Dikejar Monyet Hingga Dihadang Ombak, Keseruan Dibalik Buku Foto Treasure of Sukabumi

Senin 29 Juni 2020, 11:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Sukabumi segera memiliki buku koleksi foto tentang keindahan alam dan aktivitas warganya. Dikemas ekslusif, buku berjudul Treasure of Sukabumi akan menceritakan bagaimana Sukabumi dimata seorang fotografer muda asal Cisaat, Iman Firmansyah.

Buku berisi ratusan foto dalam 208 halaman ini menceritakan Sukabumi dari berbagai sisi. Memperlihatkan bagaimana semua lini kehidupan di Sukabumi itu bergerak, mulai dari alam, wisata, aktivitas masyarakat, budaya, kuliner dan lain lainnya.

Pemuda yang beralamat di Jalan Veteran Cisaat Kabupaten Sukabumi ini mengungkapkan, buku tersebut akan terbit dengan dua bahasa, Indonesia dan Bahasa Inggris. Buku foto ini juga sudah bisa dipesan oleh masyarakat umum pada Juli 2020 mendatang, dengan jumlah terbatas dan kemasan yang ekslusif.

Kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/6/2020) Iman mengirimkan tulisan tentang kisahnya mendapatkan banyak foto yang akan dicetak dalam buku bertajuk Treasure of Sukabumi itu. “Hampir satu tahun menyelesaikan pengumpulan  foto-fotonya, dan banyak cerita selama proses pengambilan  foto-fotonya,” tulis Iman Firmansyah sang creator dan juga  fotografer Treasure of Sukabumi.

Perjalanan ini tentu dimulai dari riset sebagai memandu Iman dalam pengerjaannya. Namun di lapangan tentunya seringkali bertolak belakang dengan rencana tertulis yang sudah disusun.

Tantangan utamanya selain akses yang cukup sulit sehingga target waktu molor, adalah cuaca. Faktor cuaca ini menjadi. “Terutama cuaca yang pada saat itu tidak pasti, pagi cerah dan sore bisa hujan. Cerita akses menuju lokasi yang luar biasa tidak merata, serta masih banyak  jalan yang lumayan sulit dilalui.

Iman kemudian menceritakan saat pengambilan foto salah satu air terjun yang ada dikawasan kaki gunung Pangrango. Cuaca pagi yang sangat cerah sehingga diputuskan untuk sesi pemotretan, karena menuju lokasi harus berjalan sekitar dua jam dari pintu masuk.

Batu punggung naga yang eksotik di zona inti Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (Iman Firmansyah)

“Saat itu saya hanya seorang diri. Sempat takut jalan setapaknya sepi karena bukan akhir pekan. Menyusuri hutan tropis yang lembab dan membutuhkan waktu cukup lama.  Sampai di lokasi hujan turun tak kunjung reda, pengambilan fotopun tak bisa maksimal. Diputuskan untuk datang lagti diwaktu yang berbeda,”jelas Iman dalam tulisan tersebut.

Pengalaman tak kalah seru dituturkan Iman saat ia melakukan perjalanan ke zona inti Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Target batu punggung naga yang eksotik harus dijangkau menggunakan perahu namun lagi-lagi alam bersikap lain, ia dihadang ombak tinggi.

“Jika sedang bagus cuacanya perahu bisa merapat langsung ke kawasan bebatuan purba yang bentuknya mirip punggung naga tersebut. Namun karena hari itu ombak besar, saya dan rekan harus mendarat ke pantai yang aman, cukup jauh dari target sasaran,” lanjutnya.

Pemuda yang berlatar pendidikan kesehatan inipun menuturkan proses pengumpulan foto-foto tentang keindahan alam di Sukabumi terhalang akses jalan yang masih belum merata. Di sejumlah destinasi jalannya tidak cocok untuk motor matic milik Iman.

“Namun  tentu tidak jadi halangan. Target harus terpenuhi walaupun kontur jalan berbatu dan licin,” sambung Iman.

BACA JUGA: Iman Firmansyah, Tukang Foto Muda Dibalik Project Treasure of Sukabumi

Pengalaman yang sulit dilupakan Iman saat menggarap project ini adalah saat harus lari pontang-panting dikejar satwa liar penunggu salah satu spot air terjun di Sukabumi. Iman selamat dari serbuan monyet-monyet liar itu namun konsentrasi pemotretan dipastikan terganggu.

“Semua ini menjadi cerita yang berharga. Memperkenalkan Sukabumi kepada dunia melalui buku foto menjadikan beragam halangan tersebut jadi tantangan yang mengasyikan,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)