4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Belanja Sayuran Secara Online

Kamis 14 Mei 2020, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak bisa keluar  rumah, belanja bahan makanan melalui layanan daring atau online pun jadi pilihan di tengah pandemi virus corona. Dilansir dari tempo.co, bahkan sayuran segar pun kini bisa dilakukan secara online.

Meski demikian, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan sebelum membeli sayuran secara online agar mendapatkan barang yang segar dan terhindar dari penipuan, seperti dikutip dari siaran resmi Blibli yang dirangkum dari berbagai sumber.

Membeli sayuran dalam jumlah yang banyak tanpa pertimbangan matang, hanya akan membuat sayuran tersebut nantinya mubazir. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan terlebih dahulu membuat daftar belanjaan. Hal ini juga akan membuat pencarian barang jauh lebih cepat.

1. Pilih toko tepercaya

Berpikir secara bijak sebelum memilih toko online yang tepat. Pastikan toko atau merchant penyedia sayur yang dipilih aman dan terpercaya.

Untuk mengetahui hal itu dapat dilihat dari reputasi yang ada. Bagus tidaknya reputasi sebuah toko atau merchant sayur online bisa dilihat dari komentar para konsumen. Perhatikan komentar tentang tingkat keamanan pengiriman, respons penjual, hingga tingkat kesegaran sayur yang dibeli. Apabila menemukan banyak komentar atau review yang kurang baik, bisa dipastikan bahwa toko tersebut tidaklah terpercaya.

2. Perhatikan layanan pengiriman

Berbelanja online tentu identik dengan layanan ekspedisi atau jasa pengiriman barang ke alamat pemesan. Memilih ekspedisi menjadi hal yang susah-susah gampang.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat akan memilih sebuah ekspedisi seperti jangkauan ekspedisi, paket pengiriman barang yang ditawarkan, serta lama dari pengiriman barang.

Saat membeli sayuran secara online, sebaiknya pilih ekspedisi yang dapat menjangkau alamat rumah. Memilih ekspedisi yang kesulitan dalam menjangkau rumah hanya akan membuat sayuran tiba dalam jangka waktu yang lama.

Hal itu tentu merepotkan, terlebih apabila sayuran yang dibeli tidak tahan lama jika disimpan dalam suhu ruangan.

Selain memperhatikan mengenai jangkauan area dari setiap ekspedisi, juga perlu memperhatikan dengan saksama setiap jenis paket pengantaran yang berlaku. Beberapa toko online menyediakan layanan pengiriman sayuran dengan paket "same day".

3. Cari tahu tingkat ketahanan sayuran

Hal terpenting lainnya yang perlu diketahui sebelum berbelanja sayuran secara online yakni mengenai tingkat ketahanan sayuran yang akan dibeli. Apakah sayuran tersebut memiliki ketahanan yang baik atau tidak.

Pasalnya, setiap jenis sayuran tentu memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda, ada yang lama hingga bulanan ada juga yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari saja.

Mengetahui tingkat ketahanan sayuran ini juga ada sangkut pautnya dengan lamanya pengiriman sayuran ke alamat rumah. Apabila sayuran tersebut memiliki tingkat ketahanan yang kurang baik pada suhu ruangan, sebaiknya hanya membelinya jika dilengkapi dengan paket pengantaran "same day".

Saat sayuran yang dipesan secara online tiba di rumah, hal pertama yang perlu diakukan yakni langsung menyimpan sayuran tersebut dengan baik.

Menyimpan sayuran di tempat yang tepat tentu akan membuat sayuran tersebut tetap awet dan tahan lama. Membiarkan setiap sayuran menumpuk di dalam kantong belanjaan tanpa disimpan hanya akan membuatnya mudah busuk.

Selain itu, saat menyimpan sayuran, sebaiknya tidak dalam satu tempat yang sama. Pasalnya, setiap jenis sayuran memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Ada sayuran yang awet jika disimpan di dalam kulkas, ada juga sayuran yang sebaiknya hanya disimpan di dalam suhu ruangan saja.

4. Perhatikan promo

Belanja online tentu identik dengan adanya berbagai macam promo menarik yang ditawarkan kepada pembeli. Aneka promo tersebut tentu bisa membuat berbelanja aneka sayuran dengan harga yang lebih murah.

Untuk itu, sebisa mungkin untuk mencari tahu terlebih dahulu aneka promo yang ditawarkan oleh toko online. Akan sangat disayangkan apabila melewatkan adanya promo.

Biasanya promo ditawarkan bervariasi, mulai dari promo cashback, potongan harga, hingga gratis ongkos kirim. Tidak melewatkan adanya promo akan membuat aktivitas belanja sayur secara online lebih praktis, cepat, dan menguntungkan.

Jangan lupa untuk juga mengingat tanggal dan masa berlaku promo tersebut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update