BLT UMKM Cair, Catatan Jumlah Warga Sukabumi yang Menerima Bantuan Modal Rp 2.4 Juta

Senin 19 Oktober 2020, 05:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Antrian panjangan beberapa hari terakhir terjadi di seluruh kantor cabang dan unit BRI (Bank Rakyat Indonesia) di Sukabumi. Warga penerima BLT UMKM (Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah) mendatangi BRI untuk mencarikan Rp 2.4 juta dana bantuan permodalan di tengah pandemi yang dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop).

Belum ada angka resmi soal jumlah warga Sukabumi baik kota dan kabupaten yang mendapatkan bantuan ini. Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi punya catatan kecil yang bisa menjadi patokan jumlah warga pelaku UMK yang mendapatkan bantuan ini, khusus dari program tahap satu yang hari ini masih dalam proses pencairan oleh bank-bank milik negara.

Dalam program Live Update Talk, program talkshow medsos sukabumiupdate.com, Senin (19/10/2020) di Pendopo Sukabumi Kepala DPKUKM Adiana Trisnawiana mengungkapkan sedikit catatanya soal jumlah pelaku UKM yang menerima bantuan tersebut.

"Sampai hari ini memang belum ada berita acara atau SK terkait jumlah penerima dari perbankan (bank pemerintah) yang mencairkan bantuan tersebut, tetapi kami di DPKUM punya catatan," jelasnya.

Pertama dari pencarian tahap awal yang dilakukan melalui pintu perbankan nasional dibawah BUMN. BRI. Menurut Adriana data yang didapatkan dari BRI cabang Cibadak dan Sukabumi, pelaku UMKM Kabupaten yang menerima bantuan tahap 1 kurang lebih 3.600 orang.

BACA JUGA: Masih Dibuka, Ini Syarat Daftar BLT Rp 2,4 Juta Tahap II Bagi UMKM di Sukabumi

"Untuk warga Kabupaten Sukabumi yang menerima bantuan ini dari pintu BRI, sekitar 2.500 orang. BRI di sukabumi itu ada cabang cibadak dan cabang kota, nah yang cabang kota ini. ini juga melayani warga kabupaten dari Sukalarang hingga Ciemas," jelasnya.

Kemudian melalui pintu PNM yang dicairkan oleh BNI. "Data yang kita dapat BLT UMKM dari program PNM ini mencapai 56 ribu penerima. Ini dalam proses pencarian dan kita belum dapat data berapa pelaku UMKM warga Kabupaten Sukabumi yang menerima bantuan tersebut dari jalur PNM ini," sambung Adriana.

Selanjutnya dari pintu DPKUM Kabupaten Sukabumi. Menurut Adriana usulan awal mencapai 90 ribu pelaku UMKM sesuai yang mendaftar, yang kemudian data tersebut dipadupadankan oleh kementrian dan lembaga-lembaga penyalur bantuan lainnya.

"Untuk jalur DPKUM yang dicarian oleh BRI cabang Cibadak mencapai kurang lebih 18.600 penerima. Kemudian BRI cabang Sukabumi kami dapat informasi sekitar 23 ribu pelaku UMKM," bebernya.

BACA JUGA: Daftar BLT UMKM Tapi Tak Dapat Pemberitahuan BRI, Ini Saran DPKUKM Sukabumi

Saat ini lanjut Adriana, pemerintah kembali membuka pendaftaran BLT UMKM tahap kedua. Yang akan difokuskan bagi pelaku usaha rakyat yang masih belum menerima bantuan permodalanan ditengah pandemi ini.

"Untuk tahap kedua ini pendaftaran melalui pintu DPKUKM akan kita tutup sampai tanggal 13 November 2020, karena kita memerlukan waktu untuk input data dan proses verifikasi lainnya," pungkasnya. 

Untuk lebih mengetahui perihal strategi ekonomi pemerintah ditengah pandemi Covid-19 dan apa yang dilakukan Pemkab Sukabumi saat ini, simak obrolannya di update talk bagian 1 dan 2.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)