Bernilai Miliaran Rupiah, Kisah Viral Rumah Mewah Ibu Eny yang Terbengkalai

Kamis 05 Januari 2023, 12:45 WIB
Rumah mewah ibu Eny yang telah dibersihkan oleh warga. | (Sumber : Youtube/@ Manise TV).

Rumah mewah ibu Eny yang telah dibersihkan oleh warga. | (Sumber : Youtube/@ Manise TV).

SUKABUMIUPDATE.com - Belakangan ini kisah seorang pemuda bernama Tiko dan ibunya Eny yang menderita gangguan jiwa (ODGJ) viral di media sosial Youtube. Pasalnya, mereka berdua hidup di rumah mewah yang tak terurus tanpa listrik dan air.

Dikutip dari Suara.com, bangunan besar itu pada awalnya terlihat tak terurus kala kisah keluarga itu viral. Banyak semak yang menjalar di dinding, kondisi dalam rumah pun gelap gulita lantaran tak ada aliran listrik.

Bukan hanya listrik , air bersih pun tak ada di rumah mewah tersebut. Hal ini lantaran Tiko sang putra harus seorang diri merawat Ibu Eny yang menderita gangguan jiwa.

Baca Juga: Viral Kisah Tiko, 11 Tahun Rawat Ibu ODGJ di Rumah Mewah yang Terbengkalai

Selama 12 tahun, pemuda itu tetap setia bersama ibunya. Sang ayah pergi meninggalkan mereka sejak 2010 yang membuat Ibu Eny depresi.

Untuk masak dan mandi, Tiko dan ibu Eny menadah air hujan. Saat ini, menurut ketua RT setempat, Noves, bahwa ibu Eny saat ini sudah dibawa oleh pihak Dinas Sosial.

"Kalau kami lihat (penyebab masalah kejiwaan Eny) mungkin faktor ekonomi, terus pikiran. Mungkin permasalahan keluarganya. Menghidupi seorang anak, itu mengganggu mentalnya," ungkap Noves.

Baca Juga: Disebut ‘Penghuni’ Ruko Kosong, Ini 3 Alasan Mengapa Mixue Viral di Indonesia

Sementara untuk Tiko sudah putus sekolah saat kelas 1 SMP. Tiko kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk bisa bertahan hidup, mulai bekerja menjadi operater warnet, hingga jualan perabot.

"Seiring berjalannya waktu, ketika saya jadi pengurus RT, saya tawarkan Tiko jadi petugas keamanan. Kasihan, daripada keliling, maka kami jadikan keamanan. Sampai saat ini," tambah Noves.

Rumah Bernilai Miliaran

Berdasarkan penulusuran Suara.com, rumah Tiko dan Ibu Eny berlokasi di Kawasan Cakung, Jakarta Timur. Rumah itu memiliki halaman yang luas dengan garasi berpintu lebar. Struktur bangunannya juga dibuat dengan perhitungan dan desain tertentu.

Beberapa situs jual beli properti, rumah mewah di kawasan tersebut dibanderol miliaran rupiah.

Seperti di situs Rumah.com, rumah mewah 2 lantai di kawasan Cakung yang serupa dengan rumah Tiko dan Ibu Eny ditaksir antara Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,9 miliar.

Begitu juga situs OLX, rumah serupa milik Tiko dan ibu Eny dibanderol antara Rp 1,3 miliar hingga Rp 2,3 miliar.

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Latto-Latto, Mainan Jadul yang Pernah Viral di Era 1990-an

Selain itu, situs pencarian properti Rumah 123, bahkan rumah seperti Milik Tiko dan Ibu Eny ditaksir hingga Rp 3,5 milar.

Namun demikian, harga rumah ini rata-rata merupakan rumah baru yang dibangun dan tentunya, harga tersebut dibedakan dengan luas tanah dan bangunan.

Meski bernilai miliaran rupiah, Tiko tidak ingin menjual rumah mewah tersebut. Dia tetap akan merawat rumah tersebut walau hanya bisa memantau.

Baca Juga: Viral Antri 2 Jam Untuk Beli Kue Oliebollen, Ternyata Pas Datang Mirip Odading

"Tidak dijual karena peninggalan orang tua," jelas Tiko.

Tiko juga mengungkapkan kesulitannya untuk merapikan rumahnya karena ibunya selalu marah saat ada orang yang masuk. Selain itu dirinya pun selalu dibentak bila ingin merapikan rumah tersebut.

Mulai Dibersihkan

Sejak kisahnya viral di media, Tiko pun mulai membuka diri. Ia menyerahkan sang ibu ke petugas kesehatan jiwa agar mendapat perawatan khusus.

Sederet bantuan dan simpati pun berdatangan kepada Tiko. Sejumlah komunitas youtuber yang mengangkat kisahnya bergotong royong membersihkan rumah Tiko yang terbengkalai. Ibunya pun dirujuk ke rumah sakit jiwa untuk menjalani perawatan.

Selama dua hari menjalani perawatan di rumah sakit, Tiko mengungkapkan kondisi sang ibu saat ini relatif baik. Meski begitu, kata dokter sakit yang diidap ibunya kemungkinan kecil untuk sembuh.

Baca Juga: 5 Fakta Corkcicle, 'Botol Minum Sultan' Harga Selangit yang Viral di Media Sosial

"Kemungkinan mama sembuh itu kecil, malah kemungkinan ga bisa sembuh, karena penanganannya sudah terlalu lama 12 tahun berjalan syarafnya udah susah. Apalagi usianya sudah tua udah 60 tahun," katanya seperti dikutip dari channel YouTube Sang Explore, Rabu (4/1/2023).

Tiko mengaku berencana untuk membawa pulang ibunya kembali ke rumahnya setelah mendapat perawatan di rumah sakit. Ia menginginkan ibunya menjalani rawat jalan.

"Dokter mengupayakan tapi kemungkinan sembuh itu kecil. Opsinya mama akan dirawat inap. Tapi aku gamau milih itu. Aku pengennya nanti rawat jalan minum obat harus rajin tak boleh telat. Rencanaku kalau bisa dibawa pulang terutama setelah rumah nanti sudah bersih," imbuhnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)