Viral Dugaan Pelecehan di Ajang Miss Universe Indonesia 2023, Kontestan Lapor Polisi

Selasa 08 Agustus 2023, 19:00 WIB
Viral dugaan pelecehan di Ajang Miss Universe Indonesia 2023 dengan adanya sesi foto tanpa busana | Foto: Instagram/@missuniverse_id

Viral dugaan pelecehan di Ajang Miss Universe Indonesia 2023 dengan adanya sesi foto tanpa busana | Foto: Instagram/@missuniverse_id

SUKABUMIUPDATE.com - Kontes kecantikan Miss Universe Indonesia sedang menjadi pembicaraan karena adanya dugaan tindak pelecehan seksual yang diterima para peserta saat sesi pemeriksaan tubuh atau body checking.

Kasus tersebut dikabarkan terjadi pada 1 Agustus 2023 yang dilakukan di sebuah ballroom hotel mewah daerah Jakarta Pusat. Saat itu, para peserta tidak tahu akan ada sesi pemeriksaan tubuh berupa foto tanpa busana karena dari pihak penyelenggara tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Selain tidak ada pemberitahuan, proses pengecekan tubuh juga dilakukan tanpa persiapan yang baik dan tidak ada privasi sama sekali, seperti pembatas untuk setiap peserta melakukan pemeriksaan tubuh hanya menggunakan banner dan gantungan baju.

Baca Juga: Selebgram Oklin Fia Dihujat Netizen Gegara Konten Jilat Es Krim Mirip Film Dewasa

Melansir dari Tempo.co, Melissa Anggraini, selaku kuasa hukum kontestan Miss Universe 2023 yang menjadi korban, mengatakan selain tidak ada privasi, ada lawan jenis di dalam ruangan tersebut saat dilakukannya foto tanpa busana sebagai pemeriksaan tubuh.

"Dilakukan di sembarang tempat, di tempat tidak privat, bahkan ada lawan jenis,” ujar Melissa di Polda Metro Jaya yang dikutip Tempo.co (8/8/2023).

Kegiatan foto tanpa busana itu ada kemungkinan dilihat orang lain yang tidak ada di ruangan. Karena ada CCTV yang menangkap berlangsungnya kegiatan pemeriksaan tubuh.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Oklin Fia, Selebgram Hijab yang Sering Pamer Busana Ketat

"Di ballroom, bisa kebayang kan ya, ada CCTV. Hanya dibuat sekat dari banner dan gantungan baju," kata Mellisa.

Melissa mengatakan bahwa para peserta merasa tertekan karena situasi tersebut. Karena tindakan panitia kontes Miss Universe Indonesia 2023 kepada peserta saat mengambil foto tanpa busana seperti dilecehkan, membuat tidak nyaman, sakit hati, serta tidak dihargai sebagai perempuan.

“Kita bisa bayangkan bagaimana teman-teman kontestan, mereka tertekan dalam situasi seperti itu,” lanjutnya.

Akhirnya, peserta Miss Universe Indonesia melaporkan PT Capella Swastika Karya, selaku penyelenggara acara tersebut atas tindakan pelecehan seksual dalam sesi pemeriksaan tubuh ke Polda Metro Jaya. Sebab, penyelenggara acara diduga terlibat di balik pengambilan gambar tanpa busana untuk peserta kontes Miss Universe Indonesia 2023.

Baca Juga: Ada Suzzanna: Malam Jumat Kliwon, 10 Film Indonesia Tayang di Bulan Agustus 2023

Untuk memperkuat laporan, pihak kuasa hukum membawa bukti berupa rekaman video dan foto saat sesi pemeriksaan tubuh dilakukan. Pelaporan ini dilakukan untuk mendapatkan keadilan dari pihak penyelenggara kepada peserta.

“Alhamdulillah sudah diterima laporan kami di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) tadi atas dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual,” kata Mellisa Anggraini ketika di SPKT Polda Metro Jaya, Senin, 7 Agustus 2023.

Laporan yang teregistrasi dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Pihak kuasa hukum kontestan melaporkan penyelenggara kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 dengan pasal 4, 5, 6, 14, 15 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Baca Juga: Sinopsis Film Catatan Si Boy 2023, Segera Tayang Di Bioskop

Setelah isu pemotretan tanpa busana itu beredar, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang dan Direktur Visual Rio Motret dikabarkan mengundurkan diri dari kontes kecantikan tersebut. Keduanya mengabarkan pengunduran diri dalam unggahan di akun Instagram masing-masing.

Soal pemotretan tanpa busana ini pertama diungkap oleh Province Director Sally Giovanny. Pengusaha Batik Trusmi itu bekerja sama dengan Rizky Ananda yang mengurusi Miss Universe Indonesia Jawa Barat mengunggah pengakuan seorang peserta yang harus melepaskan busananya untuk difoto saat pemeriksaan tubuh.

Writer: Octa

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams