Tiga Event di Kabupaten Sukabumi Dalam WJCOE 2022, Apa Saja dan Catat Waktunya!

Selasa 15 Februari 2022, 18:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat hari ini resmi meliris 50 event wisata, budaya, ekonomi kreatif tahun 2022. Dalam West Java Calendar Of Event 2022 atau WJCOE 2022, ada tiga acara yang berlangsung di Kabupaten Sukabumi, yaitu Seren Taun Ciptagelar, Hari Nelayan Palabuhanratu dan Trail Adventure Kalibunder.

West Java Calendar of Event 2022 (WJCOE 2022) resmi dirilis secara hibrid hari ini, Selasa (15/02/2022) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Hotel Pullman Grand Central, Bandung. Launching kalender event ini juga diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang hadir melalui rekaman video.

"Jabar punya potensi ekraf tertinggi di Indonesia. Pemerintah memberikan apresiasi atas inisiasi Pemprov Jabar dengan 50 event yang sudah dikurasi dengan baik. Dengan semangat kolaborasi mari kembali bangkitkan Indonesia melalui dunia pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif," jelas Sandi dalam sambutannya.

Ridwan Kamil kemudian menyampaikan acara wisata, budaya dan ekonomi kreatif di Jawa Barat tahun 2022 ini tetap akan bergulir dengan protokol kesehatan, mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung. "Pariwisata adalah bisnis kebahagian, dengan berbagai cara orang mencari kebahagian salah satunya berwisata," ungkap Ridwan Kamil.

WJCOE 2022 dihadirkan untuk mendorong, mengembalikan gairah, dan keberlangsungan industri kreatif di Jawa Barat, khususnya sektor event.  Sebuah strategi promosi event unggulan yang akan berlangsung sepanjang tahun ini di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. 

Dalam rilisnya, event event ini dipilih oleh tim independen, Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat melalui kurasi pada sejumlah rancangan event terbaik. Seluruh event yang dikurasi tentunya harus mengedepankan aspek Creative Value, CEO Commitment, dan Commercial Value atau biasa disebut 3C. 

Baca Juga :

"Bukan hanya event bertajuk seni budaya, event populer lain seperti olahraga, kuliner, otomotif, fesyen, MICE, dan lain sebagainya masuk dalam kurasi tahun ini," jelas Kadis Pariwisata Jabar Beni Bahtiar pada acara tersebut yang tayangkan langsung di sejumlah akun media sosial Smiling Jabar.

Dari sekian banyak rencana event yang akan digelar di tahun ini, 50 event terkurasi akan dirilis pada acara WJCOE 2022. 50 event tersebut terbagi 10 Kharisma Event Nusantara, 10  Smiling West Java Event, 30 West Java Rising Event.

Seren Taun Ciptagelar di Cisolok Kabupaten Sukabumi masuk dalam daftar 10 Kharisma Event Nusantara. Kemudian Hari Nelayan Palabuhanratu ada dalam daftar 10  Smiling West Java Event bersama Sukabumi Tourism Festival di Kota Sukabumi.  Ajang gaspol Trail Adventure Kalibunder Kabupaten Sukabumi melengkapi daftar 30 West Java Rising Event.

Atas nama Bupati dan Wakil Bupati, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkolaborasi dengan konsisten hingga akhirnya tiga event tersebut berada dalam daftar WJCOE 2022.

"Alhamdulilah dengan dilauncingnya WJCOE 2022, ada 3 event di Kabupaten Sukabumi yang masuk dalam COE tersebut. Mudah-mudahan promosi dan informasinya lebih kuat sehingga ketiga event tersebut bisa memberikan dampak ekonomi dan sosial dan budaya yang luas kepada warga Kabupaten Sukabumi," ungkapnya

Sigit menjelaskan bahwa ketiga event tersebut akan berlangsung sesuai rencana penyelenggara. Seren taun di Ciptagelar Cisolok rencananya akhir Agustus hingga awal September. Trail adventure Kalibunder pada November.

"Terdekat itu hari Nelayan Palabuhanratu yang akan berlangsung pada bulan Mei 2022. Mari kita dukung wisata, event, budaya dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi terus berkembang," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan19 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo dan Cara Penggunaannya

Menggunakan bahan-bahan alami secara teratur dapat membantu mengurangi dan menghilangkan komedo.
Ilustrasi -  Komedo dapat muncul di berbagai area wajah, seperti hidung, dahi, dan dagu. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi19 Mei 2024, 15:00 WIB

Loker S1 Tekpang di Perusahaan Makanan, Jobseeker Ayo Daftar!

Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Admin PDN ini dibuka hingga 1 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Admin PDN ini dibuka hingga 1 Juli 2024 mendatang. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 14:38 WIB

PKS Resmi Usung Achmad Fahmi Jadi Bacalon Wali Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024

DPD PKS Kota Sukabumi deklarasikan Achmad Fahmi jadi bacalon Wali Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024. Siapkan dua nama untuk jadi pendamping.
DPD PKS Kota Sukabumi resmi mendeklarasikan Achmad Fahmi sebagai Bacalon Wali Kota Sukabumi untuk kontestasi Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 14:00 WIB

13 Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi Asam Urat Secara Alami

Meskipun metode alami dapat membantu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat untuk meredakan nyeri sendi asam urat. Pengobatan medis mungkin diperlukan untuk mengontrol kadar asam urat & mencegah komplikasi.
Ilustrasi. Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi Asam Urat Secara Alami (Sumber : Freepik/@krakenimages.com)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 13:29 WIB

Bangun Ekonomi Masyarakat, Ayep Zaki Luncurkan Dana Abadi Bagi Komunitas RW di Kota Sukabumi

Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyerahkan dana abadi untuk komunitas RW 11 di Gunung Puyuh.
Ayep Zaki saat membagikan dana abadi untuk komunitas RW 11 di Gunung Puyuh Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 13:15 WIB

Spot Mancing di Jembatan Cikaso Sukabumi, Mengincar Ikan Sidat 9 Kilogram

Warga jadikan Jembatan Cikaso Sukabumi jadi spot mancing ikan sidat.
Ade saat berburu sidat (Lubang) di atas Jembatan Cikaso Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Sukabumi19 Mei 2024, 13:15 WIB

Distan Sukabumi Sosialisasikan Rencana Reklasifikasi Usaha Perkebunan Besar 2024

Dinas Pertanian menginformasikan secara masif agenda reklasifikasi kepada seluruh pengelola perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi agar memiliki pemahaman yang sama.
Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap saat membuka acara sosialisasi reklasifikasi pengelolaan usaha perkebunan besar tahun 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)
Fashion19 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Tips Fashion Menutup Aurat untuk Anak Sejak Dini, Tetap Stylish Bund!

Inilah Sederet Tips Fashion Menutup Aurat untuk Anak Sejak Dini, Tetap Stylish dan Modis Loh Bund!
Ilustrasi. Tips Fashion Menutup Aurat untuk Anak Sejak Dini, Tetap Stylish Bund! (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Sehat19 Mei 2024, 12:00 WIB

Diabetes Tipe 1 Bisa Menyerang Anak! Simak Gejala, Penyebab dan Komplikasinya

Diabetes tidak hanya menyerang kalangan dewasa saja, namun ternyata anak-anak juga bisa mengidap penyakit mematikan ini.
Ilustrasi. Diabetes tipe 1 pada anak. Sumber: Pexels.com/@Pavel Danilyuk
Sukabumi19 Mei 2024, 11:41 WIB

Upaya PUPR Minimalisir Risiko Longsor Susulan di Parungkuda Sukabumi

Berikut upaya Kementerian PUPR dalam meminimalisir risiko longsor susulan di tebing yang berada di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Kementerian PUPR tangani tebing longsor di Parungkuda Sukabumi yang terjadi pada 1 April 2024 lalu. (Sumber : Istimewa)