Manfaat Kesehatan Berpuasa, Kontrol Gula Darah sampai Tekanan Darah

Jumat 24 April 2020, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan Ramadan, jutaan umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk berpuasa selama bulan suci ini. Dilansir dari tempo.co, berbagai persiapan pun dilakukan dari bahan-bahan makanan untuk sahur dan berbuka sampai merencanakan waktu untuk olahraga dan kegiatan lainnya. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. 

Tubuh memasuki fase yang berbeda selama bulan ini karena ada pola makan dan minum yang baru. Sebab itu kadar endorfin yang lebih tinggi muncul dalam darah, membuat Anda lebih waspada dan lebih bahagia dan memberi Anda perasaan kesehatan mental yang sehat secara keseluruhan.

Melansir laman Boldsky ada beberapa manfaat kesehatan selama bulan Ramadan

1. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengendalikan gula darah Anda. Puasa memecah glukosa Anda sehingga tubuh dapat memperoleh energi, yang mengurangi produksi insulin. Ini memberi waktu pankreas istirahat. Glukagon diproduksi untuk mempromosikan pemecahan glukosa dan hasil puasa adalah pengurangan gula darah.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yang menyumbat arteri oleh partikel lemak. Sementara tubuh kekurangan makanan dan air, lemak yang disimpan dalam tubuh digunakan sebagai energi. Tingkat metabolisme juga berkurang saat puasa. Sekresi hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang; ini membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil, sehingga mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selama puasa di bulan Ramadan, orang biasanya makan makanan sehat. Ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bersihkan racun serta mengikis lemak. Kurma dan buah-buahan yang dimakan saat berbuka paisa dapat meningkatkan cadangan vitamin dan mineral penting tubuh. Vitamin A dan vitamin E hadir dalam semua buah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan produksi protein tertentu yang bermanfaat bagi fungsi otak. Protein-protein ini akan membantu mengaktifkan sel-sel induk otak sehingga mereka dapat berfungsi secara optimal. Itulah alasan ketika Anda berpuasa, otak Anda menjadi lebih sehat.

5. Mempertahankan Kekuatan Otot

Lemak yang disimpan dalam otot Anda akan digunakan. Setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat, glikogen (sel lemak) ditambahkan, yang mengarah pada kenaikan berat badan. Namun, selama puasa di bulan Ramadan, sel-sel lemak akan digunakan sebagai sumber energi dan akan membuat otot Anda kencang dan kuat tanpa sel-sel lemak berlebih

6. Menangani Respons Peradangan

Manfaat fisik lain dari puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengobati penyakit radang dan alergi. Beberapa contoh penyakit radang adalah radang sendi dan penyakit kulit, seperti psoriasis. Para ahli mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

7. Baik untuk kesehatan mental

Salah satu manfaat mental dari puasa selama bulan Ramadan adalah bahwa hal itu akan mempersiapkan tubuh Anda untuk belajar bagaimana mengendalikan keinginan Anda terhadap makanan dan minuman. Dalam proses ini, otak menyesuaikan dengan kondisi dan belajar bagaimana menjadi lebih sabar.  

8. Menurunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat diuntungkan. Meski yang paling penting, puasa Ramadan tidak lantas menyebabkan penurunan berat badan. Makanan seperti sup, roti segar, kurma dan buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi selama sahur dan buka puasa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi