Air Tak Mengalir, Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi Jawab Keluhan Warga

Senin 15 April 2019, 08:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan tidak normalnya saluran air ke warga beberapa bulan kebelakang. 

Salah satunya diungkapkan warga Kampung Pintu, RT 03/09 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Pepen (57 tahun). Biasanya aliran air dari Perunda AM TJM selalu mengalir, namun saat ini nyaris setiap hari hanya mengalir pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB kembali tidak mengalir.

BACA JUGA: Perumda AM TJM Perbaiki Lima Titik Kebocoran di Daerah Layanan Cicurug Sukabumi

"Dulu itu saluran air dari PDAM (Perumda AMTJM, red) benar-benar menyala selama 24 jam. Tapi sekarang malah sering mati, pagi mati, malamnya nyala. Terus terusan seperti itu. Apalagi kalau hari Jumat, orang pulang kerja mau Shalat Jumat sedangkan di rumah air mati, kan jadi pusing," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (15/4/2019).

Pepen berharap saluran air kepada pelanggan dapat dioptimalkan lagi seperti biasanya, jangan sampai terus-terusan mati. "Gak mungkin tiap hari ada gangguan terus," kesalnya.

Senada dengan Pepen, Epi Mulyadi warga Citoke, Kelurahan Cibadak, air jika siang hari tidak pernah stabil. Kalau pun ada mengalirnya sangat kecil. 

"Kalau malam sih gak ada masalah, padahal yang diperlukan air mengalir siang. Kami berharap pelayanan lebih ditingkatkan, karena pada dasarnya masyarakat membeli air dan setiap bulan dibayar, kalau lambat juga kan kena denda," paparnya.

Sementara itu, Dirtek Perumda AM TJM, Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan. Pasalnya saat ini, pihaknya sedang melakukan perbaikan kebocoran pipa distribusi utama berdiamter 12 mili meter. 

"Kami atas nama mangement Perumda AM TJM, mohon maaf kepada seluruh pelanggan, khususnya yang terkena dampak perbaikan kebocoran pipa," katanya.

Menurutnya, kebocoran tersebut mengakibatkan pelayanan pada pelanggan mengalami gangguan. Kebocoran itu terjadi diindikasi sudah lebih dari satu minggu.

"Kebocoran pipa utama itu tidak tampak ke permukaan, sehingga kami kesulitan mencarinya. Namun dengan upaya dan minitoring yang dilakukan cabang Cibadak dan Caringin akhirnya kebocoran tersebut dapat kami temukan," ucapanya.

BACA JUGA: Penjelasan Dirtek Perumda AM TJM Sukabumi, Soal Hambatan Air di Wilayah Cibadak

Meskipun perbaikan sudah dapat diselesaikan, tambah Iyus, namun pengaliran air pada pelanggan tidak akan langsung bisa mengalir dengan cepat, karena sistem pengalirannya menggunakan sistem gravitasi.

"Team teknik cabang masih terus monitoring di area pelayanan, untuk mengecek wilayah-wilayah yang belum normal, serta melakukan pengecekan valve agar pembagian air dapat merata kembali," jelasnya.

Menurutnya kebocoran yang terjadi tidak bisa cegah lebih awal, karena merupakan faktor alam. Kendati demikian pihaknya berupaya untuk merespon cepat apabila ada kebocoran atau keluhan dari pelanggan.

"Mudah-mudahan tidak kembali terjadi kebocoran yang mengambat ke rumah warga. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayan kami, karena dengan terlalu seringnya kejadian ini pelanggan punya pemikiran lain tentang pelayanan Perumda AM TJM dan itu hal yang wajar. Intinya kami selaku pengelola telah berupaya dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Life01 Mei 2024, 18:49 WIB

6 Rahasia agar Selalu Dipercaya Orang Lain Secara Konsisten, Ini Caranya

Setiap orang harus belajar dan menerapkan prinsip bagaimana caranya agar selalu dipercaya orang lain dalam hidupnya.
Ilustrasi. Berikut cara selalu dipercaya orang lain. | Sumber foto : Pexels/ Tima Miroshnichenko
Motor01 Mei 2024, 18:30 WIB

Intip Spesifikasi Honda Vario 125 Terbaru Edisi Mei 2024, Segini Harganya!

Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia.
Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia. (Sumber : astra-honda.com).
Sukabumi01 Mei 2024, 18:28 WIB

38 Tahun Iyos Somantri Mengabdikan Diri Bukan Omong Kosong

Sangat Paham Sukabumi, pengabdian Iyos Somantri selama 38 tahun dinilai bukan pengabdian tanpa prestasi dan tanpa perbuatan.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Life01 Mei 2024, 18:06 WIB

Berikan Konsekuensi Langsung, Ini 5 Komponen Inti Disiplin Anak yang Sehat dan Efektif

Menerapkan disiplin pada anak memang susah susah gampang, namun sebelum itu, kita perlu mengetahui komponen inti disiplin anak yang sehat dan efektif.
Ilustrasi disiplin anak yang sehat / Sumber : pexels.com/@olia danilevich
Life01 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Menghilangkan Rasa Malas, Amalkan Agar Badan Kembali Bersemangat!

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa.
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa. | Foto : Pixabay
Sukabumi01 Mei 2024, 17:55 WIB

Peringati May Day 2024, Buruh Sukabumi Soroti Upah Hingga Praktik Pungli

Peringati hari buruh internasional atau May Day 2024, buruh Sukabumi sentil soal praktik pungli hingga tuntut upah layak.
Buruh yang tergabung dalam FSB KIKES KSBSI saat peringati May Day 2024 di depan gedung DPRD. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi01 Mei 2024, 17:12 WIB

Respons Disperkim Sukabumi Soal Aksi Vandalisme Hiasi Fasum di Palabuhanratu

Kecam aksi Vandalisme, Disperkim Kabupaten Sukabumi minta masyarakat jaga Fasilitas Umum.
Fasilitas Umum (Fasum) Taman Bappeda di Palabuhanratu Sukabumi menjadi sasaran aksi vandalisme. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik01 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Nobody Gets Me Sza yang Viral di Medsos

Lagu Nobody Gets Me dipopulerkan oleh Sza, penyanyi yang sebelumnya sukses dengan lagu Kill Bill.
Lirik dan Terjemahan Lagu Nobody Gets Me Sza yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/SZA