8 Wisata Sungai di Bantul, Cocok Jadi Tempat Basah-basahan di Akhir Tahun

Rabu 06 Desember 2023, 22:00 WIB
Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir tahun sudah di depan mata, karena itu sebaiknya mulai rencanakan liburanmu dari sekarang. Jika masih belum punya ide akhir tahun nanti mau kemana, mungkin delapan wisata sungai di Bantul ini bisa jadi rekomendasi.

Bermain air di alam bebas bersama keluarga bisa menjadi pengalaman menyenangkan saat mengisi momen liburan. Apalagi bagi anak-anak ini akan menjadi momen tak terlupakan bagi mereka.

Nah, penasaran destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat ke Bantul? Berikut delapan wisata sungai yang perlu disambangi di Kabupaten Bantul untuk menghabiskan cuti yang dirangkum Suarajogja.id.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

1. Wisata Kano Srigading

Berwisata sambil menggunakan kano di Kelurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul bisa jadi pilihan baik. Destinasi wisata Bantul yang dikelola oleh Kelompok Desa Wisata Banyu Aji ini sudah beroperasi sejak Agustus 2023 lalu.

Masyarakat cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk menyewa kano. Masing-masing pengunjung diberi waktu selama 20 menit untuk bermain kano lengkap dengan peralatan keamanannya.

2. Selopamioro Adventure Park

Wahana bermain air sungai di Selopamioro memang cukup banyak. Selopamioro Adventure Park menjadi salah satu destinasi yang bisa disasar para wisatawan.

Baca Juga: Turun dari Kereta Cepat Bisa Langsung Healing, Ini 5 Wisata Dekat Stasiun Padalarang

Beberapa wahana yang ditawarkan antara lain rafting Sungai Oya. Masyarakat bisa menggunakan perahu karet yang nantinya memilih untuk menyusuri aliran sungai mulai dari short, medium hingga long.

3. Ngepohsari

Destinasi wisata di Ngepohsari yang berada di Desa Srikeminut cocok mengajak anak-anak untuk menghabiskan waktu libur. Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan air termasuk juga wahana sepeda air yang tersedia di pinggir sungai.

Tak hanya itu, perahu untuk menantang adrenalin dan menggerakkan otot bahu bisa dimanfaatkan. Sembari berlibur, mengolah raga untuk tetap sehat bisa didapatkan dalam satu waktu di destinasi ini.

4. Wisata Watu Kapal

Lokasi ini sempat ramai diperbincangkan menyusul dengan viralnya film KKN di Desa Penari. Wisata Watu Kapal atau Batu Kapal banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam sehari.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Garut, Ada yang Menghadap Langsung Gunung Cikuray

Terletak di Padukuhan Klenggotan RT 1, Kelurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, wisata ini bisa jadi pilihan alternatif saat menikmati wahana air.

Wisata yang dibangun oleh warga ini termasuk destinasi wisata murah. Pengunjung hanya membayar uang parkir untuk bisa turun ke bebatuan yang mirip kapal.

5. Wunut, Sriharjo

Wisata ciblon, atau wisata yang memanjakan pelancong bermain air di pinggiran sungai bisa dinikmati di sepanjang aliran Sungai Oyo, Wunut, Sriharjo.

Aliran air sungai yang tenang dan dangkal tak perlu membuat khawatir orang tua yang mengajak anaknya berlibur di lokasi ini.

Selain jadi tempat singgah untuk bermain air, tak jarang lokasi ini digunakan beberapa pemburu foto untuk mengoleksi foto landscape yang kadang dijual bahkan dipamerkan di akun Instagram mereka.

Baca Juga: Cuma 1 Jam dari Bandung! Camping Nyaman Cuma Rp 20 Ribuan, Yuk Cek!

6. Pasar Kebon Empring

Berada di pinggir aliran Sungai Gawe, Dusun Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, Pasar Kebon Empring memang bukan wisata full air. Menawarkan 60 persen jajanan dan kuliner, sisanya Anda bisa menyantap makanan pesanan Anda di atas aliran sungai yang dangkal.

Terdapat sejumlah meja kursi yang sengaja diletakkan di tengah sungai. Jika berniat bermain air pun tak dilarang, asal membawa baju ganti ketika puas bermain air.

7. Air Terjun Banyunibo

Masih berkaitan dengan aliran sungai yang berhilir di air terjun, Bantul ternyata menyimpan sejumlah wisata sungai hilir yang tercipta berbagai macam air terjun.

Air Terjun Banyunibo salah satunya, terletak di Dusun Krobokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul air terjun ini cukup dekat dengan Desa Batik Kayu Krebet.

Baca Juga: 8 Tempat Glamping di Bandung, Cocok Jadi Tempat Penghilang Stres

8. Air Terjun Kedung Tolok

Destinasi wisata air yang cukup mendapat perhatian lainnya adalah Air Terjun Kedung Tolok. Berada di Pedukuhan Godean RT 6, Siluk 1, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri wisata ini banyak menjadi alternatif keluarga dan pekerja yang penat dengan tekanan kantor mereka.

Berlibur di tempat ini bisa dibilang murah. Bahkan objek wisata yang dibangun oleh warga Godean RT 6 ini belum memasang tarif besar untuk wisatawan yang datang.

Sumber: Suarajogja.id

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)