim penghambat lemak yang disebut lipase.

Untuk mencegah hal ini terjadi, luangkan waktu tiap setengah hingga satu jam sekali untuk berdiri dan berjalan setidaknya dua menit. Aktivitas ini dapat membantu membakar tambahan 59 kalori seharinya.

4. Jumlah kalori tidak seimbang

Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghitung jumlah kalori yang masuk dan yang keluar.

Perkirakan jumlah kalori yang masuk tidak lebih dari kalori yang dikeluarkan lewat olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

5. Rutin berolahraga

Kok bisa rutin berolahraga malah menggagalkan usaha Anda menurunkan berat badan? Hal ini disebabkan adanya kecenderungan makan lebih banyak saat berolahraga.

Hal ini sering terjadi pada tahap awal memulai sebuah program diet. Tubuh kemudian menjadi terbiasa membakar kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan kalori yang dibakar.

Selain itu, berolahraga juga bisa menimbulkan retensi cairan, misalnya akibat dehidrasi atau tidak minum cukup cairan ketika berolahraga.

6. Stres

Stres bisa menyebabkan Anda gagal menurunkan berat badan. Saat seseorang stres, hormon kortisul memicu stimulan nafsu makan dan membuat Anda ngidam makanan manis atau tinggi karbohidrat.

Terlalu banyak kortisol dapat memperlambat metabolisme. Yang lebih buruknya lagi, stres berlebih dapat menyebabkan lemak disimpan di area abdomen, yang membuat proses menurunkan berat badan lebih susah lagi.

Olahraga bisa membantu menurunkan rasa stres, ditambah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya akan nutrisi, ditambah dukungan sosial dari orang sekitar.

 

Sumber : suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)