Hoaks, Video Putri Candrawathi Bunuh Diri Akibat Karma Brigadir J

Kamis 03 November 2022, 11:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah akun Facebook pada 26 Oktober 2022, membagikan video dengan narasi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi, bunuh diri.

Mengutip laporan Tim Cek Fakta Tempo, di awal video berjudul "Selamat Jalan Putri Candrawathi, Karma Brigadir J Menjemputmu" itu terlihat prosesi pemakamanan yang dipimpin seorang pendeta dan dihadiri para keluarga yang berduka.

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa potongan gambar mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo, kemudian istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi serta orang tua Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sejak diunggah, video berdurasi 17 menit 5 detik itu telah mendapat 50 ribu tanggapan, 4,9 ribu komentar dan 3,4 juta kali tayang. Lalu benarkah Putri Candrawathi bunuh diri?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hasil verifikasi Tempo menunjukkan, klaim bahwa Putri Candrawathi bunuh diri tidak benar alias hoaks.

Putri masih mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 1 November 2022 sebagai terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Video yang pemakaman pada awal video, bukanlah terkait peristiwa bunuh diri istri Ferdy Sambo tersebut. 

Untuk memverifikasi kebenaran narasi dan video tersebut, Tim Cek Fakta Tempo awalnya memfragmentasi video itu menjadi gambar dan menelusurinya menggunakan Google Search, Google Reverse Image, dan Yandex Image Search.

Video 1

Di awal video, terlihat seorang pendeta mengenakan selempang bertanda salib sedang memimpin prosesi pemakaman yang diikuti sanak saudara yang berduka. Tampak di area pemakaman itu beberapa orang mengenakan pakaian khas budaya Batak Toba, seperti Ulos dan Tali-tali atau topi adat Batak Toba.

Ditelusuri menggunakan Google Search, potongan video tersebut bukan pemakaman Putri Candrawathi dan sama sekali tidak ada keterkaitannya. Video ini sebelumnya sudah pernah ditayangkan di akun YouTube dengan judul "Prosesi Upacara Ibadah Pemakaman Kristen - Adat Batak Toba" pada 28 September 2021.

Video tersebut merupakan rangkaian prosesi upacara ibadah pemakaman Kristen Adat Batak Toba. Pada prosesi ini, peti jenazah akan dimasukkan ke dalam tanah atau ke tempat peristirahatan yang terakhir. Tidak lupa sebelum peti jenazah dimasukkan ke dalam tanah atau liang lahat, biasanya para pemuka agama/pendeta akan memberikan khotbah terlebih dahulu.

Video 2

Potongan video detik ke-8 ini menampilkan Ferdy Sambo yang dikawal petugas Kejaksaan Agung Republik Indonesia saat tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dalam agenda sidang perdana kasus pembunuhan Brigadir J, Senin, 17 Oktober 2022.

Dikutip dari Tribun Medan TV, Ferdy Sambo tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggunakan baju batik dan rompi tahanan. Ia juga terlihat memegang buku hitam yang sebelumnya dibawa Ferdy Sambo saat sidang Kode Etik.

Kedatangan mantan jenderal bintang dua itu mendapat pengawalan ketat dari Brimob. Berbeda dengan tersangka lainnya, Ferdy Sambo tidak dibawa dengan menggunakan bus kejaksaan melainkan mobil Brimob.

Video 3

Pada menit ke-2:05, Putri Candrawathi mengenakan masker putih dan rompi merah saat tiba di gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Oktober 2022. Para tersangka diperlihatkan ke publik sebelum dibawa kembali ke Rumah Tahanan Negara.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta, narasi dan video Putri Candrawathi bunuh diri adalah keliru.

Putri Candrawathi masih mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa, 1 November 2022. Putri menjadi salah satu dari lima terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Sumber: Tim Cek Fakta Tempo

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life29 November 2023, 08:00 WIB

10 Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Berikut Sederet Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya Yuk Jangan Lengah!
Ilustrasi. Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya! (Sumber : pixabay.com/@AdinaVoicu)
Life29 November 2023, 07:00 WIB

10 Penyebab Anak Perempuan Tidak Punya Teman, Salah Satunya Kepribadian

Setiap anak perempuan memiliki pengalaman sosialnya sendiri, dan situasi tidak punya teman di sekolah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab anak perempuan tidak punya teman di sekolah, salah satunya faktor kepribadian.
Ilustrasi. Penyebab Anak Perempuan Tidak Punya Teman, Salah Satunya Kepribadian (Sumber : pixabay.com/MichalFošenbauer)
Science29 November 2023, 06:30 WIB

8 Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Cabai, Simak Cara Mengatasinya!

Hama penyakit pada tanaman cabai bisa menyebabkan gagal panen sehingga harus diatasi dengan serius
Tanaman cabai rawit - 8 Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Cabai, Simak Cara Mengatasinya! (Sumber : YouTube/@StevanoSanjaya)
Food & Travel29 November 2023, 06:00 WIB

Resep Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, Menu Makan Sehat untuk Anak

Berikut Cara Membuat Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, inspirasi Menu Makan Sehat untuk Anak. Updaters, yuk recook!
Resep Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, Menu Makan Sehat untuk Anak (Sumber : Instagram/@trisulistijani.2908)
Science29 November 2023, 05:30 WIB

Cuaca Jabar 29 November 2023, Potensi Hujan Lebat di Banyak Daerah Termasuk Sukabumi

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Rabu, 29 November 2023
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Rabu, 29 November 2023 | Foto: SU/Dede
Life29 November 2023, 05:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh dan Sholehah

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program hamil, dianjurkan untuk membaca doa mohon dikarunia anak sholeh dan sholehah.
Bacaan Doa Mohon Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh dan Sholehah | Sumber: Freepik.com
Sukabumi Memilih29 November 2023, 01:09 WIB

Hari Pertama Kampanye: Cak Imin di Mojokerto, Gibran Ngantor, Mahfud di Aceh

Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 memasuki tahap kampanye yang dimulai pada hari ini, Selasa (28/11). Kampanye Pilpres 2024 akan berlangsung selama 75 hari hingga 10 Februari 2024 mendatang.
Kolase foto Cawapres di Pilpres 2024 yang sudah ditetapkan KPU. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 November 2023, 22:41 WIB

Tak Kuat Nanjak, Pick Up Bermutan LPG 3 Kg Terjun ke Jurang Cisarakan Sukabumi

Diduga tidak kuat menanjak, mobil pick up bermuatan gas LPG 3 kilogram terjun ke jurang di tanjakan Cisarakan, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Pick Up bermutan gas LPG 3 Kg terjun ke jurang Cisarakan Sukabumi, Selasa (28/11/2023) | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi28 November 2023, 22:20 WIB

Kota Sukabumi Raih Terbaik 2 dalam Aksi Penurunan Stunting 2023 se-Jabar

Kota Sukabumi meraih penghargaan terbaik ke II se-Jabar dalam pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Angka Stunting Tahun 2023.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menerima penghargaan dari Pemprov Jabar terkait penanganan stunting 2023 dalam acara ASA Jabar 2023. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)
Bola28 November 2023, 21:30 WIB

4 Pemain Persib yang Pergi di Paruh Musim, Masih Akan Bertambah?

Berikut nama-nama yang telah pergi dan kemungkinan pergi dari Persib Bandung di bursa transfer paruh musim Liga 1
Latihan tim Persib Bandung - 4 Pemain Persib yang Pergi di Paruh Musim, Masih Akan Bertambah? (Sumber : Persib.co.id)