4 Tipe Liburan Masa Kini: Staycation hingga Diving, Kamu yang Mana?

Rabu 28 Desember 2022, 18:15 WIB
Tipe Liburan Masa Kini: Free Diving (Sumber : Freepik)

Tipe Liburan Masa Kini: Free Diving (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tipe liburan masa kini punya sebutan yang cukup beragam.

Berdasarkan jenis kegiatannya, millenial kekinian mengenal banyak sekali istilah liburan mulai dari staycation hingga diving.

Tim sukabumiupdate.com telah merangkum dari berbagai sumber, Tipe Liburan Kamu yang Mana? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

1. Tipe Liburan Staycation

Tipe liburan masa kini yang pertama adalah staycation.

Ya, Staycation termasuk satu diantara 4 istilah liburan yang beken di kalangan millenial. Melansir dari simasinsurtech.com, staycation adalah tipe liburan keluarga yang tidak banyak berpindah tempat.

Artinya, travellers hanya bersantai di hotel dan menikmati suasana yang ada.

Staycation biasanya tidak memerlukan biaya terlalu besar karena hanya merogoh kocek untuk hotel dan makan, tanpa perlu ongkos.

Pasalnya, tipe liburan staycation bisa dilakukan di dalam kota. Hal inilah yang membuat para holiday lovers memilih staycation karena praktis dan tidak memakan waktu banyak.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Hotel di Sukabumi untuk Staycation saat Libur Nataru

2. Tipe Liburan Glamping

Tipe liburan masa kini yang kedua adalah Glamping. Ini Glamping, bukan Camping! Meskipun keduanya hampir sama secara konsep.

Glamping adalah singkatan dari glamour camping, yaitu opsi liburan keluarga yang berusaha menggabungkan pengalaman camping yang nyaman.

Para holiday lovers, tidak perlu repot membawa peralatan camping seperti tenda, alat masak, hingga alat tidur. Tapi tetap membawa uang sewa untuk penyedia layanan.

Fasilitas glamping biasanya sudah tersedia bak layanan hotel di lokasi tertentu, sehingga bisa menikmati suasana alam dengan nyaman.

Baca Juga: Camping Ground Cibuaya, Spot Berkemah dengan Pemandangan Pantai Selatan Sukabumi

3. Tipe Liburan Snorkeling

Tipe liburan masa kini berikutnya adalah Snorkeling.

Mengutip dari education.vic.gov.au, Snorkeling adalah suatu kegiatan dimana seseorang berenang dengan menggunakan masker, snorkel dan alat bantu renang seperti sirip, tetapi tanpa menggunakan alat bantu pernapasan bawah air (SCUBA).

Snorkeling terdiri dari berenang snorkeling dan menyelam snorkeling.

Berenang snorkeling adalah snorkeling di permukaan air sementara menyelam snorkeling termasuk penyelaman tahan napas dan berenang di bawah permukaan.

4. Tipe Liburan Diving

Terakhir, tipe liburan masa kini yang bisa kamu pilih adalah diving.

Sekilas, diving seringkali disamakan dengan snorkeling karena keduanya berhubungan dengan wisata air.

Mengutip dari gramedia.com, diving adalah kegiatan olahraga berupa menyelam dengan waktu yang lama di bawah air dengan peralatan tertentu.

Diving kerap disebut dengan scuba diving, dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai tujuan, mulai dari olahraga, rekreasi untuk menikmati keindahan bawah air, hingga kegiatan penelitian.

Perlu diketahui, hal utama yang dibutuhkan untuk olahraga diving adalah kemampuan berenang dan sertifikat menyelam.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem Libur Nataru, Masyarakat Diminta Siaga saat Kunjungi Wisata Air

Meski sering disamakan dengan snorkeling, laman resmi student-activity.binus.ac.id menyebut, perbedaan paling mendasar dari snorkeling dan diving terletak pada kedalamannya saat menyelam air.

Secara umum, snorkeling dilakukan di permukaan air dengan kedalaman 1-3 meter saja, sedangkan diving bisa dilakukan di kedalaman 200 – 300 meter atau bahkan lebih dalam.

Kemudian, ketika melakukan snorkeling, seseorang harus menahan napas agar bisa bertahan di bawah air dalam waktu yang lama. Berbeda dengan diving yang bisa bertahan di dalam air dalam waktu lebih lama karena dibantu peralatan yang lebih lengkap.

Akan tetapi, jika menilik persamaan, baik snorkeling maupun diving, keduanya adalah aktivitas seru yang akan memberikan pengalaman unik dengan beragam manfaat.

Kedua aktivitas wisata air ini dapat membantu meredakan depresi dan stress serta menjaga kesehatan jantung, pernapasan dan otot tubuh.

Sumber : berbagai sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)