Lionel Messi Torehkan 9 Rekor Prestisius, Usai Argentina Jadi Juara Piala Dunia 2022!

Senin 19 Desember 2022, 07:30 WIB
Argentina Juara Piala Dunia 2022 | Foto: Twitter FIFA World Cup

Argentina Juara Piala Dunia 2022 | Foto: Twitter FIFA World Cup

SUKABUMIUPDATE.com - Kapten timnas Argentina sekaligus megabintang, Lionel Messi akhirnya menyempurnakan karir sepakbolanya yang sangat fenomenal dengan raihan trofi Piala Dunia 2022.

Setelah sekian lama, Akhirnya Lionel Messi mampu membawa negaranya jadi juara dunia.

Messi membawa Timnas Argentina kampiun Piala Dunia 2022 usai menang adu penalti 4-2 atas Prancis pada laga final yang digelar di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB, setelah pertandingan 120 menit berakhir imbang 3-3.

Baca Juga: Argentina Juara Piala Dunia 2022, Menang Adu Penalti Lawan Prancis

Melansir dari Suara.com, penyerang 35 tahun itu tampil menawan dengan sumbangan dua gol untuk Argentina, termasuk di babak extra time plus juga mencetak gol di babak tos-tosan.

Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022. |Foto: Instagram@afaseleccionTimnas Argentina juara Piala Dunia 2022. |Foto: Instagram@afaseleccion

Dengan total 7 gol dan 3 assist sepanjang turnamen, Messi hanya kalah satu gol dari penyerang Prancis, Kylian Mbappe, untuk trofi sepatu emas alias gelar top skor Piala Dunia 2022.

Meski demikian, Messi sukses merengkuh trofi bola emas untuk pemain terbaik turnamen, sesuatu yang jelas layak didapat bintang PSG itu atas sumbangsihnya untuk Argentina.

Usai pertandingan, Messi memang tampak begitu semringah akhirnya bisa jadi juara dunia. Dalam seremonial juara Argentina, legenda hidup Barcelona itu tak henti-hentinya menebar senyum.

Tentu gelar ini sangat spesial bagi Messi, yang telah mengkonfirmasi jika gelaran Qatar 2022 ini merupakan Piala Dunia pamungkasnya.

Ya, Messi akhirnya sukses memenangkan segala trofi mayor yang tersedia di level klub dan internasional sepanjang kariernya.

Sejak debut bareng tim senior Albiceleste (julukan Timnas Argentina) pada 2005 silam, dan setelah empat edisi sebelumnya selalu menemui kegagalan, Messi akhirnya merengkuh trofi Piala Dunia pertamanya.

Messi pun kini sah mensejajarkan dirinya dengan duo legenda Argentina, Diego Maradona dan Mario Kempes, yang masing-masing jadi inspirator kemenangan Albiceleste di Piala Dunia 1986 dan 1978.

Selama ini, Messi memang agak dipandang sebelah mata di sepak bola internasional lantaran selalu gagal membawa Argentina jadi juara dunia.

Namun, kini penyerang berjuluk La Pulga itu akhirnya melengkapi puzzle trofi yang diraihnya dengan merebut trofi Piala Dunia yang berlapis emas.

Penyerang PSG itu pun jelas pantas dilabeli sebagai GOAT (Greatest of All Time) alias pesepakbola terbaik sepanjang masa dengan gelar Piala Dunia 2022 ini.

Sebelumnya Messi memang telah memenangkan segalanya di level klub. Bersama Argentina, La Pulga juga telah memenangi gelar mayor yakni Copa America pada 2021.

Tak ketinggalan, tujuh gelar individual bergengsi Ballon d'Or juga sudah dikantongi Messi, terbanyak dibanding pemain lainnya sepanjang sejarah.

Dan inilah sejumlah rekor prestisius juga diukir Messi usai mengantarkan Argentina meraih gelar juara dunia ketiga:

  1. Lionel Messi sah jadi penampil terbanyak di pentas Piala Dunia. Dengan 26 kali bermain di lima edisi Piala Dunia, Messi mengalahkan rekor legenda Jerman, Lotthar Matthaus (25).
  2. Messi merupakan pemain pertama sepanjang sejarah Piala Dunia yang mampu mencetak gol di fase grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, serta final dalam satu edisi pesta sepak bola terakbar empat tahunan tersebut.
  3. Dengan total 13 gol dan 8 assist, Messi merupakan pemain dengan kontribusi gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia (21), semenjak statistik Piala Dunia mulai dicatat pada edisi 1966 silam.
  4. Gol ketiga Argentina ke gawang Prancis di final Piala Dunia 2022 ini adalah gol ke-100 Messi yang ia cetak dengan kaki kanannya.
  5. 5. Messi total mencetak 26 gol di turnamen mayor internasional untuk Argentina (13 di Piala Dunia dan 13 di Copa America), terbanyak untuk pemain Amerika Selatan sepanjang sejarah di dua kompetisi itu. Messi melewati rekor gol Ronaldo Nazario dari Brasil (25). 
  6. Sejak trofi bola emas secara resmi diperkenalkan di edisi 1982, Messi jadi satu-satunya pemain yang mampu memenangkan lebih dari satu trofi untuk pemain terbaik turnamen tersebut, yakni di Piala Dunia 2014 dan 2022.
  7. Messi jadi pemain terbanyak yang meraih gelar man of the match alias pemain terbaik laga dalam satu edisi Piala Dunia. Messi merebut lima gelar man of the match di Piala Dunia 2022 ini.
  8. Untuk urusan pemain yang paling banyak membuat peluang serta melewati lawan sepanjang sejarah Piala Dunia, Messi adalah rajanya.
  9. Di Piala Dunia 2022, Messi jadi  pemain yang paling banyak melepaskan percobaan tembakan, tembakan tepat sasaran, membuat kesempatan emas untuk bikin gol, pemain yang paling sering dilanggar, serta pemain dengan kombinasi gol / assist terbanyak.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)