TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Situ Gunung Lewat, Rengganis Jadi Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Fitriansyah
Penulis
Rabu 25 Mei 2022, 18:44 WIB
Situ Gunung Lewat, Rengganis Jadi Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

SUKABUMIUPDATE.com - Rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara yang dipegang Situ Gunung di Kadudampit Kabupaten Sukabumi pecah. Kini gelar tersebut diraih oleh spot wisata terbaru di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rengganis Suspension Bridge.

Mengutip antara dari berita tempo.co, Jembatan Gantung Rengganis berada kurang lebih 50 kilometer dari pusat Kota Bandung atau 34 kilometer dari Gerbang Tol Soreang. Lokasi Jembatan Gantung Rengganis berada tak jauh dari kawasan wisata Situ Patenggang.

Jembatan Gantung Rengganis memiliki panjang sekitar 370 meter, mengalahkan panjang Jembatan Situ Gunung di Sukabumi dengan 243 meter. 

Untuk Mei 2022, ada potongan harga tiket masuk Rengganis Suspension Bridge. Harga tiket bervariasi, mulai Rp 15 ribu sampai Rp 100 ribu, tergantung pintu masuk dan jarak menuju jembatan.

Dengan membeli tiket seharga Rp 15 ribu per orang, wisatawan hanya dapat mengakses Kawah Rengganis. Pintu masuknya berbeda dengan pintu masuk menuju Jembatan Gantung Rengganis. 

Tiket lainnya seharga Rp 70 ribu per orang, wisatawan dapat bisa mengakses Kawah Rengganis dan Jembatan Gantung Rengganis. Pengunjung masuk melalui pintu menuju Kawah Rengganis dan berjalan cukup jauh menuju Jembatan Gantung Rengganis. 

photoKawah rengganis, keajaiban alam yang dituju setelah melewati jembatan gantung rengganis di Kabupaten Bandung - (akun facebook Wisata & Kuliner Bandung)</span

Sedangkan tiket yang paling mewah, yakni tiket VIP seharga Rp 100 ribu per orang, wisatawan bisa langsung masuk dekat Jembatan Gantung Rengganis. Untuk harga normal, setiap jenis tiket dibanderol Rp 25 ribu, Rp 100 ribu, dan Rp 200 ribu untuk kategori VIP, harga ini belum termasuk ongkos parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp 5.000.

Marketing Communication Jembatan Gantung Rengganis, Marcelinus memastikan keamanan jembatan tersebut. "Kami sudah mengetes jembatan itu dari sisi teknik dan keselamatan, semua aman," ujarnya. Wisatawan yang akan melintasi jembatan gantung itu akan dilengkapi sabuk pengaman.

Sebelum melangkah di titian jembatan gantung, ada sejumlah peraturan yang perlu diketahui dan ditaati oleh wisatawan. Di antaranya, wajib menggunakan peralatan keamanan, tidak berlari, tidak menggoyangkan jembatan, dan mengikuti panduan dari petugas.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini