8 Wisata Sungai di Bantul, Cocok Jadi Tempat Basah-basahan di Akhir Tahun

Rabu 06 Desember 2023, 22:00 WIB
Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

Wisata sungai di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan akhir tahun nanti (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir tahun sudah di depan mata, karena itu sebaiknya mulai rencanakan liburanmu dari sekarang. Jika masih belum punya ide akhir tahun nanti mau kemana, mungkin delapan wisata sungai di Bantul ini bisa jadi rekomendasi.

Bermain air di alam bebas bersama keluarga bisa menjadi pengalaman menyenangkan saat mengisi momen liburan. Apalagi bagi anak-anak ini akan menjadi momen tak terlupakan bagi mereka.

Nah, penasaran destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat ke Bantul? Berikut delapan wisata sungai yang perlu disambangi di Kabupaten Bantul untuk menghabiskan cuti yang dirangkum Suarajogja.id.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

1. Wisata Kano Srigading

Berwisata sambil menggunakan kano di Kelurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul bisa jadi pilihan baik. Destinasi wisata Bantul yang dikelola oleh Kelompok Desa Wisata Banyu Aji ini sudah beroperasi sejak Agustus 2023 lalu.

Masyarakat cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk menyewa kano. Masing-masing pengunjung diberi waktu selama 20 menit untuk bermain kano lengkap dengan peralatan keamanannya.

2. Selopamioro Adventure Park

Wahana bermain air sungai di Selopamioro memang cukup banyak. Selopamioro Adventure Park menjadi salah satu destinasi yang bisa disasar para wisatawan.

Baca Juga: Turun dari Kereta Cepat Bisa Langsung Healing, Ini 5 Wisata Dekat Stasiun Padalarang

Beberapa wahana yang ditawarkan antara lain rafting Sungai Oya. Masyarakat bisa menggunakan perahu karet yang nantinya memilih untuk menyusuri aliran sungai mulai dari short, medium hingga long.

3. Ngepohsari

Destinasi wisata di Ngepohsari yang berada di Desa Srikeminut cocok mengajak anak-anak untuk menghabiskan waktu libur. Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan air termasuk juga wahana sepeda air yang tersedia di pinggir sungai.

Tak hanya itu, perahu untuk menantang adrenalin dan menggerakkan otot bahu bisa dimanfaatkan. Sembari berlibur, mengolah raga untuk tetap sehat bisa didapatkan dalam satu waktu di destinasi ini.

4. Wisata Watu Kapal

Lokasi ini sempat ramai diperbincangkan menyusul dengan viralnya film KKN di Desa Penari. Wisata Watu Kapal atau Batu Kapal banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam sehari.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Garut, Ada yang Menghadap Langsung Gunung Cikuray

Terletak di Padukuhan Klenggotan RT 1, Kelurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, wisata ini bisa jadi pilihan alternatif saat menikmati wahana air.

Wisata yang dibangun oleh warga ini termasuk destinasi wisata murah. Pengunjung hanya membayar uang parkir untuk bisa turun ke bebatuan yang mirip kapal.

5. Wunut, Sriharjo

Wisata ciblon, atau wisata yang memanjakan pelancong bermain air di pinggiran sungai bisa dinikmati di sepanjang aliran Sungai Oyo, Wunut, Sriharjo.

Aliran air sungai yang tenang dan dangkal tak perlu membuat khawatir orang tua yang mengajak anaknya berlibur di lokasi ini.

Selain jadi tempat singgah untuk bermain air, tak jarang lokasi ini digunakan beberapa pemburu foto untuk mengoleksi foto landscape yang kadang dijual bahkan dipamerkan di akun Instagram mereka.

Baca Juga: Cuma 1 Jam dari Bandung! Camping Nyaman Cuma Rp 20 Ribuan, Yuk Cek!

6. Pasar Kebon Empring

Berada di pinggir aliran Sungai Gawe, Dusun Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, Pasar Kebon Empring memang bukan wisata full air. Menawarkan 60 persen jajanan dan kuliner, sisanya Anda bisa menyantap makanan pesanan Anda di atas aliran sungai yang dangkal.

Terdapat sejumlah meja kursi yang sengaja diletakkan di tengah sungai. Jika berniat bermain air pun tak dilarang, asal membawa baju ganti ketika puas bermain air.

7. Air Terjun Banyunibo

Masih berkaitan dengan aliran sungai yang berhilir di air terjun, Bantul ternyata menyimpan sejumlah wisata sungai hilir yang tercipta berbagai macam air terjun.

Air Terjun Banyunibo salah satunya, terletak di Dusun Krobokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul air terjun ini cukup dekat dengan Desa Batik Kayu Krebet.

Baca Juga: 8 Tempat Glamping di Bandung, Cocok Jadi Tempat Penghilang Stres

8. Air Terjun Kedung Tolok

Destinasi wisata air yang cukup mendapat perhatian lainnya adalah Air Terjun Kedung Tolok. Berada di Pedukuhan Godean RT 6, Siluk 1, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri wisata ini banyak menjadi alternatif keluarga dan pekerja yang penat dengan tekanan kantor mereka.

Berlibur di tempat ini bisa dibilang murah. Bahkan objek wisata yang dibangun oleh warga Godean RT 6 ini belum memasang tarif besar untuk wisatawan yang datang.

Sumber: Suarajogja.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa