Anime Kumo Desu Ga?: Pemilik Skill 7 Dosa Besar dan Kebajikan Surgawi

Kamis 09 Desember 2021, 16:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kumo desu ga? merupakan sebuah serial Anime yang diadaptasi dari novel ringan Jepang yang ditulis Okina Baba dan sang ilustrasi Tsukasa Kiryu.

Serial Anime Kumo desu ga? sendiri telah tayang perdana pada 08 Januari tahun 2021. Dalam anime isekai tersebut banyak karakter yang memiliki skill yang membuat kekuatan mereka Overpower.

Skill adalah kemampuan yang dimiliki salah satu karakter untuk digunakan ketika mereka bertarung. Tidak canggung-canggung, beberapa skill ada yang diadopsi dalam anime Kumo desu ga? berasal dari tujuh dosa besar mematikan dan juga tujuh kebajikan surgawi.

Baca Juga :

10+ Lagu Sedih Anime, Bikin Banjir Air Mata!

Dalam anime Kumo desu ga? D selaku Administrator dari dunia tersebut menjadi dalang para reincarnator anak–anak yang meninggal di kelas karena sebuah ledakan yang ternyata membawa mereka ke dunia tersebut.

D membuat sistem baru di dunia yang dikatakan hampir mendekati kehancuran. Karena itu, Sariel ibu dari Ariel salah satu karakter Anime Kumo desu ga? disegel di dalam inti yang mempertahankan dunia tersebut agar tidak musnah. 

Sariel bisa saja mati jika dunia tersebut tidak bisa bertahan. Serial dan dunia tersebut bisa selamat dengan 14 skill Ruler.

Namun, untuk mendapatkan 14 skill ruler (skill yang sangat Overpower) tersebut tidaklah lah mudah. Untuk memilikinya harus melalui tahapan–tahapan tertentu.

Seperti kepribadian dan emosi pengguna yang menuntutnya untuk mendapatkan skill Ruler. Makanya, ke-14 skill Ruler sangat menggambarkan emosi dan kepribadian sang penggunanya meski ada beberapa yang kurang cocok dalam anime ini.

Skill ini sudah ada sejak sistem dalam dunia tersebut dan setelah penggunanya mati, skill itu akan terlepas dan bisa didapatkan oleh pengguna lain yang memang memiliki sifat cocok dari skill itu.

Syarat utama untuk mendapatkan skill Ruler, mereka harus memiliki sifat yang cocok dengan skill itu dan tentunya juga harus memiliki tubuh dan jiwa yang kuat agar bisa menopangnya.

Meski seri tujuh dosa mematikan memang penggambaran dari sifat buruk seseorang, misalnya Shopia yang memiliki Skill Envy atau iri dengki, skill ini dia dapat karena memang sifat iri dengki yang suka ada dalam dirinya sebelum Sophia mendapatkan skill itu atau sifat iri Sophia lebih besar dari orang lain.

Atau seperti Wrath sang Penguasa Kemarahan, Wrath sang penguasa kemarahan yang sudah memiliki amarah begitu besar yang sudah bertahun–tahun sebelum pada akhirnya mendapatkan skill tersebut.

Bahkan tokoh utama dari Kumo desu ga? Kumoko (Shiraori) memiliki salah satu skill tujuh dosa besar yaitu kebanggan.

Skill ini ia dapat ketika dirinya masih dalam Labirin dan harus terus mempertahankan hidup dengan melawan Monster yang lebih kuat darinya, sehingga Kumoko selalu bangga dengan hasil kerja kerasnya.

Tak hanya itu, seri skill tujuh dosa besar mematikan ini memiliki berdampak negatif terhadap penggunanya dan lama–kelamaan akan mempengaruhi kepribadian dari sang pengguna.

Jadi, semakin mereka menaikan level skillnya maka sikap identik dengan yang dimilikinya juga semakin besar. Selain itu, sedikit demi sedikit akan mengikis sisi kemanusiaan dari sang pengguna atau menjadi lebih kejam.

Meskipun perubahannya yang dialami tidak secara drastis dan beberapa diantaranya memang hanya bisa menahannya.

Tapi untuk seri tujuh kebajikan surgawi tidak ada efek negatif kepada penggunanya, namun malah ada yang mengalami resiko saat menggunakanya atau ada harga yang harus dibayar sebagai gantinya. 

Tahap Mendapatkan Skill

photoKarakter Arial - (Pinterest)

Ada dua tahapan skill yang harus dimaksimalkan sebelum mendapatkan skill Ruler. Sebagai contoh sebelum Wrath mendapat skill kemurkaannya, dia terus merasakan amarah yang luar biasa dalam dirinya. Dengan begitu, dia baru mendapatkan skill kemarahan atau lebih lemah dari kemurkaan.

Setelah skill kemarahan mencapai level maksimal, barulah dia mendapatkan skill murkanya, itu pun jika skill murkanya belum digunakan oleh orang lain.

Tapi jika Ruler sudah dimiliki orang lain, maka skill nya hanya mentok di skill kemarahan biasa dan tidak bisa berevolusi menjadi skill Ruler.

Seperti halnya skill kerakusan milik Kumoko yang sudah mencapai skill maksimal, tapi tidak berubah menjadi ruler gluttony, karena gluttony sudah dimiliki oleh Ariel.

Umumnya, untuk mendapatkan 14 skill Ruler seperti yang dijelaskan diatas. Namun, kadang ada yang memilikinya praktis dan tiba–tiba, karena ada yang memiliki dorongan yang sangat kuat dalam dirinya untuk mendapatkan salah satu skill ini.

 

7 Skill Kebajikan Surgawi, Pemilik dan Kemampuan Utamanya

phototujuh Dosa besar mematikan - (Pinterest)

1. Kesucian (Sharity) dimiliki oleh Khatian

photoKarakter Khatian - (Duniamasa)</

Khatian memiliki kesucian yang mungkin cocok dengan sifatnya, meski dulunya khatian adalah seorang laki–laki tapi mungkin dirinya masih suci. Karena dari dulu, Khatian versi laki–laki tidak tertarik dengan perempuan menurut cerita dari pada reincarnator.

Mungkin inilah alasan D mereinkarnasi dia menjadi perempuan yang cantik dan memiliki ukuran badan terbesar kedua setelah Sophia.

Kemampuan utama dari skill ini adalah memungkinkan Khatian untuk menerapkan menghalang absolute di area yang dipilihnya.

2. Kesederhanaan (Temperance) dimiliki Oleh Dustin

photoKarakter Dustin - (Pinterest)

Dustin sang pemilik skill kesederhanaan. Untuk skill yang dimiliki Dustin ini terkesan istimewa dari skill lainnya. 

Meski Dustin mati, skill ini tidak akan berpindah kepada orang lain dan kembali lagi ke Dustin setelah dirinya bereinkarnasi lagi. Karena kemampuan dari skill kesederhanaan memang berhubungan dengan itu.

Kemampuan utama dari kesederhanaan adalah memungkinkan Dustin untuk kembali memiliki ingatan dan keterampilan sebelumnya setelah Dustin mati dan bereinkarnasi.

Sama dengan keabadian, tapi dengan versi yang berbeda. Jadi meski Dustin mati ia akan menjadi orang yang sama di suatu tempat.

Secara fisik, Dustin memang lemah tapi dia berpengaruh dalam dunia, hal ini karena Dustin tidak akan pernah lenyap selama sistem dunia tersebut belum musnah.

3. Ketekunan (Diligence) dimiliki oleh Pottimas

photoKarakter Pottimas - (Duniamasa)

Sifat ini cocok dengan Pottimas, dibalik sifat buruknya Pottimas adalah orang yang tekun.  Tapi ia memiliki obsesi yang sangat besar untuk mencapai tujuannya yaitu menjadi dewa.

Meskipun setengah dari kekuatannya berasal di luar dari sistem, tapi tak berarti dia tidak bergantung pada sistemnya lagi.

Kemampuan utama skill ini adalah memungkinkan Pottimas membagi sedikit jiwanya kepada orang lain dan mengendalikan orang itu sesuka hatinya atau bisa juga untuk memanipulasi orang itu.

Tapi jiwa Pottimasnya yang asli tetap pada tubuh aslinya, bahkan ras elf juga telah terkontaminasi oleh jiwa Pottimas jadi penurut. Termasuk dia mengendalikan tubuh klon dan sumbernya.

4. Belas Kasihan (Mercy) dimiliki oleh Sun

photoKarakter Sun - (Pinterest)

Sun mendapatkan skill ini saat Khatian terbunuh dan dengan skill mercynya, Sun berhasil menghidupkan kembali Khatian.

Kemampuan Utama skil Mercy adalah dapat menghidupkan kembali orang yang sudah mati selama tubuhnya masih utuh. Skill ini juga yang menghidupkan kembali enam naga kuno sampai bisa melenyapkan Wrath.

Tapi sifat kasihan sangat cocok dengan Kepribadian Sun yang sangat Naif. Meski skill ini terkesan curang, namun memiliki resiko yang cukup besar bagi penggunanya yaitu setiap kali Sun menggunakanya maka jiwanya juga akan terkikis sebagai gantinya.

Jika Skill ini digunakan terus menerus, maka jiwa Sun akan benar–benar lenyap bahkan tidak akan bisa lagi bereinkarnasi di dunia manapun.

5. Kegigihan (Perseverance) dan Dermawan (Charity) dimiliki oleh Kumoko (Shiraori)

photoKakarter Kumoko - (Pinterest)

Skill Kegigihan didapat Kumoko saat dirinya berada dan bertahan hidup di dalam labirin, dia banyak memiliki skill ketika berada disana.

Kemampuan utama Kegigihan membuat Kumoko masih bisa bertahan hanya dengan menggunakan satu HP selama masih memiliki MP, tidak peduli sebesar apapun kerusakan yang diterima oleh dirinya.

Kemampuan utama Charity adalah bisa memberikan efek regenerasi tingkat tinggi pada semua orang yang Kumoko anggap sekutu, tapi bukan ke Kumokonya sendiri, jadi lebih ke party yang dimiliki kumoko. Nantinya skill Charity akan diberikan kepada jiwa oka sensei yang sudah sekarat.

6. Rendah hati (Humanity)

photoD Administrator - (Pinterest)

Belum dijelaskan siapa pemilik skill ini sebelumnya dan bagaimana kemampuannya. Tapi di perang Final nanti saat Shiraori meretas sistem, dia juga mengambil file ini karena belum ada yang bisa memilikinya.

 

7 Skill Dosa Besar yang Mematikan, Pemilik dan Kemampuan Utamanya

photoIlustrasi Tujuh Kebajikan Surgawi - (Pinterest)

1. Kerakusan (Gluttony) dimiliki oleh Ariel

photoKarakter Arial - (Pinterest)

Salah satu skill yang berguna dan sangat Overpower merupakan salah satu skill yang diinginkan oleh Kumoko (karena ia berpikir jika memiliki skill ini bisa memakan apapun tanpa harus mengunyahnya) bahkan ketika Komoko berevolusi menjadi Dewa, ia membuat skill yang mirip dengan Gluttony.

Kemampuan utamanya, memungkinkan Ariel untuk melahap apapun dan menjadikanya energi murni baginya dan sekaligus untuk meningkatkan Statusnya.

Mau itu bumi, logam, makhluk hidup atau apapun itu, Ariel bisa melihatnya dan menjadikannya energi murni.

2. Kemurkaan (Wrath) dimiliki oleh Wrath

photoKarakter Wrath - (Pinterest)<

Butuh proses yang tidak mudah untuk Wrath mendapatkan skill ini, dia harus mendapatkan kemarahan besar selama bertahun – tahun.

Seperti amarnya karena dia dipaksa menjadi budak dan melihat semua rasanya dibantai satu persatu oleh para Petualang.

Sampai akhirnya, Wrath mencapai puncaknya dan mendapatkan skill ini dan menamai dirinya sendiri dengan Wrath.

Kemampuan utama adalah dapat melipatgandakan seluruh statusnya sampai tiga kali lipat atau bahkan malah lebih.

Tapi resikonya juga sangat besar, jika mengaktifkan skill ini penggunanya akan kehilangan akal sementara dan hanya bertarung menggunakan instingnya tidak peduli kawan atau lawan. Dia akan terus mengamuk sampai mati.

3. Iri Dengki (Envy) dimiliki oleh Shopia Keren

photoKarakter Sophia Keren - (Pinterest)

Sophia juga membutuhkan proses yang lama untuk mendapatkan skill ini, karena sebelumnya Ariel dan Shiraori melarang Sophia untuk menaikan level skill kecemburuannya atau versi lebih rendah dari envy. Karena untuk menghindari efek buruk pada penggunanya.

Kemampuan utama adalah dapat menyegel skill lain dari seri tujuh dosa mematikan dan mungkin tujuh kebajikan surgawi bisa Sophia segel dan bisa melepasnya kembali. Bisa dibilang Envy adalah Counter dari semua skill Ruler.

4. Nafsu (Greed) dan Keserakahan (Lust) dimiliki oleh Hyugo

photoKarakter Hyugo - (Youtube)

Sebenarnya ini adalah ulah Shiraori yang memanipulasi otak Hyugo untuk mendapatkan skill itu. Hal ini dikarenakan tanpa dua skill itu, Hyugo tidak akan berguna bagi Shiraori.

Kemampuan utama Nafsu adalah mencuci otak orang lain, bahkan orang yang terkena cuci otak Hyugo tidak akan sadar jika dirinya terkena cuci otak.

Kemampuan utama Greed adalah memungkinkan pengguna untuk mengambil secara paksa kemampuan dan nilai status yang sudah terbunuh, tapi kemampuan yang didapat oleh pengguna akan kembali menjadi level satu.

5. Kemalasan (Pride) dan Kesombongan (Sloth) dimiliki oleh Kumoko (Shiraori)

photoKarakter Shiraori - (Pinterest)

Kemampuan ini sangat cocok dengan Kumoko yang pemalas dan suka menyombongkan dirinya. Kumoko mendapatkan skill ini ketika masih di labirin. Dua skill ini mempengaruhi kepribadian secara kekejaman dan sisi kemanusiaan Kumoko.

Namun skill Rulernya berperan akan hal itu, khususnya Pride yang membuat Kumoko semakin lama menganggap semua makhluk hidup adalah Expy karena kemampuan utama dari Pride yang berhubungan dengan hal itu.

Kemampuan utama dari Pride adalah meningkatkan hasil perolehan EP yang didapat oleh Kumoko sekaligus meningkatkan status dan kemampuannya secara keseluruhan dan kapasitas.

Kemampuan utama Sloth adalah meningkatkan secara drastis biaya HP, MP dan SP musuh dan juga mengurangi HP, MP dan EP musuh yang sedang bertarung melawan kumoko.

 

Demikian skill–skil pada tokoh Anime Kumo desu ga? yang mengadopsi dari tujuh dosa besar mematikan dan tujuh kebajikan surgawi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)