Manfaat Kesehatan Berpuasa, Kontrol Gula Darah sampai Tekanan Darah

Jumat 24 April 2020, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan Ramadan, jutaan umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk berpuasa selama bulan suci ini. Dilansir dari tempo.co, berbagai persiapan pun dilakukan dari bahan-bahan makanan untuk sahur dan berbuka sampai merencanakan waktu untuk olahraga dan kegiatan lainnya. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. 

Tubuh memasuki fase yang berbeda selama bulan ini karena ada pola makan dan minum yang baru. Sebab itu kadar endorfin yang lebih tinggi muncul dalam darah, membuat Anda lebih waspada dan lebih bahagia dan memberi Anda perasaan kesehatan mental yang sehat secara keseluruhan.

Melansir laman Boldsky ada beberapa manfaat kesehatan selama bulan Ramadan

1. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengendalikan gula darah Anda. Puasa memecah glukosa Anda sehingga tubuh dapat memperoleh energi, yang mengurangi produksi insulin. Ini memberi waktu pankreas istirahat. Glukagon diproduksi untuk mempromosikan pemecahan glukosa dan hasil puasa adalah pengurangan gula darah.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yang menyumbat arteri oleh partikel lemak. Sementara tubuh kekurangan makanan dan air, lemak yang disimpan dalam tubuh digunakan sebagai energi. Tingkat metabolisme juga berkurang saat puasa. Sekresi hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang; ini membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil, sehingga mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selama puasa di bulan Ramadan, orang biasanya makan makanan sehat. Ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bersihkan racun serta mengikis lemak. Kurma dan buah-buahan yang dimakan saat berbuka paisa dapat meningkatkan cadangan vitamin dan mineral penting tubuh. Vitamin A dan vitamin E hadir dalam semua buah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan produksi protein tertentu yang bermanfaat bagi fungsi otak. Protein-protein ini akan membantu mengaktifkan sel-sel induk otak sehingga mereka dapat berfungsi secara optimal. Itulah alasan ketika Anda berpuasa, otak Anda menjadi lebih sehat.

5. Mempertahankan Kekuatan Otot

Lemak yang disimpan dalam otot Anda akan digunakan. Setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat, glikogen (sel lemak) ditambahkan, yang mengarah pada kenaikan berat badan. Namun, selama puasa di bulan Ramadan, sel-sel lemak akan digunakan sebagai sumber energi dan akan membuat otot Anda kencang dan kuat tanpa sel-sel lemak berlebih

6. Menangani Respons Peradangan

Manfaat fisik lain dari puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengobati penyakit radang dan alergi. Beberapa contoh penyakit radang adalah radang sendi dan penyakit kulit, seperti psoriasis. Para ahli mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

7. Baik untuk kesehatan mental

Salah satu manfaat mental dari puasa selama bulan Ramadan adalah bahwa hal itu akan mempersiapkan tubuh Anda untuk belajar bagaimana mengendalikan keinginan Anda terhadap makanan dan minuman. Dalam proses ini, otak menyesuaikan dengan kondisi dan belajar bagaimana menjadi lebih sabar.  

8. Menurunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat diuntungkan. Meski yang paling penting, puasa Ramadan tidak lantas menyebabkan penurunan berat badan. Makanan seperti sup, roti segar, kurma dan buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi selama sahur dan buka puasa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).