Film Petualangan Sherina 2 Akan Menceritakan Tentang Orangutan di Kalimantan

Rabu 27 September 2023, 19:00 WIB
Film Petualangan Sherina 2 Akan Menceritakan Tentang Orangutan di Kalimantan | Sumber: Instagram /@sherinamunaf

Film Petualangan Sherina 2 Akan Menceritakan Tentang Orangutan di Kalimantan | Sumber: Instagram /@sherinamunaf

SUKABUMIUPDATE.com - Film Petualangan Sherina yang akan tayang di bioskop pada 28 September 2023, ternyata mengangkat isu tentang lingkungan hidup dan ada adegan pelepasliaran orangutan di hutan Kalimantan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Mira Lesmana selaku penulis naskah film Petualangan Sherina 2. Ketika menyusun konsep, Ia bersama Riri Riza, Mira Lesmana, dan tim memutuskan harus membawa cerita tentang sesuatu yang perlu disampaikan dengan baik. Saat itu mereka belum menemukan isu tersebut hingga Sherina memberitahu tentang orangutan di Kalimantan.

Meski tahu proses untuk syuting tidak mudah dan kemungkinan akan ada hambatan, tapi melihat kegigihan Sherina menginginkan ada adegan pelepasliaran orangutan membuat Mira setuju.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Iri dengan Kita, Terlihat dari Sikapnya

Melansir dari Tempo.co, rupanya Sherina Munaf terlibat sebagai salah satu relawan di sebuah institusi konservasi orangutan Kalimantan yang bernama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

“Dalam proses kami ngobrol, Sherina bilang, ‘Saya harus pelepasliaran orangutan ke Kalimantan.’ Saya bilang, ‘Gimana tuh Sher? Kita boleh ikut enggak?’ Sherina langsung, ‘Bener? Perjalanannya enggak gampang loh.’ Saya sama Riri, ‘Bisa, bisa,’” ungkap Mira Lesmana yang dikutip dari Tempo.co pada Rabu (27/9/2023).

Mira Lesmana juga merasa jika topik tentang orangutan ini memang cocok untuk dimasukkan ke dalam film Petualangan Sherina 2. Ia sampai meminta bantuan Mandy Marahimin sebagai asisten produser agar syuting bisa berjalan lancar.

“Idenya gampang nih, ternyata prosesnya sangat kompleks. Itu sebabnya ada Mandy di sini karena saya bilang produksinya bakal ribet banget kalau enggak ada co-produser yang membantu saya. Saya kebantu banget sama Mandy untuk mengurus semua urusan hutan,” kata Mira merujuk pada co-produser, Mandy Marahimin.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Selain Mandy Marahimin, kru produksi Petualangan Sherina 2 mengajak Shanty Harmayn dari Talamedia sebagai co-produser. Dalam menulis skenario tentang orangutan Mandy dan Shanty sangat hati-hati demi menjaga kesejahteraan hewan khas Kalimantan itu.

“(Orangutan) Memang seharusnya dilindungi dan dijaga, tetapi di saat yang bersamaan penting juga diberikan suara dalam kisah ini," kata Mira Lesmana.

Pada Konferensi pers film Petualangan Sherina 2, Riri Riza selaku sutradara mengungkapkan bahwa proses adegan pelepasliaran orangutan dilakukan dengan teknik one take shot atau teknik sekali rekam.

“Kalau teman-teman melihat ada proses pelepasliaran, itu betul-betul hanya satu kali pelepasliaran. Kami tidak mungkin kalau kita bikin adegan melepasliarkan, terus dia diambil lagi, terus take 2. Itu sama sekali tidak ada dalam film ini,” ucap Riri Riza dalam konferensi pers pada Senin, 25 September 2023.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Proses syuting dengan orangutan dalam film Petualangan Sherina 2 sudah mendapatkan izin mengingat satwa satu ini dilindungi oleh pemerintah. Semua hal terkait pengambilan gambar telah dipersiapkan dengan sangat detail agar terjadi sesuatu pada orangutan.

Riri Riza menjelaskan bahwa kru banyak berdiskusi, konsultasi, dan melibatkan supervisi atau pihak yang memahami tentang bekerja sama dengan orangutan. Segala perizinan untuk melibatkan satwa ini dalam film telah melalui proses legal dan jelas.

Petualangan Sherina 2 menceritakan bertemunya Sherina dengan sahabat masa kecilnya yaitu Sadam, yang merupakan program manager sebuah lembaga konservasi di Kalimantan dalam penugasan meliput pelepasliaran orangutan.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Lelah dengan Kehidupan, Apa Kamu Mengalaminya?

Namun, reuni itu terhenti ketika Sayu, anak orangutan yang akan dilepasliarkan dicuri sekelompok orang. Sherina dan Sadam harus bekerjasama untuk membebaskan Sayu.

Sumber: Tempo.co (GABRIELLA KEZIAFANYA BINOWO)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 15:45 WIB

Berikut 4 Cara Membangun Karakter Positif Pada Anak Yang Bisa Orang Tua Terapkan

membangun karakter pada anak memang bukan hal yang mudah, namun dengan menjadi teladan yang baik lambat laun mereka akan menirunya. Maka dari itu para orang tua harus memberikan contoh baik pada anak
ilustrasi cara membangun karakter positif pada anak (Sumber : pexels.com/@JessicaTicozzeli)
Sukabumi16 Mei 2024, 15:18 WIB

Tabrak Ruko hingga Jebol di Ciracap Sukabumi, Pemotor Beat Dilarikan ke RS

Korban melaju dari arah Ujunggenteng menuju rumahnya di Desa Cikangkung.
Sepeda motor korban dan kondisi dinding ruko yang tertabrak di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/5/2024). | Foto: Istimewa
Life16 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Semakin Terjalin Dengan Kuat

Meluangkan waktu untuk anak Anda dan membangun hubungan yang kuat akan bermanfaat bagi mereka seiring berjalannya waktu.
Ilustrasi hubungan ayah dan anak perempuan semakin kuat (Sumber : pexels.com/@TatianaSyrikova)
Inspirasi16 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa