Siapa Ibu Ida Dayak? Viral Karena Diklaim Bisa Obati Orang Stroke hingga Lumpuh

Rabu 05 April 2023, 10:30 WIB
Siapa Ibu Ida Dayak? Viral Karena Diklaim Bisa Obati Orang Stroke hingga Lumpuh (Sumber : YouTube petualangan ibu dayak)

Siapa Ibu Ida Dayak? Viral Karena Diklaim Bisa Obati Orang Stroke hingga Lumpuh (Sumber : YouTube petualangan ibu dayak)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Ibu Ida Dayak mendadak menjadi viral usai banyak masyarakat yang mengaku sembuh dari penyakit yang dideritanya usai berobat pada Ida Dayak.

Sosok Ibu Ida Dayak ini disebut-sebut memiliki ‘kesaktian; menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang tidak biasa, mulai dari patah tulang, bisu, saraf kejepit, stroke, umpuh, dan lain sebagainya.

Bahkan, dalam video-video yang beredar di media sosial, para pasien yang datang ke pengobatan alternatif Ibu Ida Dayak dan dilaporkan sembuh serta kembali normal seperti sedia kala dalam waktu singkat. 

Baca Juga: Harga Jam Tangan Ngabalin Rp2,5 Miliar Disorot, Warganet Minta Klarifikasi

Dengan menggunakan minyak bintang, sejenis minyak urut asli Dayak, Ibu Ida Dayak diklaim bisa mengembalikan tulang yang bengkok dalam waktu singkat.

Meski percaya tak percaya, namun kabar tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang yang penasaran ingin ikut mencoba 'kesaktian' Ibu Ida Dayak

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sosok Ibu Ida Dayak dan seperti apa cara pengobatan yang dilakukannya, berikut fakta-fakta tentangnya yang melansir dari Suara.com.

1. Lahir di Kalimantan

Wanita bernama asli Ida Andriyani ini mengungkap bahwa dirinya lahir di daerah Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972.

2. Tinggal di Cianjur

Ida Dayak mengaku sudah tinggal di pulau Jawa sejak 2021, tepatnya di Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selama berkeliling menjajakan jasanya, Ida sendiri tidak memungut biaya dalam mengobati pasiennya alias gratis. 

Ia hanya hanya menjual minyak racikannya sendiri bernama Minyak Bintang dengan harga Rp50.000 per botol.

3. Sosoknya Terkenal di Kalangan Pejabat

Nama Ida Dayak juga terkenal di kalangan pejabat. Ia pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir untuk menyaksikan sang ayah diobati oleh Ida Dayak.

4. Terkenal di Daerah Asalnya

Menurut masyarakat Dayak, Kalimantan di salah satu komentar Tiktok 'kesaktian' Ibu Ida Dayak yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit telah sangat dikenal.

Sosok bahkan sangat dihormati karena bisa membantu banyak orang kembali sehat seperti sedia kala. 

5. Terbang ke Pulau Jawa Untuk Membantu Lebih Banyak Orang

Untuk membantu lebih banyak orang yang membutuhkan kemampuan yang ia miliki, Ibu Ida Dayak dikabarkan terbangkan ke Pulau Jawa. 

Ia diundang oleh kumpulan masyarakat, salah satunya di GOR Divif 1 Kostrad di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Kota Depok hingga Selas, 4 April 2023 kemarin.

6. Membaca Kalimat Tauhid Sebelum Mengobati Pasiennya

Sebelum memegang pasien, Ibu Ida Dayak akan menengadahkan kedua tangannya untuk berdoa. Dia selalu mengawali pengobatannya dengan mengucapkan kalimat Tauhid.

7. Melakukan Upacara Khas Dayak Berupa Tarian

Selanjutnya, Ibu Ida Dayak yang juga tampak mengenakan baju dan aksesoris sukunya itu, menari-nari dengan menggoyangkan badannya. 

Kedua kakinya juga maju mundur-maju mundur, secara bergantian. Ia terlihat melakukan ritual tradisional tersebut, setelah berdoa pada Allah SWT.

8. Mulai Memegang Pasien dengan Mengurutnya dengan Minyak Bintang

Sejurus kemudian, ia mulai memegang pasiennya. Terlihat pasien-pasien yang semula memiliki tulang bengkok atau patah tulang tangan dan kaki kembali normal setelah ia urut dengan minyak bintang. 

Ia juga tampak terus mengaliri tangan atau kaki pasien dengan minyak andalannya itu. Caranya ini membuat begitu banyak orang takjub, dan ingin ikut disembuhkan. 

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa