bankbjb

Cristiano Ronaldo Cetak Hattrick, Klaim Sudah Lampaui Rekor Pele

Senin 15 Mar 2021, 08:18 WIB
Cristiano Ronaldo Cetak Hattrick, Klaim Sudah Lampaui Rekor Pele

SUKABUMIUPDATE.com - Bintang Juventus Cristiano Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Cagliari untuk kemenangan Si Nyonya Tua 3-1 dalam laga Serie A. Dengan tiga gol tersebut, mantan pemain Real Madrid ini mengklaim telah melampaui rekor legenda Brazil, Pele.

Di akun Instagramnya Ronaldo menulis, beberapa minggu terakhir ia menerima berbagai berita dan statistik yang menganggap dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dunia dalam sejarah sepak bola, mengatasi 757 gol resmi Pele. Namun ia belum mau mengakui rekor tersebut. Menurutnya, Pele mencetak 767 gol.

"Kekaguman saya yang abadi dan tanpa syarat kepada Mister Edson Arantes do Nascimento (Pele). Rasa hormat yang saya miliki untuk pesepakbola pertengahan abad ke-20, membuat saya memperhitungkan rekor 767 gol Pele, dengan asumsi sembilan gol untuk tim Sao Paulo, serta gol tunggul untuk tim militer Brazil, sebagai gol resmi," katanya.

Menurut Ronaldo, saat ia mencapai catatan resmi 770 gol di sepanjang karier profesional, kata-kata pertamanya langsung tertuju kepada Pele. "Tidak ada pemain di dunia ini yang tidak dibesarkan dengan mendengar cerita tentang permainan Pele, tujuan, dan prestasinya. Begitu pula saya," tulisnya.

Sementara itu, Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tidak menyimpan catatan resmi siapa pemain paling banyak mencetak gol dalam pertandingan resmi sepanjang karier.

Pele, yang membantu Brazil menjuarai Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970, menulis di Instagramnya bahwa jumlah gol yang dibuatnya adalah 1.283. Namun Pele tidak merinci berapa dari jumlah gol itu yang dibuat dalam pertandingan resmi; Liga Brazil, timnas Brazil, saat bermain dengan New York Cosmos, serta sekembalinya ke Liga Brazil.

photoCristiano Ronaldo mengklaim telah melampaui rekor gol legenda Brazil Pele - (Instagram/@cristiano)

Meski demikian, Pele merasa perlu memberi selamat kepada Cristiano Ronaldo. "@cristiano, hidup adalah penerbangan solo. Masing-masing melakukan perjalanan sendiri, dan betapa indah perjalanan yang Ada alami. Saya sangat mengagumi Anda, saya suka melihat Anda bermain, dan itu bukan rahasia bagi siapa pun."

Romario, mantan striker Brazil, mengatakan Pele mencetak 1.000 gol. Menurut Romario, hanya dirinya yang menyamai jumlah gol yang dibuat Pele. Namun, ia tidak merinci klaimnya tersebut.

Sebelumnya, Ronaldo sesumbar menyamai rekor gol Josep Bican saat mencetak gol ke-760. Bican adalah legenda Austria-Cekoslovakia yang berkarier di Liga Austria dan Cekoslovakia.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini