Once Mekel Buka Suara Usai Dilarang Ahmad Dhani, Tak Akan Bawakan Lagu Dewa 19

Minggu 02 April 2023, 17:00 WIB
Once Mekel mengatakan tidak akan membawakan lagu-lagu Dewa 19 kecuali satu lagi ini. | (Sumber : Instagram/@cak_frod)

Once Mekel mengatakan tidak akan membawakan lagu-lagu Dewa 19 kecuali satu lagi ini. | (Sumber : Instagram/@cak_frod)

SUKABUMIUPDATE.com - Musisi sekaligus mantan vokalis band Dewa 19 buka suara setelah beberapa waktu lalu dilarang oleh Ahmad Dhani untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Once mengungkapkan setelah larangan itu Ia tidak akan membawakan lagu-lagu Dewa 19 terkecuali satu lagu yang berjudul Cemburu. Pasalnya lagu tersebut merupakan ciptaannya sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Once Mekel dalam sebuah jumpa pers yang dikutip Mamagini dari YouTube Cumi Cumi, Minggu (2/4/2023).

"Saya tidak akan (membawakan lagu Dewa 19) kecuali memang lagu yang, saya ikut menulisnya, itu pun paling satu lagu hanya untuk fans saya senang lah yang saya ikut tulis ya. Ada (lagu) Cemburu," kata Once.

Baca Juga: Once Mekel Dilarang Keras Nyanyikan Lagu Dewa 19, Ada Apa?

Mantan vokalis Dewa 19 itu mengungkapkan dirinya tak pernah membawakan banyak lagu-lagu dari Dewa 19 saat manggung. Once Mekel menyebut ia paling banyak membawakan tiga lagu Dewa 19 saat manggung.

"Ini kan masalah etika juga dan dari dulu sadar saya tidak bisa membawakan banyak-banyak lagu Dewa. Dulu sih saya bawakan mungkin tiga itu sudah paling banyak," ucap Once Mekel.

Lebih lanjut, Once Mekel mengatakan dirinya tak bisa dipidana perihal dugaan pelanggaran hak cipta oleh Ahmad Dhani.

Pasalnya pelantun lagu Dealova itu menyebut royalti sudah diurus oleh pihak Event Organizer (EO) yang mengundangnya ke Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) untuk dibayarkan ke Ahmad Dhani.

Baca Juga: NFT Lagu 'Human Race' Once Mekel Dijual Rp 143 Juta

"Sekali lagi aturannya memang seperti itu, bahwa saya tidak bisa dipersalahkan apalagi dipidana. Karena, saya kalau manggung itu membuat kontrak dimana EO (event organizer) yang bersangkutan akan memiliki kewajiban untuk membayar royalti kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) sehingga, saya lepas dari tanggung jawab itu sebagai pengguna dan itu sudah berlangsung bertahun-tahun," kata Once Mekel.

Sebelumnya Ahmad Dhani melarang Once Mekel membawakan lagu lagu Dewa 19. Hal tersebut lantaran Dewa 19 tengah menjalani tour hingga akhir tahun.

Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian mengatakan kliennya memperbolehkan Once Mekel membawakan lagu di luar lagu Dewa 19.

"Mas Dhani kan statement di luar itu silahkan aja boleh dinyanyikan lagu lagu di luar Dewa, di luar Dewa grupnya banyak tuh ada Ahmad Band dan sebagainya. Artinya nggak masalah secara pribadi perkawanannya tetap terjaga, hanya keberatan soal ini (Membawakan lagu Dewa 19)," ucap Aldwin Rahadian yang dikutip Mamagini dari YouTube Cumi Cumi, Minggu (2/4/2023).

Baca Juga: Profil Empat Vokalis Dewa 19 Mulai dari Ari Lasso Hingga Virzha

Namun Aldwin menyampaikan kliennya juga kesal lantaran respon Once soal pembayaran royalti kurang berkenan.

"Ditambah agak kesal dan itu kemudian tidak diklasifikasi atau direspons dengan baik. Malah ada respons yang misalkan secara pribadi kata Once merespon nggak masalah secara hukum begini-begini," papar Aldwin.

"Nah tentu kalau sudah direspons secara hukum pihak Mas Dhani kita akan merespon bahwa ini bukan persoalan apa apa tapi secara hukum nggak boleh kita berkeberatan," sambungnya.

Lebih lanjut, Aldwin menyebut Ahmad Dhani bisa saja mengizinkan Once kembali membawakan lagu Dewa 19. Namun kata dia syaratnya Once harus meminta izin dan membayar royalti sesuai aturan.
"Saya rasa selesailah karena kan Mas Dhani orangnya tidak kaku. Kemudian imbauannya direspons dengan baik dengan perkawanan dan siap berkomunikasi ya nggak masalah," katanya.

Sumber: Mamagini (Jaringan Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)