Misteri di Lagu The Beatles Ini Terungkap Pakai Matematika

Senin 13 Agustus 2018, 04:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lagu A Hard Day's Night dari The Beatles punya akord pembuka paling terkenal, tapi siapa sangka lagu ini punya misteri yang ternyata bisa diungkap dengan matematika. Para penggemar musik rock ‘n roll pasti langsung lagu ini sejak menit awal dan seketika mulut pun ikut bernyanyi, "It’s been a hard day’s night..."

Akord pembuka lagu tersebut memang sangat terkenal. Namun tidak seorang pun tahu kunci gitar apa yang dimainkan Harrison saat itu di dua detik awal. Musikus memiliki teori mereka sendiri, tapi tidak persis sama dengan yang (mungkin) dimainkan Harrison. Hingga akhirnya Jason Brown, matematikawan dari Dalhousie University di Nova Scotia, Kanada, mengungkap misteri tersebut.

Brown mulai bermain gitar sejak mendengar rekaman The Beatles. "Yang sebetulnya saya belajar akord-akord musik mereka untuk kelas piano saya saat berumur 12 tahun," kata dia seraya tertawa ringan, seperti dikutip dari laman kampusnya, beberapa waktu lalu. "Dan rasanya tidak mungkin akord awal lagu A Hard Day’s Night bisa sangat sulit ditemukan."

Dia terinspirasi mengulik akord A Hard Day’s Night saat membaca liputan tentang perayaan ke-40 lagu yang juga titel album ketiga The Beatles ini. "Banyak orang membicarakan misterinya," ujarnya. Brown pun memutuskan untuk mencoba apakah bisa memecahkan teka-teki lagu itu.

Ia mulai dari keahliannya: matematika. Brown mencoba menerapkan transformasi Fourier, model matematis yang biasa digunakan untuk menghitung proses perpindahan suara. Model ini menganalisis frekuensi bunyi masuk dan keluar untuk mengetahui karakteristik fisik tertentu dari suatu sinyal. Model tersebut ditemukan Jean Baptiste Joseph Fourier (21 Maret 1768-16 Mei 1830), fisikawan sekaligus matematikawan asal Prancis.

Menurut Brown, transformasi Fourier memungkinkan untuk mengubah suara menjadi sebuah frekuensi. Dari data tersebut kemudian bisa diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara melalui analisis perangkat lunak komputer.

Brown memang menemukan nada dasar akord pembuka lagu ini: F. Namun, setelah dianalisis lebih lanjut, frekuensi tersebut tidak sama dengan yang keluar dari alat musik para personel The Beatles, baik itu gitar John Lennon, bas Paul McCartney, Ringo Starr, maupun George Harrison. "Jadi, siapa yang memainkan dua detik pembuka itu?" kata Brown.

Brown menyimpulkan bahwa George Martin, produser The Beatles yang juga kerap menjadi additional player, memainkan gitar lain. Teori yang diungkapnya ini sama sekali berbeda dengan literatur mana pun tentang lagu tersebut, yang juga merupakan salah satu alasan mengapa temuannya menjadi perhatian dunia. Bahkan dia mungkin satu-satunya matematikawan yang karyanya pernah dipublikasikan dalam majalah Guitar Player.

Tak bisa dimungkiri lagi, tahun 1964 merupakan tahun tersibuk bagi The Beatles. Mereka melakukan rekaman siang-malam, manggung, dan syuting film. Kabarnya, album A Hard Day’s Night pun direkam hanya dalam satu hari.

Sebelum meninggal, Harrison pernah ditanya sekelompok fan The Beatles tentang akord pembuka lagu itu. Sayangnya, gitaris penggemar tim sepak bola Everton ini hanya samar-samar mengingatnya, apalagi anggota The Beatles lain juga bersama-sama memainkan lagu tersebut. Dia sedikit ingat bahwa Martin memang membantu memainkan alat musik lain saat rekaman lagu itu.

"Saya pikir sulit bagi mereka untuk mengingat dengan tepat apa yang dimainkan, mereka ingat gambar besar, tapi tidak semua detailnya," kata Matt Blackett, seperti dikutip dari laman The Wall Street Journal.

Memang, musik adalah matematika yang paling sempurna, setidaknya bagi Brown. Musik dan matematika menggunakan otak dengan cara yang sama. Musik terbaik adalah analisis dan pola matematis yang tercipta secara estetis.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).