10 Gelar Abah Aos TQN Suryalaya yang Disebut Pemberian Pangersa Abah Anom

Senin 08 Januari 2024, 14:45 WIB
10 Gelar Abah Aos TQN Suryalaya yang Disebut Pemberian Pangersa Abah Anom | Foto : X/NyaiSaripah5

10 Gelar Abah Aos TQN Suryalaya yang Disebut Pemberian Pangersa Abah Anom | Foto : X/NyaiSaripah5

SUKABUMIUPDATE.com - Abah Aos, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya setelah Abah Anom memimpin langsung Peringatan Haul Abah Anom di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024) dengan Zikir dan Manaqib. Haol Abah Anom yang dipimpin oleh Abah Aos itu dihadiri oleh puluhan ribu jamaah dengan zikir Laa Ilaaha Illalloh yang menggema sejak pukul 02.00 WIB dini hari.

Abah Aos, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya setelah Abah Anom sedang memimpin Peringatan Haul Abah Anom di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024)Abah Aos, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya setelah Abah Anom sedang memimpin Peringatan Haul Abah Anom di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024)

Suara zikir itu dilantunkan ribuan jamaah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) Ma'had Suryalaya Sirnarasa. Menurut informasi di laman tqnppsuryalaya.com, Abah Aos telah membersamai Pangersa Abah Anom secara Dzohir selama 43 Tahun.

Abah Aos memiliki nama Syaikh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul namun akrab disapa Pangersa Abah Aos. Abah Aos merupakan Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya silsilah ke-38 yang lahir di Dusun Ciceuri, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis pada tanggal 1 September 1944.

Baca Juga: Abah Aos, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Suryalaya Setelah Abah Anom

Setelah Pangersa Abah Anom berpulang pada tahun 2011, tongkat estafet kemursyidan diteruskan oleh Abah Aos.

Di bawah bimbingan beliau ajaran-amalan TQN PP Suryalaya berhasil menyebar tidak hanya di seluruh wilayah Indonesia tapi juga mampu meluas hingga mancanegara. Tidak sedikit ulama-ulama Thoriqoh hingga cicit Tuan Syaikh datang menghampiri beliau, dan beberapa dari mereka memberikan kenang-kenangan berupa gelar kemuliaan kepada Abah Aos.

Ada sepuluh gelar kemuliaan Abah Aos. Namun Mursyid TQN Suryalaya itu menyebut seluruh gelar itu adalah pemberian Pangersa Abah Anom.

“Seluruh nama/gelar yang diberikan kepada Abah semuanya adalah pemberian Pangersa Guru Agung Abah Anom. Tidak ada yang tidak dari Abah Anom. Para Masyayikh (hanya) dipinjam lisan-nya untuk menyampaikan.” kata Abah Aos, seperti dikutip dari tqnppsuryalaya.com, Senin (8/1/2024).

Baca Juga: Ribuan Jamaah Zikir di Haol Abah Anom Istiqlal, Ulama Sunda Suryalaya

Berikut Sepuluh Gelar Abah Aos yang diberikan kepadanya sejak tahun 1980:

  1. SAEFULLOH MASLUL, tahun 1980 lisan dhohir Guru Agung Abah Anom.
  2. AL-QOODIRI, 1 November 2013/27 Dzulhijjah 1434 dari Syeikh Hashimuddin al-Jailani al-Baghdadi, di Madrosah Tuan Syeikh, Bagdad, Irak.
  3. AL-KAMIL, 10 Februari 2014/10 Robiutsani 1435 H dari Syeikh Muhammad Fadhil al-Jailani dari Turki di Kajembaran Rohmaniah Pesantren Sirnarasa.
  4. AN-NAQSYABANDI, 14 Maret 2014/13 Jumadil Awal dari Syeikh Afifuddin Al-Jailani Al-Baghdadi dari Malaysia di Madrosah TQN PP Suryalaya Pesantren Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY
  5. AL-MUWAFFAQ, 23 Januari 2016/12 Jumadil Akhir 1437 dari Syeikh Imam Abdul Aziz Abdin dari California Amerika di Madrosah TQN PP Suryalaya Menteng Jakarta Pusat.
  6. AL-MUTTAQI, 26 Agustus 2016/24 Dzulqo’dah 1437 H dari Syeikh Muhanmad Fadhil al-Jailani dari Turki di Madrosah TQN PP Suryalaya Pesantren Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY.
  7. AL-MUJADDID, 17 Mei 2016/10 Sya’ban 1437 H dari Guru Agung Abah Anom melalui KH Saefulloh Al Mabrur Probolinggo di Kajembaran Rohmaniah Pesantren Sirnarasa.
  8. AL-QUTHUB, 9 Maret 2017/10 Jumadil Akhir 1438 H dari Guru Agung Abah Anom melalui KH Safulloh Al Mabrur Probolinggo di Kajembaran Rohmaniah Pesantren Sirnarasa.
  9. AS-SHOMADANY, 3 Agustus 2017/10 Dzulqo’dah 1438 H dari Syeikh Imam Abdul Aziz Abdin dari California Amerika di Kajembaran Rohmaniah Pesantren Sirnarasa.
  10. AL-MAHDI, 19 Agustus 2017/26 Dzulhijjah 1438 H dari Syeikh Dr Hassan Azzahir dari Fez Maroko di MTQN PP Suryalaya Menteng Jakarta Pusat.

Baca Juga: Berpeci Merah Putih, Puluhan Ribu Jamaah TQN Padati Istiqlal: Zikir Menggema

Seperti diketahui, Pangersa Abah Aos dikenal dengan kecerdasan, dan kemulian akhlak yang beliau miliki, bahkan beliau diakui oleh gurunya telah berhasil menghabiskan ilmu yang dimiliki oleh sang guru, Pangersa Abah Anom.

Abah Aos aktif dalam beragam macam kegiatan Keislaman yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Ciamis, beliau juga aktif dalam sebuah organisasi Islam yang cukup ternama di Indonesia yaitu Muhammadiyyah. Sampai akhirnya pada tahun 1968 bertepatan dengan usia beliau yang menginjak 24 tahun, beliau memutuskan untuk mengambil Talqin Dzikir dan mulai memperdalam Tashawuf dan Thoriqoh kepada Pangersa Abah Anom di Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya.

Setelah mendapatkan Talqin Dzikir hingga usia beliau berusia 67 Tahun, Abah Aos seringkali membersamai Pangersa Abah Anom dalam berbagai macam kesempatan, dan itu merupakan proses transfer keilmuan baik secara Dzohir dan Bathin dari Abah Anom kepada Abah Aos, sehinggaa jika diakumulasikan, Abah Aos telah membersamai Pangersa Abah Anom secara Dzohir selama 43 Tahun.

Sumber : tqnppsuryalaya.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)
Bola16 Mei 2024, 12:00 WIB

Leg 2 Championship Series Persib Bandung vs Bali United: Suporter Bali United Dilarang Datang!

Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung.
Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung. | (Sumber : persib.co.id)
Keuangan16 Mei 2024, 11:49 WIB

Bicara di Seminar Ombudsman, Ayep Zaki Bahas Peran Lembaga Keuangan Alternatif

Peran lembaga keuangan alternatif sangat penting dalam memajukan ekosistem perekonomian.
Ayep Zaki menjadi pembicara dalam seminar bersama Ombudsman Republik Indonesia di Aula Bank BJB, Sukabumi, Rabu, 15 Mei 2024. | Foto: Instagram/Ayep Zaki
Life16 Mei 2024, 11:45 WIB

Terapkan 6 Cara Ampuh Berikut Untuk Memperkuat Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki

Menghabiskan waktu positif bersama, membicarakan pelajaran hidup, disertai dengan banyak mendengarkan dengan tenang dan penuh perhatian, akan membantu mengembangkan hubungan yang membina dan bermakna dengan putra Anda
Ilustrasi cara memperkuat hubungan ayah dengan anak laki-laki (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)