CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Rabu 22 Mei 2024, 19:32 WIB
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay

Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca Pemilu 2024, CekFakta.com memperluas keanggotaan hingga mencapai 100 media per April 2024. Upaya perluasan anggota CekFakta.com ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi yang lebih solid di masa depan dalam memastikan penyampaian informasi yang akurat kepada masyarakat. 

Dalam Indonesia Fact Checking Summit (IFCS) beberapa waktu lalu yang diselenggarakan  oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dengan dukungan Google News Initiative (GNI), ditekankan bahwa pencari fakta harus lebih fokus dari sekedar mendeteksi konten ucapan kebencian ke tingkat yang lebih serius dan mengidentifikasi kembali apa itu disinformasi.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Tegalbuleud Sukabumi Perbatasan Australia-Indonesia

Di salah satu diskusi di IFCS bertemakan “Findings and Challenges in Handling Information Disruption During the 2024 Election", mengungkap bahwa tantangan ke depan bukan hanya disinformasi, tetapi juga Artificial Intelligence (AI) seperti deep fake audio dan video yang telah banyak beredar dan kerap sangat membingungkan masyarakat.

“Minat media dalam menyampaikan konten bertanggung jawab sangat tinggi, maka tahun ini kami menyempurnakan konsep keanggotaan agar semakin banyak pihak bisa berkontribusi memproduksi dan mendistribusikan konten CekFakta.com. Kami sangat mengapresiasi antusiasme rekan-rekan media di seluruh penjuru Indonesia, karena dibutuhkan dukungan banyak pihak untuk mencegah berkembangnya berita-berita hoaks,” jelas Adi Marsela, Koordinator CekFakta.com.

Sejak diluncurkan tahun 2018, CekFakta.com memiliki anggota awal sebanyak 22 media yang kemudian bertambah menjadi 25 media pada tahun 2023. Kini dengan konsep penerimaan keanggotaan yang baru, terdapat 75 media yang telah lolos verifikasi per April 2024. 

Berkat rangkaian FGD yang dilakukan AJI dan Mafindo di 10 kota di Indonesia, CekFakta.com juga menggandeng lebih dari 50 lembaga non media sebagai mitra dalam meneruskan konten CekFakta.com ke masyarakat sipil.

Baca Juga: [PREBUNKING] Tips Agar Tidak Terjebak Konten Hoaks di Tahun Politik

Sebagai salah satu anggota baru tahun ini, Gaib Maruto yang mewakili iNews menyatakan bangga dapat menjadi bagian dari koalisi ini. “iNews berkomitmen untuk meluruskan informasi hoaks kepada publik melalui program khusus ‘Podcast Viral tapi Hoaks’ di YouTube iNews Official dan Radio MNC Trijaya Network, tiap Selasa, pukul 15.00 WIB. Kami berharap dengan bergabung ke CekFakta, kami dapat mempercepat edukasi ke masyarakat dalam mengidentifikasi kebenaran sebuah berita, sehingga terhindar dari hasutan pihak tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Komang Yuko dari BaleBengong.id turut menyampaikan optimismenya dalam menekan penyebaran hoaks di Indonesia. “Meskipun kami bergerak dalam jangkauan komunitas yang lebih terbatas, namun kami memiliki tekad kuat dalam melawan misinformasi secara grassroot. Kami yakin keterlibatan kami mampu memberikan hasil yang signifikan hingga menjadi panutan untuk media lokal lainnya,” tegas Komang Yuko.

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.

“GNI secara konsisten bekerja sama dengan CekFakta.com untuk memverifikasi informasi dan menandai konten yang menyesatkan di platform Google. Kami mendukung penuh pertumbuhan mitra ekosistem CekFakta.com ini dan berharap dapat membantu meningkatkan kemampuan masyarakat mengidentifikasi hoaks sekaligus memilah berita yang tepercaya,” tutup Yos Kusuma, News Partner Manager Google Indonesia.

Baca Juga: Fokus Generasi Muda, AMSI Diskusi Pemilih Pemula dan Isu Hoaks Jelang Pemilu 2024

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update