Ragam Kuliner Olahan Laut Khas Pesisir Selatan Sukabumi, Pilih Mau yang Mana?

Minggu 08 September 2019, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan pantai di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi memang tak diragukan lagi. Setiap hari, wisatawan berondong-bondong datang demi menikmati eksotisnya pantai-pantai tersebut. 

Tapi tak hanya keindahan pantainya saja, kekayaan hasil laut khususnya ikan juga begitu melimpah. Maka tak heran, banyak ragam kuliner olahan laut khas di daerah pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi itu.

Tunggu apalagi, yuk simak rekomendasi olahan ikan yang wajib dicoba dan dijadikan oleh-oleh.

Sop Ikan Marlin

Ikan marlin atau jangilus selama ini lebih banyak disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes. Padahal ada olahan lain yang lebih sedap yaitu sop ikan marlin.

Sebelum menikmatinya, berikut ini adalah cara memasaknya. Ikan Marlin yang dan sudah dipotong-potong sesuai selera dicuci bersih kemudian direbus setelahnya diberi bumbu, goreng bawang putih, merah, irisan bawang daun, seledri dan penyedap rasa. 

Dengan cara memasak yang benar dan bumbu alami, daging ikan marlin yang berwarna putih dengan tekstur lembut ini tidak berbau amis saat dimakan dan rasanya dijamin sedap. Apalagi sop ikan marlin disajikan dalam kondisi masih hangat. 

Ikan Layur Bakar Sambal Cobek 

Ikan layur merupakan salah satu ikan unggulan hasil tangkapan nelayan Palabuhanratu. Dimasak dengan cara apapun rasanya tetap enak. Tapi kalau ingin sajian yang lebih menggugah selera bisa dicoba resep khas nelayan Palabuhanratu, yaitu ikan layur bakar dengan sambal hijau. Menu ini akrab disebut ikan layur bakar sambal cobek.

Tak sulit mengolah ikan layur bakar. Caranya, ikan layur segar dibersihkan terlebih dahulu, yang terpenting isi perut dan insangnya dibuang. Setelah itu dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong sekira 3 sampai 5 cm atau sesuai selera.

Bumbunya, minyak goreng dicampur bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Kemudian ikan layur yang sudah bersih siap dibakar di atas bara api sambil diolesi bumbu bakar tadi. Adapun proses memanggangnya itu tergantung selera, mau sampai benar-benar masak atau setengah matang. Kemudian sampai ke bagian terpenting yaitu sambal hijau. Ikan layur sambal cobek pun siap disantap.

Tumis Rumput Laut

Rumput laut selama ini dikenal sebagai bahan utama agar-agar, tapi ternyata bisa dimasak dengan cara ditumis. Masyarakat di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi diantaranya Kecamatan Ciracap, menyajikan rumput laut seperti sayuran pada umumnya.

Rumput laut yang akan dimasak harus segar, adapun cara memasaknya seperti menumis sayuran. Cuma bedanya rumput laut harus direndam dulu selama 30 menit dalam air agar benar benar bersih dari pasir dan menghilang kadar garam. 

Rumput laut yang sudah bersih kemudian dipotong-potong. Persiapkan juga cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan penyadap rasa. Menumis rumput laut cukup lima menit saja. Tumis rumput laut tersebut akan lebih nikmat saat disajikan hangat-hangat.

Siomay Ikan

Selain batagor, siomay juga jadi primadona dan banyak diburu penggemar kuliner di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal. Bumbunya saus kacang dan semakin sedap dengan perasan jeruk limau. 

Ingin siomay istimewa, bisa dicoba siomay ikan salem. Bumbunya seperti siomay biasa dan dilengkapi kol, pare, telur, kentang, dan tahu putih. Yang membuatnya beda adalah siomay yang berbahan dasar ikan salem.

Dendeng Ikan Layur

Wisatawan yang berlibur ke kawasan objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak lengkap apabila pulang tanpa membawa oleh-oleh. Apabila memilih produk kuliner sebagai oleh-oleh, mungkin dendeng ikan layur ini  bisa jadi pilihan.  

Dendeng yang satu ini diproduksi warga Kampung Badak putih, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu. Dendeng ikan layur ini dibuat secara khusus, proses pembuatannya memakai bumbu yang terdiri dari rempah-rempah alami tanpa bahan pengawet.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa