Harga Vanili Meroket, Maling di Cidolog Sukabumi Beraksi

Senin 07 Januari 2019, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Vanili sebagai komoditas pertanian untuk kebutuhan ekspor di tahun 2019 ini dianggap memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Harga vanili basah per kilogram yang cukup tinggi, berkisar dari Rp 260 ribu hingga Rp 400 ribu. Dengan harga vanili kering dari Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi yang mencapai harga hingga Rp 4 juta per kilogram membuat vanili menjadi salah satu komoditas ekspor yang sangat menjanjikan bagi para petani.

Di sisi lain, harga vanili yang tinggi ternyata memicu para pencuri mengincar buah vanili sebagai buah paling mahal saat ini. Seperti yang terjadi di Kecamatan Cidolog sebagai daerah pemasok vanili paling banyak. Petani di Cidolog terpaksa memanen lebih awal vanili miliknya karena para pencuri sudah mulai beraksi dengan mencuri vanili di kebun petani yang jauh dari tempat tinggal mereka.

Seperti dialami petani vanili setempat, Nas Tualeka (57 tahun). Warga Desa Cidolog, Kecamatan Cidolog itu harus merelakan vanili miliknya dicuri lantaran ditanam di kebun yang berjarak hampir tiga kilometer dari rumahnya. Nas menyebut, harga benih pohon vanili yang mencapai Rp 5 ribu per meter membuat pohon vanili saat ini benar-benar dijaga petani. Tak jarang para petani vanili di Cidolog bermalam di ladang vanili milik mereka yang jauh dari perkampungan karena takut vanili miliknya dicuri.

BACA JUGA: Harga Cabai Anjlok, Petani Cidolog Sukabumi Terpaksa Jual Cabai Mentah

"Hampir 100 pohon vanili milik saya yang siap panen dicuri. Dan parahnya, si pencuri juga mencuri sebagian pohonnya karena memang pohonnya pun lumayan mahal," ungkap Nas pada sukabumiupdate.com saat ditemui dikediamannya, Senin (7 /1 /2019).

Ketua Gapoktan Harapan, Desa Cidolog, Uday Hidayat mengatakan, rentannya kasus pencurian vanili di wilayahnya membuat para petani memanen lebih awal vanili milik mereka. Meski harga yang vanili yang belum siap panen tersebut hanya berkisar Rp 280 ribu per kilogram. Harga yang jauh dari harapan para petani.

BACA JUGA: Jelang Pergantian Tahun, Harga Bahan Pokok di Pasar Palabuhanratu Stabil

"Karena kondisinya memang belum tua, jadi harganya pun murah. Padahal jika menunggu hingga bulan April bisa mencapai Rp 400 ribu per kilogram," jelas Uday.

Uday menyebut, saat ini petani vanili di Cidolog mencapai 100 orang petani dengan lahan garapan mencapai 20 hektare. Imbas dari beberapa kasus pencurian vanili di Cidolog membuat petani tak dapat mencapai hasil yang maksimal.

"Meski hanya satu persen petani yang kena imbas kasus ini, namun efeknya menyebabkan waktu panen yang kacau. Dan kondisi ini juga dimanfaatkan para tengkulak untuk mempengaruhi para petani untuk segera menjual vanili miliknya sebelum masa panen. Sehingga nanti saat panen raya bulan April stok vanili disini akan berkurang," pungkas Uday.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)