Profil Putu Ayu Saraswati: Jadi Sorotan Tour Guide KTT G20 Hingga Dipuji Joe Biden

Jumat 18 November 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Putu Ayu Saraswati tengah ramai diperbincangkan usai dirinya memandu 20 presiden dalam gelaran acara G20. Saat itu, wanita yang akrab disapa Ayusa ini menemani para pemimpin Dunia untuk berkeliling dan menjelaskan informasi seputar hutan mangrove.

Kecantikan dan gaya bicaranya yang terlihat sopan serta cerdas membuat dirinya menjadi sorotan

Melansir dari Yoursay (jaringan Suara.com), dalam wawancara singkat setelah acara selesai, Ayu menceritakan pengalamannya yang bisa berada sangat dekat dengan para pemimpin dunia.

“Sebenarnya aku sangat gugup. Aku sampai tulis tanda senyum (sambil menunjukkan sebuah kertas) saking nervousnya takut lupa senyum,” tuturnya dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden yang diunggah Rabu (16/11/2022).

Saat masuk ke dalam hutan bakau, jaringan sinyal dari pengeras suara yang dipakai Ayu sering bermasalah, sehingga ia harus menjelaskan tanpa mikrofon. Namun demikian, Ayu tetap melaksanakan tugasnya dengan baik.

“You have very good sound system,” puji Presiden Joe Biden.

“Yes sir we try our best,” ujar Ayu membalas pujian Presiden Amerika Serikat tersebut.

Ayusa, nama panggilannya, menjadi pemegang sah Puteri Indonesia Bali pada tahun 2020 lalu. Namun, aksinya dalam kompetisi internasional harus batal karena adanya pandemi Covid-19. Berikut profil Ayusa seperti dikutip dari Suara.com

Putu Ayu Saraswati saat menjadi pemandu di para pemimpin Dunia di G20| Foto: Instagram/@ayusarasw
Putu Ayu Saraswati saat menjadi pemandu di para pemimpin Dunia di G20| Foto: Instagram/@ayusarasw

1. Pernah meraih gelar Jegeg Bali

Ayusa lahir di Denpasar, Bali pada 6 Juli 1997. Ia memulai karier pageant saat mengikuti Pemilihan Jegeg Bagus Bali pada tahun 2015. Kala itu, ia juga dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Bali selama 1 tahun jabatan.

Sebagai pemegang gelar Jegeg Bali 2015, Ayusa sering terlibat dalam banyak proyek pariwisata dan proyek sosial. Hal inilah yang membekalinya dalam menyiapkan advokasi Puteri Indonesia 2020.

2. Berhasil menjadi Puteri Indonesia Bali 2020

Lima tahun setelah dirinya berhasil meraih gelar Jegeg Bali, Ayusa pun mulai menapaki karier pageant ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu pemilihan Puteri Indonesia 2020.

Ia pun berkompetisi di daerahnya demi bisa mewakili provinsi kelahirannya. Setelah berjuang begitu lama, impian Ayusa membawa nama Bali ke kompetisi nasional Puteri Indonesia 2020 pun tercapai.

3. Puteri Indonesia Lingkungan 2020

Kompetisi nasional Puteri Indonesia 2020 menampilkan 39 finalis dari seluruh provinsi di Indonesia. Hal itu menjadi kompetisi terbesar yang pernah Ayusa lewati.

Namanya pun masuk dalam jajaran hot pick para pageant lovers dan digadang-gadang menjadi pemenang. Pada malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia, Ayusa berhasil meraih Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020, atau gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Kemenangannya sebagai Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020 membuat kariernya semakin cemerlang. Bagaimana tidak, ia secara otomatis akan menjadi wakil Indonesia dalam Miss International Indonesia 2020.

Persiapan demi persiapan dilakukan olehnya demi mengharumkan nama Indonesia di ajang Miss International. Namun sayang, gelaran Miss International 2020 harus ditunda.

Kondisi ini disebabkan karena pancemi Covid-19. Alhasil, Miss International yang seharusnya digelar pada Oktober 2020 ini ditunda, lalu dijadwalkan ulang untuk diadakan pada November 2021.

Lagi-lagi, kasus pandemi yang masih melanda saat itu membuat panitia penyelenggara Miss International kembali menunda pelaksanaan kontes kecantikan tersebut. Alhasil, perwakilan dari 50 negara harus bersabar hingga akhir tahun 2022. 

Hal ini tentu membuat perwakilan Indonesia dalam Miss Internasional, yakni Ayusa menjadi bimbang. 

4. Resmi mengundurkan diri dari Miss International 2022

Ayusa sendiri merupakan lulusan Master of Medical Science (MMSc) dari Ilmu biomedis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kariernya di bidang kedokteran harus ditunda terlebih dahulu demi berkompetisi di ajang Miss Internasional.

Namun, setelah 2 tahun menunggu kepastian, Ayusa memastikan telah menarik diri atau dalam kata lain mengundurkan diri dari partisipasinya di ajang Miss International 2022.

Hal ini diungkapkan saat memberikan speech terakhir sebagai pemegang gelar Miss International Indonesia 2020. Ia lantas menyerahkan seluruh jabatannya kepada penerusnya, yaitu Cindy May McGuire sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com/Dea Nabila

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer