Jabat Kabag Humas Kota Sukabumi, Begini Cara Punjul Jalin Keakraban dengan Wartawan

Sabtu 08 Desember 2018, 10:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 69 pejabat esselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dilantik dan diambil sumpah di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (7/12/2018) . Diantara pejabat tersebut, ada nama Punjul Saepul Hayat. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Sukabumi tersebut, kini resmi mengisi jabatan baru sebagai Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, menggantikan mendiang Alfini yang meninggal dunia pada 1 September 2017 lalu.

Posisi tersebut sempat diisi oleh Benny Mustari sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Kini, secara definitif Punjul yang memegang jabatan tersebut.

Punjul menyebut, rotasi dan mutasi merupakan bagian dari dinamika seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memang sudah menjadi hal yang biasa. Karenanya, kata dia, seorang ASN harus bisa dengan cepat beradaptasi ketika menempati posisi atau jabatan yang baru. Apalagi menurutnya, akan ada tantangan baru yang kedepan mesti dijawab dengan bukti kinerja yang baik.

"Kalau di Bagian Tapem ini kan sifatnya lebih administratif. Artinya ada tantangan yang berbeda. Lebih kepada laporan akuntabilitas kinerja, laporan penyelenggaraan pemerintahan, kemudian terkait dengan administrasi pemerintahan yang lainnya. Kalau sekarang lebih kepada kemampuan koordinatif dan komunikatif.," ujar Punjul.

Pola koordinasi dan komunikasi yang dibangun, kata Punjul, bukan hanya melingkupi satu instansi saja, melainkan lintas instansi, termasuk dengan lembaga-lembaga vertikal lainnya yang ada di Kota Sukabumi. Dan yang tak kalah penting, lanjutnya, di bagian kehumasan adalah bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan awak media agar bisa satu visi dalam memberitakan hal-hal yang positif, terutama yang berkaitan dengan pembangunan Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Rotasi 69 Pejabat Esselon III dan IV di Pemkot Sukabumi, Fahmi: Usulan Bukan Dari Saya

"Jadi memang ada sesuatu yang berbeda. Tapi bagi saya, itu adalah suatu keuntungan, saya bisa belajar hal yang baru. Yang tadinya lebih bersifat administratif, kini lebih ke action. Ini jadi tantangan tersendiri. Insya Allah kedepan, mungkin saya akan lebih membangun komunikasi lagi dengan rekan-rekan wartawan. Bisa dengan membuat kegiatan bersama, atau dengan main futsal," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa