Persib Amankan Tiket ke Final Piala Menpora

Selasa 20 April 2021, 02:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung memastikan lolos ke babak final Piala Menpora usai menahan imbang PSS Sleman di leg kedua semifinal.

Dalam pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Senin, 19 April 2021 malam itu, pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Dilansir dari suara.com, Persib Bandung yang menang 2-1 di leg pertama berhak atas satu tiket babak final Piala Menpora 2021 dengan agregat 3-2. Di partai puncak, Persib akan menghadapi rival abadinya, Persija Jakarta.

photoPertandingan semifinal leg kedua babak semifinal Piala Menpora antara PSS vs Persib di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021). - ([Liga Indonesia Baru])</span

Jalannya Pertandingan

Persib Bandung mengawali leg kedua semifinal Piala Menpora dengan peluang bagus di awal pertandingan. Baru tiga menit bola bergulir, Frets Butuan mendapat peluang.

Lolos dari kawalan di dalam kotak, Frets melepaskan tendangan keras dari dalam area terlarang PSS, sayang bola masih melambung di atas mistar gawang Super Elang Jawa yang dikawal Ega Rizky.

Dua menit berselang, peluang kembali didapat Maung Bandung. Kali ini kesempatan didapat oleh Ezra Walian.

Melewati satu pemain PSS, Ezra melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi bola off target.

Perlahan tapi pasti PSS mulai bisa mengimbangi permainan Persib. Serangan coba dibangun, meski hingga pertengahan babak pertama tim besutan Dejan Antonic belum berhasil mendapat celah untuk membongkar pertahanan Maung Bandung.

Sulit menembus pertahanan Persib, beberapa kali pemain PSS mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun tak satupun yang mengarah tepat ke gawang.

Peluang didapat Persib di menit 43. Lewat eksekusi tendangan bebas, Wander Luiz berhasil mengarahkan bola ke gawang PSS namun belum mampu menundukkan Ega.

Memasuki menit 45, Ega Rizky harus meninggalkan mistar gawang PSS akibat cedera. Sebagai gantinya, Dejan memasukkan Miswar Saputra.

Di masa injuri, peluang lewat tendangan bebas kembali didapat Persib. Tapi lagi-lagi peluang tersebut kandas, bola yang ditendang Febri Hariyadi berhasil diamankan dengan baik oleh Miswar.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor kacamata belum berubah.

Di awal babak kedua, lewat Irfan Jaya, ancaman ditebar PSS. Beruntung bagi Persib, dua peluang yang didapat Irfan berhasil digagalkan Made Wirawan.

Di tengah performa yang tengah meningkat, PSS terpaksa bermain dengan 10 pemain di menit 65 setelah wasit Gulo D memberikan kartu kuning kedua bagi Fabiano Beltrame.

Unggul jumlah pemain, Persib gencar menekan. Tendangan keras Febri nyaris saja mengubah papan skor. Namun Dewi Fortuna masih berpihak pada PSS, bola berhasil ditepis oleh Miswar yang tampil 'on fire'.

73 menit bola bergulir, kebuntuan dalam laga ini akhirnya pecah. Tidak terkawal, Saddam Gaffar Emiruddin melepaskan tendangan voli yang gagal diantisipasi oleh Made Wirawan. PSS memimpin 1-0 dan menjadikan agregat 2-2.

Unggul satu gol, meski minus satu pemain, PSS semakin gencar menggedor pertahanan Maung Bandung. Mereka butuh tambahan satu gol untuk menghindari adu penalti dan melaju ke final.

Persib, yang sepertinya juga tidak ingin melakoni drama adu penalti, meningkatkan intensitas serangan.

Upaya keras anak-anak asuh Robert Rene Alberts di laga ini akhirnya terbayar. Menyambut umpan lambung rekannya di depan gawang, Ezra Walian sukses menundukkan Miswar dengan tandukkan keras ke sudut kanan gawang PSS.

Papan skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga laga usai. Persib pun melenggang ke final Piala Menpora 2021.

Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): 21-Ega Rizky, 3-Bagus Nirwanto, 15-Fabiano Beltrame, 51-Mario Maslac, 69-Derry Rachman, 23-Kim Kurniawan, 2-Aaron Evans, 10-Nico Velez, 8-Arthur Iriawan, 41-Irfan Jaya, 9-Saddam Gaffar

Cadangan: 33-Miswar Saputra, 4-Fandi Imbiry, 6-Sukarta, 7-Fitra Ridwan, 96-Rafi Angga, 27-Irkham Milla, 77-Jefri Kurniawan, 66-Misbakus S, 88-Ocvian Chaniago, 13-Samsul A.

Pelatih: Dejan Antonic.

Persib Bandung (4-4-2): 78-Made Wirawan, 3-Ardi Idrus, 2-Nick Kuipers, 22-Supardi, 32-Victor Igbonefo, 7-Beckham Putra, 11-Dedi Kusnandar, 13-Febri Hariyadi, 30-Ezra Walian, 21-Frets Butuan, Wander Luiz.

Cadangan: 14-Teja Pakualam, 14-A Jufrianto, 4-Bayu Fiqri, 12-Henhen H, 8-Abdul Aziz, 93-Erwin Ramdani, 5-Farshad Noor, 27-Zalnando, 23-Agung Mulyadi, 6-Ferdinand Sinaga.

Pelatih: Robert Rene Alberts.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)