TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Aktivitas Fisik Dapat Lindungi Otak Seiring Bertambahnya Usia

Aidil Fichri
Penulis
Kamis 10 Mar 2022, 08:00 WIB
Aktivitas Fisik Dapat Lindungi Otak Seiring Bertambahnya Usia

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas fisik umum kita ketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian terbaru, aktivitas fisik juga sangat baik untuk otak seiring bertambahnya usia.

Melansir sciencedaily.com, penelitian terbaru dari University of Georgia menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu melindungi kemampuan kognitif otak seiring bertambahnya usia, dan itu tidak harus menjadi latihan yang intens untuk merasakan dampaknya.

"Temuan ini tidak mengatakan, 'Jika Anda lebih tua, Anda harus pergi ke sana dan mulai berlari maraton,'" kata Marissa Gogniat, penulis utama studi ini, dikutip dari sciencedaily.com, Rabu (9/3/2022). 

"Jika Anda bergerak di sekitar lingkungan Anda sedikit lebih banyak, itu dapat membantu kesehatan otak Anda dan membuat Anda lebih mandiri seiring bertambahnya usia." tambah Gogniat.

Baca Juga :

Olahraga meningkatkan fungsi otak

photo(Ilustrasi) Otak. - (via news.illinois.edu)

Diterbitkan di Sport Sciences for Health, penelitian ini melibatkan 51 orang dewasa yang lebih tua, melacak aktivitas fisik dan pengukuran kebugaran mereka. Para peserta melakukan tes yang dirancang khusus untuk mengukur fungsi kognitif dan menjalani MRI untuk menilai fungsi otak.

Mereka juga mengenakan perangkat yang mengukur intensitas aktivitas fisik pemakainya, jumlah langkah yang diambil dan jarak yang ditempuh. Para peneliti menilai kebugaran melalui tes berjalan enam menit, di mana peserta berjalan secepat mungkin untuk menempuh jarak sejauh mungkin dalam batas waktu.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini