Dari Sukabumi Pindah ke Bogor, Kisah Mie Glosor (Leor) yang Laris Saat Ramadan

Senin 11 April 2022, 15:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mie Leor atau Glosor sebagai makanan khas ramadan disebut berasal dari Sukabumi Jawa Barat. Namun mie kuning bening yang biasanya disantap dengan sambal kacang pedas ini, jadi kuliner yang dipopulerkan secara masif di Bogor, bahkan ada festivalnya.

Kuliner ini terbuat dari bahan baku tepung aci atau tepung singkong. Mie ini sangat licin dan kenyal, beda dari mie berbahan baku lain yang biasanya punya tekstur kesat. Ciri lainnya adalah kunyit sebagai pewarna, yang membuat tampilannya menarik dan menggugah selera. 

Karena memiliki tekstur yang licin serta saat proses makan pun tanpa perlu anda kunyah, langsung glosor ke tenggorokan. Mungkin ini yang menjadi awal penamaan mie tradisional ini, karena glosor dalam Bahasa Sunda berarti ngegelosor atau meluncur turun. 

Hanya sedikit literasi yang mengungkap asal muasal mie leor atau glosor ini, terutama soal keberadaannya di Sukabumi. Kebanyakan hanya kisah seorang warga Kota Sukabumi yang pindah ke Bogor

Sekitar tahun 1966, seorang pembuat mie glosor pindah dari kota Sukabumi ke daerah Pancasan Bogor. Seiring waktu, pada tahun 1970, mie ini mulai produksi oleh warga Bogor

Mengutip artikel harapanrakyat.com. Awalnya, mie glosor yang disebut khas Bogor terbuat dari bahan baku sagu aren. Sagu aren yang disuplai dari berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti Bandung, Garut, Banten, hingga Cianjur.

Baca Juga :

Keberadaannya di kota hujan (Bogor) menguntungkan kuliner ini dari sisi bisnis, karena jarak yang dekat dengan Jakarta, mie glosor cepat populer dan laris di pasaran. Untuk melestarikannya, Pemkot Bogor menyelenggarakan Festival Mie Glosor dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-534 pada tahun 2021 lalu.

Walaupun diproduksi setiap saat, Ramadan memberikan berkah bagi para pengrajin atau produsen mie glosor. Pemkot Bogor pernah mencatat bahwa permintaan pasar khusus bulan Ramadhan bisa mencapai 20 hingga 40 ton mie glosor

Penjual mie glosor memang sangat mudah ditemui saat ramadan. Di pinggir jalan atau pasar-pasar takjil. Mie glosor juga sangat mudah untuk dimasak dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, berikut ini adalah salah satu resep mie glosor dari cookpad.com yang bisa kita coba:

Bahan-bahan diperlukan:

- 1/2 kg mie aci

- 3 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 1/2 sdt merica

- bungkus penyedap rasa (masako)

- 2 butir kemiri

- garam dan air secukupnya

- kol, daun bawang dan sawi secukupnya

Langkah-langkah:

1. Cuci bersih mie aci di air mengalir sisihkan

2. Bawang putih, bawang merah, kemiri, merica diulek halus lalu tumis sampai harum masukan garam, masako tambahkan air

3. Masukan sayuran ke dalam tumisan bumbu, diamkan sebentar

4. Terakhir masukan mie aci aduk rata, koreksi rasa, aduk aduk terus sampai mie aci matang

5. Sajikan dengan sambal kacang atau sambal rawit

KONTRIBUTOR MAGANG: HANNI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram