Sambut Baik Dibentuknya Bapperida, F-PAN DPRD Sukabumi Tekankan Soal Pelayanan Prima

Rabu 20 Maret 2024, 17:27 WIB
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni saat menyampaikan pandangan umum fraksi atas nota pengantar Bupati mengenai Raperda yang memuat pembentukan Bapperida. (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)

Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni saat menyampaikan pandangan umum fraksi atas nota pengantar Bupati mengenai Raperda yang memuat pembentukan Bapperida. (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi menyambut baik lahirnya Raperda tentang perubahan ketiga atas Perda nomor 7 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang memuat tentang pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) untuk digabungkan dengan Bappelitbangda menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida).

Hal itu dikatakan Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni dalam penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas Nota Pengantar Bupati mengenai Raperda tersebut di Rapat Paripurna DPRD yang ke-2 tahun sidang 2024, Rabu (20/3/2024).

Heri menuturkan, Fraksi PAN berharap dengan dibentuknya Bapperida ini dapat meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam menjawab tantangan dan dinamika perkembangan zaman yang begitu dinamis.

"Serta dapat berkontribusi positif bagi pembangunan daerah Kabupaten Sukabumi dan yang paling utama adalah dapat meningkatkan pelayanan bagi Masyarakat," kata Heri.

Baca Juga: Bupati Sukabumi: Perubahan Bappelitbangda Jadi Bapperida Hanya Nomenklatur Baru

Menurut Heri, lahirnya Raperda yang menjadi payung hukum pembentukan Bapperida ini harus membawa reformasi birokrasi, yaitu pelayanan publik yang semakin dinamis dan terbuka, akuntabilitas manajemen pemerintahan, serta efisiensi kelembagaan dan sistem manajemen sumber daya manusia aparatur yang semakin baik.

"Hal ini akan menjadi tantangan berat bagi pemerintah Kabupaten Sukabumi. Badan ini kedepannya harus bisa melayani riset SDM yang bukan ASN. Maka jabatan fungsional seperti Analis kebijakan, Analis pemanfaatan Iptek, perencana lebih cocok untuk personel Badan yang baru kedepannya dibandingkan peneliti atau perekayasa. Apakah hal ini sudah mewadahi hal tersebut secara komprehensif ?" ujarnya.

"Kualitas Pelayanan public menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah. Terlebih lagi pelayanan terhadap kebutuhan dasar masyarakat. Namun demikian kualitas pelayanan publik yang prima tidak akan terwujud jika tidak didukung oleh penyelenggara pemerintahan yang prima pula," tandasnya.

Sekadar diketahui, pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) ini merupakan amanat dari peraturan presiden nomor 78 tahun 2021 tentang pasal 66 ayat 1 tentang pembentukan BRIDA agar dibentuk oleh pemerintah kabupaten dan ayat 2 yang membolehkan penggabungan dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan bidang penelitian dan pengembangan, selanjutnya juga sebagaimana amanat permendagri nomor 7 tahun 2023 tentang pedoman, pembentukan, dan nomenklatur tentang badan riset dan inovasi daerah menyebutkan BRIDA dapat diintegrasikan dengan Bappeda. Selanjutnya juga disebutkan bahwa pembentukan atau penggabungan BRIDA dengan Bappeda adalah tanggal 8 juni 2024 yaitu satu tahun dari diundangkannya permendagri No.7 tahun 2023. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota