Dari Sukabumi Pindah ke Bogor, Kisah Mie Glosor (Leor) yang Laris Saat Ramadan

Senin 11 April 2022, 15:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mie Leor atau Glosor sebagai makanan khas ramadan disebut berasal dari Sukabumi Jawa Barat. Namun mie kuning bening yang biasanya disantap dengan sambal kacang pedas ini, jadi kuliner yang dipopulerkan secara masif di Bogor, bahkan ada festivalnya.

Kuliner ini terbuat dari bahan baku tepung aci atau tepung singkong. Mie ini sangat licin dan kenyal, beda dari mie berbahan baku lain yang biasanya punya tekstur kesat. Ciri lainnya adalah kunyit sebagai pewarna, yang membuat tampilannya menarik dan menggugah selera. 

Karena memiliki tekstur yang licin serta saat proses makan pun tanpa perlu anda kunyah, langsung glosor ke tenggorokan. Mungkin ini yang menjadi awal penamaan mie tradisional ini, karena glosor dalam Bahasa Sunda berarti ngegelosor atau meluncur turun. 

Hanya sedikit literasi yang mengungkap asal muasal mie leor atau glosor ini, terutama soal keberadaannya di Sukabumi. Kebanyakan hanya kisah seorang warga Kota Sukabumi yang pindah ke Bogor

Sekitar tahun 1966, seorang pembuat mie glosor pindah dari kota Sukabumi ke daerah Pancasan Bogor. Seiring waktu, pada tahun 1970, mie ini mulai produksi oleh warga Bogor

Mengutip artikel harapanrakyat.com. Awalnya, mie glosor yang disebut khas Bogor terbuat dari bahan baku sagu aren. Sagu aren yang disuplai dari berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti Bandung, Garut, Banten, hingga Cianjur.

Baca Juga :

Keberadaannya di kota hujan (Bogor) menguntungkan kuliner ini dari sisi bisnis, karena jarak yang dekat dengan Jakarta, mie glosor cepat populer dan laris di pasaran. Untuk melestarikannya, Pemkot Bogor menyelenggarakan Festival Mie Glosor dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-534 pada tahun 2021 lalu.

Walaupun diproduksi setiap saat, Ramadan memberikan berkah bagi para pengrajin atau produsen mie glosor. Pemkot Bogor pernah mencatat bahwa permintaan pasar khusus bulan Ramadhan bisa mencapai 20 hingga 40 ton mie glosor

Penjual mie glosor memang sangat mudah ditemui saat ramadan. Di pinggir jalan atau pasar-pasar takjil. Mie glosor juga sangat mudah untuk dimasak dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, berikut ini adalah salah satu resep mie glosor dari cookpad.com yang bisa kita coba:

Bahan-bahan diperlukan:

- 1/2 kg mie aci

- 3 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 1/2 sdt merica

- bungkus penyedap rasa (masako)

- 2 butir kemiri

- garam dan air secukupnya

- kol, daun bawang dan sawi secukupnya

Langkah-langkah:

1. Cuci bersih mie aci di air mengalir sisihkan

2. Bawang putih, bawang merah, kemiri, merica diulek halus lalu tumis sampai harum masukan garam, masako tambahkan air

3. Masukan sayuran ke dalam tumisan bumbu, diamkan sebentar

4. Terakhir masukan mie aci aduk rata, koreksi rasa, aduk aduk terus sampai mie aci matang

5. Sajikan dengan sambal kacang atau sambal rawit

KONTRIBUTOR MAGANG: HANNI

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)