Manfaat Kesehatan Berpuasa, Kontrol Gula Darah sampai Tekanan Darah

Jumat 24 April 2020, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan Ramadan, jutaan umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk berpuasa selama bulan suci ini. Dilansir dari tempo.co, berbagai persiapan pun dilakukan dari bahan-bahan makanan untuk sahur dan berbuka sampai merencanakan waktu untuk olahraga dan kegiatan lainnya. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. 

Tubuh memasuki fase yang berbeda selama bulan ini karena ada pola makan dan minum yang baru. Sebab itu kadar endorfin yang lebih tinggi muncul dalam darah, membuat Anda lebih waspada dan lebih bahagia dan memberi Anda perasaan kesehatan mental yang sehat secara keseluruhan.

Melansir laman Boldsky ada beberapa manfaat kesehatan selama bulan Ramadan

1. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengendalikan gula darah Anda. Puasa memecah glukosa Anda sehingga tubuh dapat memperoleh energi, yang mengurangi produksi insulin. Ini memberi waktu pankreas istirahat. Glukagon diproduksi untuk mempromosikan pemecahan glukosa dan hasil puasa adalah pengurangan gula darah.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yang menyumbat arteri oleh partikel lemak. Sementara tubuh kekurangan makanan dan air, lemak yang disimpan dalam tubuh digunakan sebagai energi. Tingkat metabolisme juga berkurang saat puasa. Sekresi hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang; ini membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil, sehingga mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selama puasa di bulan Ramadan, orang biasanya makan makanan sehat. Ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bersihkan racun serta mengikis lemak. Kurma dan buah-buahan yang dimakan saat berbuka paisa dapat meningkatkan cadangan vitamin dan mineral penting tubuh. Vitamin A dan vitamin E hadir dalam semua buah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan produksi protein tertentu yang bermanfaat bagi fungsi otak. Protein-protein ini akan membantu mengaktifkan sel-sel induk otak sehingga mereka dapat berfungsi secara optimal. Itulah alasan ketika Anda berpuasa, otak Anda menjadi lebih sehat.

5. Mempertahankan Kekuatan Otot

Lemak yang disimpan dalam otot Anda akan digunakan. Setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat, glikogen (sel lemak) ditambahkan, yang mengarah pada kenaikan berat badan. Namun, selama puasa di bulan Ramadan, sel-sel lemak akan digunakan sebagai sumber energi dan akan membuat otot Anda kencang dan kuat tanpa sel-sel lemak berlebih

6. Menangani Respons Peradangan

Manfaat fisik lain dari puasa selama bulan Ramadan adalah membantu mengobati penyakit radang dan alergi. Beberapa contoh penyakit radang adalah radang sendi dan penyakit kulit, seperti psoriasis. Para ahli mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

7. Baik untuk kesehatan mental

Salah satu manfaat mental dari puasa selama bulan Ramadan adalah bahwa hal itu akan mempersiapkan tubuh Anda untuk belajar bagaimana mengendalikan keinginan Anda terhadap makanan dan minuman. Dalam proses ini, otak menyesuaikan dengan kondisi dan belajar bagaimana menjadi lebih sabar.  

8. Menurunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat diuntungkan. Meski yang paling penting, puasa Ramadan tidak lantas menyebabkan penurunan berat badan. Makanan seperti sup, roti segar, kurma dan buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi selama sahur dan buka puasa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)