Ceban All In, Jernihnya Leuwi Sorongan Curug Suhu di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Jumat 10 Februari 2023, 13:09 WIB
River tubing di leuwi sorongan curug Suhu, wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi, Jawa Barat (Sumber: dok pengelolah curug suhu)

River tubing di leuwi sorongan curug Suhu, wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi, Jawa Barat (Sumber: dok pengelolah curug suhu)

SUKABUMIUPDATE.com - Kasepuhan Sinar Resmi di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat tak hanya menyimpan pesona budaya. Kampung adat di selatan Sukabumi ini juga punya keindahan jagat yang masih sangat alami, Curug Suhu dan Leuwi Sorangan.

Kedua spot ini berada di Kampus Cilimus Desa Sinar Resmi, berada dibalik rimbunnya hutan kaki gunung halimun. Air sungai Cijangkoran di Curug Suhu dan Leuwi Sorongan masih sangat jernih, belum melintasi pemukiman atau lokasi aktivitas warga lainnya.

Dengan Ketinggian kurang lebih 25 meter, Curug Suhu adalah tempat yang sangat nyaman untuk menikmati kesegaran dan keindahan panorama alam, Di lokasi ini sudah ada jembatan bambu untuk melintasi aliran sungai di bawah air terjun.

Baca Juga: Anji Ikut Ampih Pare Ka Leuit, Seren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Tumpukan bebatuan besar di bawah curug menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk menikmati butiran air terjun. Sekaligus posisi paling diburu untuk berfoto.

Saefudin (24 tahun) salah seorang pemuda desa pengelolah lokasi ini menyebut, wisata alam ini baru dibuka untuk umum 27 Januari 2023 lalu.

“Suhu adalah nama yang diberitakan untuk mengenang perjuangan almarhum Aki Sehu, warga adat yang selama ini menjaga dan merawat lokasi tersebut,” jelasnya kepada sukabumiuupdate.com.

Baca Juga: Jadi Daya Tarik Wisata, DPRD Apresiasi Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Tak jauh dari Curug, masih di aliran sungai Cijangkoran ada spot berenang alami yang tenang, jernih dan aman. Namanya Leuwi Sorongan, pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sungai Cijangkorang sepanjang kurang lebih 70 meter.

“Sorongan adalah ujung dari sungai Cikangkorang yang kemudian bertemu dengan aliran sungai Cibareno Cisolok. Lokasi ini bisa untuk bermain air, berenang atau sekedar papalidan menggunakan rakit bambu yang sudah disediakan,” lanjut Saepudin.

Curug Suhu, air terjun di kaki gunung halimun. Wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Cisolok SukabumiCurug Suhu, air terjun di kaki gunung halimun. Wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Cisolok Sukabumi

Leuwi Sorongan cukup eksotis karena diapit oleh bebatuan karang besar di kanan kirinya. Kedalaman sungai juga masih bersahabat, 50 centimeter hingga kurang dari 2 meter.

Baca Juga: Komentar Anji dan Eddi Brokoli Ikut Debus di Seren Taun Sinar Resmi Sukabumi

“Ini bukan sungai landai, tapi sungai yang diapit bebatuan karang besar dan tinggi. Kalau warga ada sih sering jadi spot loncat ke sungai,” bebernya.

Untuk menuju dua spot ini, waktu tempuh sekitar 15 menit berjalan kaki dari kampung adat Sinar Resmi Cisolok. Melintasi kawasan hutan rindang menuju lembah Curug Suhu dan Leuwi Sorongan.

Kendaraan bisa di parkir di halaman kantor desa. “Tarifnya Rp 10 ribu untuk semua, all in. Parkir dan memakai rakit, atau ban dalam mobil (river tubing) di Leuwi Sorongan,” ungkap Saepudin.

Baca Juga: Hari Angklung Internasional dan Dod-dog Lojor di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Bagi pengunjung yang ingin mendokumentasikan momen di Curug Suhu dan Leuwi Sorongan, pemuda setempat juga menyiapkan jasa fotografer liburan, Rp 30 ribu berbagai pose.

Dua spot wisata ini buka tiap hari kecuali Jumat. “Inikah di kawasan adat jadi harus ikut aturan kasepuhan. Sekaligus untuk memastikan alam di sekitar Curug Suhu dan Leuwi Sorongan tetap asri, jadi tidak dibuka tiap hari,” jelas Saepudin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer