Hoaks, Video Putri Candrawathi Bunuh Diri Akibat Karma Brigadir J

Kamis 03 November 2022, 11:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah akun Facebook pada 26 Oktober 2022, membagikan video dengan narasi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi, bunuh diri.

Mengutip laporan Tim Cek Fakta Tempo, di awal video berjudul "Selamat Jalan Putri Candrawathi, Karma Brigadir J Menjemputmu" itu terlihat prosesi pemakamanan yang dipimpin seorang pendeta dan dihadiri para keluarga yang berduka.

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa potongan gambar mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo, kemudian istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi serta orang tua Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sejak diunggah, video berdurasi 17 menit 5 detik itu telah mendapat 50 ribu tanggapan, 4,9 ribu komentar dan 3,4 juta kali tayang. Lalu benarkah Putri Candrawathi bunuh diri?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hasil verifikasi Tempo menunjukkan, klaim bahwa Putri Candrawathi bunuh diri tidak benar alias hoaks.

Putri masih mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 1 November 2022 sebagai terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Video yang pemakaman pada awal video, bukanlah terkait peristiwa bunuh diri istri Ferdy Sambo tersebut. 

Untuk memverifikasi kebenaran narasi dan video tersebut, Tim Cek Fakta Tempo awalnya memfragmentasi video itu menjadi gambar dan menelusurinya menggunakan Google Search, Google Reverse Image, dan Yandex Image Search.

Video 1

Di awal video, terlihat seorang pendeta mengenakan selempang bertanda salib sedang memimpin prosesi pemakaman yang diikuti sanak saudara yang berduka. Tampak di area pemakaman itu beberapa orang mengenakan pakaian khas budaya Batak Toba, seperti Ulos dan Tali-tali atau topi adat Batak Toba.

Ditelusuri menggunakan Google Search, potongan video tersebut bukan pemakaman Putri Candrawathi dan sama sekali tidak ada keterkaitannya. Video ini sebelumnya sudah pernah ditayangkan di akun YouTube dengan judul "Prosesi Upacara Ibadah Pemakaman Kristen - Adat Batak Toba" pada 28 September 2021.

Video tersebut merupakan rangkaian prosesi upacara ibadah pemakaman Kristen Adat Batak Toba. Pada prosesi ini, peti jenazah akan dimasukkan ke dalam tanah atau ke tempat peristirahatan yang terakhir. Tidak lupa sebelum peti jenazah dimasukkan ke dalam tanah atau liang lahat, biasanya para pemuka agama/pendeta akan memberikan khotbah terlebih dahulu.

Video 2

Potongan video detik ke-8 ini menampilkan Ferdy Sambo yang dikawal petugas Kejaksaan Agung Republik Indonesia saat tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dalam agenda sidang perdana kasus pembunuhan Brigadir J, Senin, 17 Oktober 2022.

Dikutip dari Tribun Medan TV, Ferdy Sambo tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggunakan baju batik dan rompi tahanan. Ia juga terlihat memegang buku hitam yang sebelumnya dibawa Ferdy Sambo saat sidang Kode Etik.

Kedatangan mantan jenderal bintang dua itu mendapat pengawalan ketat dari Brimob. Berbeda dengan tersangka lainnya, Ferdy Sambo tidak dibawa dengan menggunakan bus kejaksaan melainkan mobil Brimob.

Video 3

Pada menit ke-2:05, Putri Candrawathi mengenakan masker putih dan rompi merah saat tiba di gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Oktober 2022. Para tersangka diperlihatkan ke publik sebelum dibawa kembali ke Rumah Tahanan Negara.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta, narasi dan video Putri Candrawathi bunuh diri adalah keliru.

Putri Candrawathi masih mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa, 1 November 2022. Putri menjadi salah satu dari lima terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Sumber: Tim Cek Fakta Tempo

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 19:28 WIB

Hasil Rekap Internal, Paoji Diprediksi Kembali Masuk Gedung Jajaway Sukabumi

Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman diprediksi kembali melenggang ke Gedung Jajaway.
Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman (tengah), saat berfoto dengan pendukungnya. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 19:00 WIB

Tempat Melepas Stres 5 Danau di Sukabumi Untuk Papajar Jelang Ramadan

Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)