Apakah Manusia Dapat Hidup di Luar Angkasa?

Senin 11 April 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin salah satu dari kita memiliki cita-cita dapat hidup di Luar angkasa seperti dalam film Guardian Of The Galaxy.

Namun apakah sebenarnya manusia dapat hidup bahkan membuat sebuah negara di luar angkasa?

Sebelum jauh ke luar angkasa, Bumi merupakan tempat paling enak saat ini di alam semesta untuk manusia karena memiliki oksigen, air dan lainnya. Selain itu tubuh manusia juga sudah dapat menyesuaikan dengan suhu dan cuaca.

Baca Juga :

Bumi juga memiliki lapisan atmosfer, lapisan ini tentunya dapat melindungi kita dari banyak hal.

Lantas apakah keadaan di Bumi ini sama dengan luar angkasa?

Jika dilihat dari kasat mata, luar angkasa memang sangat indah namun keadaan disana ternyata jauh lebih kejam daripada hidup di Ibu Kota Jakarta seperti dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?.

Jika bukan manusia super, maka mustahil bisa bertahan lama karena pastinya disana hampa udara dan tidak ada Oksigen.

Tanpa oksigen manusia dalam waktu 15 Menit saja akan pingsan, jika ditambah satu setengah menit lagi dan nyawa kita akan melayang. Disisi lain suhu di sana dapat membuat kita membeku atau justru malah panas setengah mati yang membakar dan tambah gaya gravitasi yang menahan tubuh kita pun akan mengambang dan terus mengambang sampai akhir jaman.photoIlustrasi ISS - (iStock)

Untungnya, para ahli berhasil mencari solusi dari  masalah ini, melalui kemajuan teknologi-teknologi canggih seperti Voyager 1( 20,6 Miliar KM dari Bumi) yaitu dengan meluncurkan wahana antariksa dan menciptakan stasiun luar angkasa seprti ISS.

Stasiun ini dilengkapi dengan cadangan oksigen (Electrolysis Oxygen Generator) dan juga pelindung buatan (Whipple Shield) yang bisa melindungi penumpangnya dari ancaman luar seperti radiasi berbahaya.

Di stasiun inilah para ahli astronomi meneliti luar angkasa secara langsung termasuk kemungkinan manusia bisa hidup diluar Bumi.

Untuk dapat hidup di sana, para astronot pun memakai baju khusus yang berfungsi seperti stasiun luar angkasa bernama Extravehicular Mobility Unit.

Jika kenyamanan Bumi sudah dirasa, maka manusia akan merasa hidup jauh lebih sulit saat diluar angkasa. 

Selain pulang dan pergi yang susah, makanan dan air jadi barang langka. Para astronot pun sampai harus mendaur ulang air seni dan keringat mereka sendiri untuk mandi dan keperluan sehari-hari.

Selain itu tubuh kita juga mengalami efek samping apalagi kalau kita mulai kelamaan menjauhi bumi. Karena itu, meskipun di luar angkasa para astronot tetap harus rajin berolahraga dan menjaga kesehatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 22:14 WIB

Rekom BKN Turun, Pemkot Sukabumi Segera Panggil Kadisporapar soal Pelanggaran Netralitas

Pemkot Sukabumi tindaklanjuti rekomendasi BKN dengan mengagendakan pemanggilan terhadap Kadisporapar yang langgar netralitas ASN.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi22 Oktober 2024, 21:11 WIB

Maling Babak Belur, Tepergok Warga Curi Motor di Cidahu Sukabumi

Warga Kampung Bojongpari, Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor pada Sabtu, 19 Oktober 2024 dini hari.
Maling motor babak belur diinterogasi warga di Cidahu Sukabumi | Foto : Capture video
Sukabumi22 Oktober 2024, 20:43 WIB

Viral Sopir Truk Dipalak dan Diancam Preman di Parungkuda Sukabumi

Sopir truk dipalak dan diancam preman di Parungkuda Sukabumi. Berikut keterangan korban terkait aksi premanisme yang menimpanya tersebut.
Sopir truk garmen yang tengah melintas dipalak preman di ruas jalan Parungkuda-Pakuwon, Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Jawa Barat22 Oktober 2024, 20:08 WIB

Gempa M5.0 di Pangandaran, Guncangannya Terasa Sampai Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Pangandaran Selasa (22/10/2024) malam. Getarannya terasa sampai Sukabumi.
Episenter gempa M5,0 di Pangandaran Jawa Barat. Selasa (22/10/2024) pukul 19:43:53WIB. (Sumber : BMKG)
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 20:08 WIB

Waduh! Ratusan Lembar Surat Suara Pilkada Sukabumi Rusak, Ini Kata KPU

Sebanyak 265 lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi ditemukan dalam keadaan rusak. Temuan tersebut terjadi selama proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang berlangsung selama dua hari.
Petugas sortir dan lipat surat suara Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Film22 Oktober 2024, 20:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Jeongnyeon: The Star Is Born yang Raih Rating Dua Digit

Jeongnyeon: The Star Is Born merupakan drama korea terbaru yang bergenre musikal dengan mengambil latar belakang tahun 1950-an dan telah tayang pada Sabtu, 12 Oktober 2024.
Sinopsis Drama Korea Jeongnyeon: The Star Is Born yang Raih Rating Dua Digit (Sumber : Instagram/@tvn_drama)
Sukabumi22 Oktober 2024, 19:59 WIB

Cerita Penjual Foto Prabowo di Sukabumi, Raup Cuan Pasca Pelantikan Presiden

Pelantikan Prabowo-Giibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Selain menandai kepemimpinan baru untuk Indonesia, pelantikan tesebut membawa berkah bagi para pedagang foto dan pigura di Sukabumi.
Mansur (62 tahun) penjual pigura warga Ciaul, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Keuangan22 Oktober 2024, 19:28 WIB

Setor Dividen Terbesar, BRI Raih 2 Penghargaan di Ajang The Asian Post Awards 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendapatkan pengakuan atas kinerja positifnya dengan meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang The Asian Post Awards 2024.
Potret pelayanan nasabah di Bank BRI | Foto : Istimewa
Sukabumi22 Oktober 2024, 19:04 WIB

Warga Sukabumi Bicara Kepemimpinan Nasional Baru Prabowo - Gibran

Tim redaksi sukabumi mewawancarai sejumlah warga di Sukabumi soal Prabowo - Gibran. Merekam reaksi rakyat terhadap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia.
Warga Sukabumi bicara kepimpinan nasional baru Prabowo - Gibran (Sumber: su/magang)
Food & Travel22 Oktober 2024, 19:00 WIB

Pantai Karang Bolong Banten, Pesona Tebing Berlubang yang Hanya Berjarak 3 Jam dari Kota Jakarta

Nama "Karang Bolong" sendiri diambil dari bentuk karang besar yang memiliki lubang di tengahnya
Pantai Karang Bolong adalah salah satu destinasi wisata pantai yang cukup populer di Banten. (Sumber : Instagram/@karangbo.id).