Ceban All In, Jernihnya Leuwi Sorongan Curug Suhu di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Jumat 10 Februari 2023, 13:09 WIB
River tubing di leuwi sorongan curug Suhu, wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi, Jawa Barat (Sumber: dok pengelolah curug suhu)

River tubing di leuwi sorongan curug Suhu, wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi, Jawa Barat (Sumber: dok pengelolah curug suhu)

SUKABUMIUPDATE.com - Kasepuhan Sinar Resmi di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat tak hanya menyimpan pesona budaya. Kampung adat di selatan Sukabumi ini juga punya keindahan jagat yang masih sangat alami, Curug Suhu dan Leuwi Sorangan.

Kedua spot ini berada di Kampus Cilimus Desa Sinar Resmi, berada dibalik rimbunnya hutan kaki gunung halimun. Air sungai Cijangkoran di Curug Suhu dan Leuwi Sorongan masih sangat jernih, belum melintasi pemukiman atau lokasi aktivitas warga lainnya.

Dengan Ketinggian kurang lebih 25 meter, Curug Suhu adalah tempat yang sangat nyaman untuk menikmati kesegaran dan keindahan panorama alam, Di lokasi ini sudah ada jembatan bambu untuk melintasi aliran sungai di bawah air terjun.

Baca Juga: Anji Ikut Ampih Pare Ka Leuit, Seren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Tumpukan bebatuan besar di bawah curug menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk menikmati butiran air terjun. Sekaligus posisi paling diburu untuk berfoto.

Saefudin (24 tahun) salah seorang pemuda desa pengelolah lokasi ini menyebut, wisata alam ini baru dibuka untuk umum 27 Januari 2023 lalu.

“Suhu adalah nama yang diberitakan untuk mengenang perjuangan almarhum Aki Sehu, warga adat yang selama ini menjaga dan merawat lokasi tersebut,” jelasnya kepada sukabumiuupdate.com.

Baca Juga: Jadi Daya Tarik Wisata, DPRD Apresiasi Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Tak jauh dari Curug, masih di aliran sungai Cijangkoran ada spot berenang alami yang tenang, jernih dan aman. Namanya Leuwi Sorongan, pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sungai Cijangkorang sepanjang kurang lebih 70 meter.

“Sorongan adalah ujung dari sungai Cikangkorang yang kemudian bertemu dengan aliran sungai Cibareno Cisolok. Lokasi ini bisa untuk bermain air, berenang atau sekedar papalidan menggunakan rakit bambu yang sudah disediakan,” lanjut Saepudin.

Curug Suhu, air terjun di kaki gunung halimun. Wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Cisolok SukabumiCurug Suhu, air terjun di kaki gunung halimun. Wisata alam di Kasepuhan Sinar Resmi Cisolok Sukabumi

Leuwi Sorongan cukup eksotis karena diapit oleh bebatuan karang besar di kanan kirinya. Kedalaman sungai juga masih bersahabat, 50 centimeter hingga kurang dari 2 meter.

Baca Juga: Komentar Anji dan Eddi Brokoli Ikut Debus di Seren Taun Sinar Resmi Sukabumi

“Ini bukan sungai landai, tapi sungai yang diapit bebatuan karang besar dan tinggi. Kalau warga ada sih sering jadi spot loncat ke sungai,” bebernya.

Untuk menuju dua spot ini, waktu tempuh sekitar 15 menit berjalan kaki dari kampung adat Sinar Resmi Cisolok. Melintasi kawasan hutan rindang menuju lembah Curug Suhu dan Leuwi Sorongan.

Kendaraan bisa di parkir di halaman kantor desa. “Tarifnya Rp 10 ribu untuk semua, all in. Parkir dan memakai rakit, atau ban dalam mobil (river tubing) di Leuwi Sorongan,” ungkap Saepudin.

Baca Juga: Hari Angklung Internasional dan Dod-dog Lojor di Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Bagi pengunjung yang ingin mendokumentasikan momen di Curug Suhu dan Leuwi Sorongan, pemuda setempat juga menyiapkan jasa fotografer liburan, Rp 30 ribu berbagai pose.

Dua spot wisata ini buka tiap hari kecuali Jumat. “Inikah di kawasan adat jadi harus ikut aturan kasepuhan. Sekaligus untuk memastikan alam di sekitar Curug Suhu dan Leuwi Sorongan tetap asri, jadi tidak dibuka tiap hari,” jelas Saepudin.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin