8 Wisata Sungai di Bantul, Cocok Jadi Tempat Basah-basahan di Akhir Tahun

Rabu 06 Desember 2023, 22:00 WIB
Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir tahun sudah di depan mata, karena itu sebaiknya mulai rencanakan liburanmu dari sekarang. Jika masih belum punya ide akhir tahun nanti mau kemana, mungkin delapan wisata sungai di Bantul ini bisa jadi rekomendasi.

Bermain air di alam bebas bersama keluarga bisa menjadi pengalaman menyenangkan saat mengisi momen liburan. Apalagi bagi anak-anak ini akan menjadi momen tak terlupakan bagi mereka.

Nah, penasaran destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat ke Bantul? Berikut delapan wisata sungai yang perlu disambangi di Kabupaten Bantul untuk menghabiskan cuti yang dirangkum Suarajogja.id.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

1. Wisata Kano Srigading

Berwisata sambil menggunakan kano di Kelurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul bisa jadi pilihan baik. Destinasi wisata Bantul yang dikelola oleh Kelompok Desa Wisata Banyu Aji ini sudah beroperasi sejak Agustus 2023 lalu.

Masyarakat cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk menyewa kano. Masing-masing pengunjung diberi waktu selama 20 menit untuk bermain kano lengkap dengan peralatan keamanannya.

2. Selopamioro Adventure Park

Wahana bermain air sungai di Selopamioro memang cukup banyak. Selopamioro Adventure Park menjadi salah satu destinasi yang bisa disasar para wisatawan.

Baca Juga: Turun dari Kereta Cepat Bisa Langsung Healing, Ini 5 Wisata Dekat Stasiun Padalarang

Beberapa wahana yang ditawarkan antara lain rafting Sungai Oya. Masyarakat bisa menggunakan perahu karet yang nantinya memilih untuk menyusuri aliran sungai mulai dari short, medium hingga long.

3. Ngepohsari

Destinasi wisata di Ngepohsari yang berada di Desa Srikeminut cocok mengajak anak-anak untuk menghabiskan waktu libur. Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan air termasuk juga wahana sepeda air yang tersedia di pinggir sungai.

Tak hanya itu, perahu untuk menantang adrenalin dan menggerakkan otot bahu bisa dimanfaatkan. Sembari berlibur, mengolah raga untuk tetap sehat bisa didapatkan dalam satu waktu di destinasi ini.

4. Wisata Watu Kapal

Lokasi ini sempat ramai diperbincangkan menyusul dengan viralnya film KKN di Desa Penari. Wisata Watu Kapal atau Batu Kapal banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam sehari.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Garut, Ada yang Menghadap Langsung Gunung Cikuray

Terletak di Padukuhan Klenggotan RT 1, Kelurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, wisata ini bisa jadi pilihan alternatif saat menikmati wahana air.

Wisata yang dibangun oleh warga ini termasuk destinasi wisata murah. Pengunjung hanya membayar uang parkir untuk bisa turun ke bebatuan yang mirip kapal.

5. Wunut, Sriharjo

Wisata ciblon, atau wisata yang memanjakan pelancong bermain air di pinggiran sungai bisa dinikmati di sepanjang aliran Sungai Oyo, Wunut, Sriharjo.

Aliran air sungai yang tenang dan dangkal tak perlu membuat khawatir orang tua yang mengajak anaknya berlibur di lokasi ini.

Selain jadi tempat singgah untuk bermain air, tak jarang lokasi ini digunakan beberapa pemburu foto untuk mengoleksi foto landscape yang kadang dijual bahkan dipamerkan di akun Instagram mereka.

Baca Juga: Cuma 1 Jam dari Bandung! Camping Nyaman Cuma Rp 20 Ribuan, Yuk Cek!

6. Pasar Kebon Empring

Berada di pinggir aliran Sungai Gawe, Dusun Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, Pasar Kebon Empring memang bukan wisata full air. Menawarkan 60 persen jajanan dan kuliner, sisanya Anda bisa menyantap makanan pesanan Anda di atas aliran sungai yang dangkal.

Terdapat sejumlah meja kursi yang sengaja diletakkan di tengah sungai. Jika berniat bermain air pun tak dilarang, asal membawa baju ganti ketika puas bermain air.

7. Air Terjun Banyunibo

Masih berkaitan dengan aliran sungai yang berhilir di air terjun, Bantul ternyata menyimpan sejumlah wisata sungai hilir yang tercipta berbagai macam air terjun.

Air Terjun Banyunibo salah satunya, terletak di Dusun Krobokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul air terjun ini cukup dekat dengan Desa Batik Kayu Krebet.

Baca Juga: 8 Tempat Glamping di Bandung, Cocok Jadi Tempat Penghilang Stres

8. Air Terjun Kedung Tolok

Destinasi wisata air yang cukup mendapat perhatian lainnya adalah Air Terjun Kedung Tolok. Berada di Pedukuhan Godean RT 6, Siluk 1, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri wisata ini banyak menjadi alternatif keluarga dan pekerja yang penat dengan tekanan kantor mereka.

Berlibur di tempat ini bisa dibilang murah. Bahkan objek wisata yang dibangun oleh warga Godean RT 6 ini belum memasang tarif besar untuk wisatawan yang datang.

Sumber: Suarajogja.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)