Kiat Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah saat Wabah Corona

Senin 06 April 2020, 05:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Situasi pandemi Covid -19 menyebabkan anak-anak dan sebagian besar orang tua menghabiskan waktu di rumah. Dilansir dari tempo.co, anak-anak belajar dan menjalani rutinitas yang berbeda dari situasi normal. 

Di tengah rutinitas di rumah saja demi menjaga diri dan keluarga, sudah seharusnya orang tua mengajak anak belajar, beraktivitas, dan berdoa.

Wakil Ketua KPAI/Komisioner Bidang Pengasuhan Rita Pranawati mengatakan, keberadaan anak di rumah dengan orang tua dalam situasi Covid-19 berdampak pada pola kehidupan baik anak maupun orang tua. Sebagian besar orang tua bekerja dari rumah dan anak menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Perubahan pola hidup ini menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga, namun banyak pula aspek positifnya jika dijalani dengan sabar, kreatif, dan menyenangkan," ucapnya melalui siaran pers kepada Tempo.co.

Keseruan dan tantangan yang dialami para ibu jelang pekan keempat juga dirasakan oleh salah satu ibu dari dua anak, Jeany Mega Sari. Dia mengaku jika sesungguhnya merasa berat mendampingi anaknya yang duduk di bangku SMP dan SD itu.  

"Buat saya yang memang stay at home mom saja berat, bagaimana dengan yang work from home. Ya pasti ada perubahan, emosinya lebih teraduk," ucap Jeany saat dihubungi Tempo.co.

Tips sederhananya menurut perempuan yang berdomisili di Bekasi ini sebagai orang tua harus konsisten dengan jadwal anak. "Jadi kegiatan saya di rumah yang menyesuaikan jadwal anak kalau hari sekolah seperti biasa. Saya buatkan jadwal agar bisa dijalankan," tambahnya.

Jeany mengaku jika dalam keluarganya dia cenderung merasa lebih aman kalau punya rutinitas harian yang jelas. Berdayakan anak yang lebih besar untuk ikutan membantu adiknya.

Demikian juga yang dialami oleh Dian Eka Putri yang dihubungi Tempo.co. Sedari awal dia telah berpikir harus melakukan apa saja.

"Buat saya anak belajar di rumah tuh beda sama di sekolah. Rumah bukan sekolah, saya bukan guru. Jadi saya nggak membuat suasana seolah-olah ini seperti sekolah dan saat dia belajar saya di depan dia ngajari. Nggak begitu," kata pegawai negeri sipil di salah satu instansi pemerintah di Semarang ini.

Ibu dua anak juga membagikan tips agar kondisi ini tak menyulitkan anak dan orang tua. Pertama, dia menjelaskan ke anak bagaimana keadaannya, mulai dari alasan mengapa sekolah di rumah karena kebijakan sekolah terkait wabah corona, kemudian akan dikasih tugas dan target mingguan.

"Saya bikin kesepakatan jadwal harian per minggu pakai tabel, tugas hari ini apa saja. Nah selama sehari-hari belajar sendiri sebisanya yang nggak ngerti boleh dilewat atau boleh mengira-ngira dulu," sambung dia.

Kedua, setiap 2 atau 3 hari, Dian akan melakukan evaluasi pekerjaan hariannya. Meskipun isinya salah-salah tapi menurutnya cara itu lebih simpel daripada setiap tidak bisa langsung bertanya. Kemudian saat proses evaluasi Dian akan kasih tahu mana yang benar, mana yang salah.

"Saya kasih tahu yang benar, lalu kalau ada yang bikin bingung saya jelasin. Kalau ada materi yang dia sudah bisa aku lewati. Jadi bagaimana pengerjaan dan kapan dikerjakan itu terserah anak, yang penting pas saya evaluasi, dia bisa tunjukkan," ujar Dian.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)